Senang Hati Gallery Akan Launching Tanggal 23 Nopember 2019

Wednesday, October 16, 2019
Carwati Basuri (Dok. Didno)

Anda mungkin pernah mendengar nama Batik Senang Hati atau mungkin salah satu pelanggan setia dari Batik Senang Hati yang terletak di Jl. Yos Sudarso 9A Karangturi Indramayu. Batik Senang Hari merupakan batik yang paling ternama di kabupaten Indramayu. Pemilik Batik Senang Hati adalah Carwati Basuri.


Carwati merupakan lulusan akuntansi UGM ini memutuskan mundur dari tempat kerjanya dan meneruskan usaha batik warisan dari orang tuanya. Karena dia ingin membantu melestarikan warisan budaya tanah air yang masih tersisa di Indramayu. Dia mulai terjun ke bisnis batik sejak tahun 2007. Saat itu bisnis batik sedang jaya-jaya hingga tahun 2009.


Motif Batik Khas Indramayu

Saat ini dia masih tetap mempertahankan ciri khas batik Paoman atau Batik Dermayon. Tetapi dia juga menciptakan inovasi-inovasi terbaru dalam menghasilkan batik Indramayu yang unik, menarik dan ekslusif tetapi tetap mempertahankan ciri khasnya agar batik itu tidak monoton dan ditinggalkan pelanggannya.

Ada banyak ide yang ada dibenak dia untuk memajukan dan melestarikan batik Indramayu, diantaranya adalah dia ingin mengadakan edukasi kepada anak-anak sekolah tentang batik Indramayu. Selain itu dia juga ingin mengajarkan bagaimana berbusana batik untuk pelajar atau mahasiswa melalui kegiatan peragaan busana atau talkshow dengan mengundang pakar fashion.


Selain itu, dia berharap acara-acara tertentu seperti hari batik nasional, atau Hari Jadi Indramayu diikuti dengan memasyarakatkan penggunaan batik di instansinya masing-masing, dan diharapkan mereka menggunakan produk-produk lokal sehingga bisa meningkatkan taraf hidup pengrajin batik di Indramayu.

Saat ini, Batik Senang Hati memiliki berbagai koleksi pakaian untuk pria, wanita, anak-anak atau remaja. Untuk menyasar generasi milenial, Batik Senang Hati membuat berbagai motif yang menarik, minimal dan modis sesuai dengan usianya.


Tetapi dia masih tetap mempertahankan batik complongan yang tidak hanya digemari dari dalam negeri tetapi dari luar negeri. Batik complongan memiliki ciri tersendiri yakni memiliki titik-titik kecil pada hasil batiknya sehingga hasilnya tahan lama dan meresap ke serat kain.

Batik Senang Hati saat ini tidak hanya menjual kain batik, baju atau pakaian batik untuk pria dan wanita dewasa saja, tetapi kini sudah merambah ke hiasan dinding atau untuk sekat rumah, aksesoris seperti dompet, sarung bantal, tas, bahkan selimut.

Untuk memperluas pemasaran batik khas Indramayu ini, Carwati berencana akan menggelar acara Launching Senang Hati Gallery yang terletak di Jl. MT. Haryono Sindang No.3A Seberang GOR Singalodra Indramayu pada tanggal 23 Nopember 2019 mendatang. Ayo nanti ajak keluarga, saudara untuk datang ke acara launching Senang Hati Gallery.

1 komentar on Senang Hati Gallery Akan Launching Tanggal 23 Nopember 2019

  1. Sayangs ekali saya belom punya kesempatan ke sana. Di jakarta, saya serings ekali liat2 model batik, pas ke madura juga langsung menuju ke toko batik yg udh terkenal banget, karena saking sukanya ama model pakaian ini. beda rasanya kalo hanya mesan online, bagi saya, untuk memilih batik, udah kayak cinlok2an, ngeliat, ngerasa naksir secara langsung di tempatnya. semoga launchingnya lancar...

    ReplyDelete