Inilah Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai/Skor MOZ

Tuesday, March 31, 2020
Cek DA, PA, dan Spam Score
Sebagai seorang blogger tentu Anda mengenal yang namanya DA dan PA. DA adalah singkatan dari Domain Authority sedangkan PA singkatan Page Authority. Semakin besar skor atau nilai DA dan PA suatu blog atau website maka dianggap sebagai blog yang terpercaya dan berkualitas terutama untuk mendapatkan job review atau mengulas produk atau jasa. 

Ada banyak situs yang berguna untuk mengecek DA dan PA. Salah satu situs yang sering digunakan untuk mengecek DA dan PA adalah www.moz.com.  Situs ini akan memberikan masukan kepada si pemilik blog atau website tentang difficulty, spam score, DA (domain authority), dan PA (page authority).

Tapi tahukan Anda bahwa ada beberapa factor yang mempengaruhi nilai DA dan PA suatu blog atau website pada saat diukur menggunakan MOZ. 

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi nilai DA dan PA pada saat diukur menggunakan MOZ :    

1. Rendahnya jumlah halaman yang ditemukan. Crawler MOZ hanya menemukan sedikit halaman di domain ini. Ini bukan masalah yang melekat, tetapi banyak situs spam memiliki jumlah halaman yang kecil, karena itu korelasinya. Artinya apa? halaman blog Anda masih sedikit, jadi yang punya spam score tinggi oleh karena itu biasakan menulis tulisan baru dan organik.

2. TLD berkorelasi dengan domain spam. Ekstensi domain tingkat atas domain ini (mis. Info, .cc, .pl, dll.) Adalah salah satu yang banyak digunakan oleh domain spam. Nah, ini yang ditakutkan beberapa blogger yang pilah-pilih BW (Blog Walking). Komentar blog dimana saja boleh  yang penting tetep kasih nutrisi juga ke blog kita dengan backlink yang bagus, tentunya dari situs yang bagus-bagus. Analoginya Anda bebas mau makan yang berminyak atau junk food tapi jangan lupa olahraga,, jangan habis makan langsung rebahan. 

3. Panjang nama domain Panjang subdomain dan domain root mirip dengan yang digunakan oleh situs spam.

4. Nama domain berisi angka. Seperti banyak situs spam menggunakan nama domain ini berisi karakter angka. Silakan cek ya yang domainnya ada angkanya bisa jadi salah satunya ini kenapa domainnya memiliki spam score tinggi. 

5. Google Font API Present Domain ini tidak menggunakan font khusus (mis. Google Font API). Kurangnya fitur ini biasa terjadi di antara situs spam yang kami temukan.

6. Google Pengelola Tag Google Pengelola Tag hampir tidak pernah ada di situs spam. Cara mengeceknya silakan klik di tautan ini https://get.google.com/tagassistant/ 
Bagi yang belum pakai Google Tag mungkin bisa diterapkan dari sekarang, siapa tau menurunkan angka SPAM Scorenya. 

7. Doubleclick Present Tag iklan Doubleclick hampir tidak pernah ada di situs spam.  Ini nilai plus bagi yang punya adsense kenapa spam scorenya tak kunjung membengkak

8. Mencantumkan Nomor Telepon. Situs spam jarang memiliki nomor telepon nyata yang ada di halaman mereka. Boleh juga mulai biasakan cantumkan nomor telponnya, siapa tau ada yang nawarin Job. 

9. Tautan ke LinkedIn. Hampir tidak ada situs spam yang memiliki halaman LinkedIn yang terkait, karenanya kekurangan fitur ini berhubungan dengan spam.

10. Lengkapi dengan Alamat Email. Alamat email hampir tidak pernah ada di situs spam. Bisa jadi dengan mencantumkan email ada yang nawarin JOB

11. Default ke HTTPS. Beberapa situs spam berinvestasi dalam sertifikat SSL; HTTPS seringkali merupakan sinyal kepercayaan yang baik. Pasti sudah paham dengan keamanan HTTPS yang lebih baik dibandingkan HTTP. 

12. Penggunaan Meta Kata Kunci Halaman. Bagi sebagian blogger yang menggunakan tag meta kata kunci lebih cenderung menjadi spam daripada yang tidak. Bagi yang masih mengaktifkan meta tag Keyword ini jadi warning ya karena Google tidak lagi membaca meta tag keyword lagi. 

Cara mengecek adanya meta keyword di blog kita adalah sebagai berikut : 
1. buka blog
2. tekan ctrl+u (view page source)
3. tekan ctrl+f (find)
4. Ketikan kata "keyword" dan enter
Jika tidak ada situs kalian aman

13. Peringkat Kunjungan Jumpshot Situs web dengan sangat sedikit kunjungan di panel clickstream Jumpshot lebih sering berupa spam dibandingkan dengan jumlah kunjungan yang tinggi. Nah ini kaitannya dengan bounce rate, biasanya situs yang terindikasi spam itu, pengunjung tidak betah lama. 

14. Rel Canonical Memanfaatkan tag rel = canonical non-lokal sering dikaitkan dengan spam.

15. Panjang Elemen Judul Halaman dengan judul yang sangat panjang atau sangat pendek berkorelasi dengan situs spam. Judul halaman yang baik itu tidak lebih dari 60 karakter,  spasi juga dihitung 

16. Panjang Halaman Deskripsi Meta dengan tag deskripsi meta yang sangat panjang atau sangat pendek berkorelasi dengan situs spam. Panjang meta deskripsi yang baik adalah 150-160 karakter, monggo dicek blognya. 

17. Panjang Halaman Kata Kunci Meta dengan tag kata kunci meta yang sangat panjang sering ditemukan di situs spam.

18. Ikon Browser. Situs spam jarang menggunakan favicon, sedangkan situs non-spam sering menggunakan favicon.

19. Pixel Facebook Pixel pelacakan Facebook hampir tidak pernah ada di situs spam.

20. Jumlah Outlink Eksternal. Situs spam lebih cenderung memiliki outlink eksternal abnormal tinggi atau rendah.  Bagi blog kalian yang suka terima CP (Content Placement) juga harus cek SPAM scorenya, jangan asal terima lihat juga link ke luarnya juga harus Anda jaga

21. Jumlah Domain yang Tautan-ke- Spam cenderung memiliki domain unik tinggi atau rendah yang ditautkan. Nah ini domain yang unik contoh kita backlink dapet dari situs situs aneh, contohnya kaya tool backlink generator dan tool yang sejenisnya. 

22. Rasio Tautan Eksternal ke Konten Situs spam lebih cenderung memiliki rasio tautan yang abnormal terhadap konten.

23. Vokal / Konsonan dalam Nama Domain Situs spam sering memiliki banyak vokal atau konsonan berurutan dalam nama domain mereka.

24. Tanda hubung dalam Nama Domain Situs spam lebih cenderung menggunakan beberapa tanda hubung dalam nama domainnya.

25. Panjang URL Halaman spam sering memiliki panjang jalur URL pendek atau panjang yang tidak normal.

26. Kehadiran Kata-Kata Racun Situs spam sering menggunakan kata-kata spesifik yang dikaitkan dengan topik webspam seperti obat-obatan, konten dewasa, permainan, dan lainnya.

27. Menggunakan Anchor Text BPK Tinggi Situs spam sering menggunakan kata-kata tertentu dalam teks jangkar outlink yang terkait dengan topik webspam seperti obat-obatan, konten dewasa, game, dan lainnya.

Nah sekarang bagaimana cara menurunkan Bounce Rate?  
1. Bikin kontenyang panjang, boleh kata-katanya dikit tapi gambarnya banyak atau sebaliknya. 
2. Perbanyak internal link, contoh wikipedia internal link diselipkan di paragraf, atau bisa juga dengan cara menuliskan Baca juga
3. Perbaiki Navigasi menu, jangan sampai ada menu yang link ke #
4. Gunakan widget yang mengundang klik ke postingan lain seperti postingan terkait, popular post, postingan terbaru.

Demikian tips Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai MOZ, dan menurunkan Bounce Rate. Semoga artikel dari mas Irwin dari Blogger Crony ini bermanfaat untuk blogger semua. 

0 komentar:

Post a Comment test