Pecah! Acara Seminar Literasi Digital di Indramayu

Saturday, October 12, 2019
Seminar Literasi Digital di SMK BBM Kandanghaur Indramayu

Acara Seminar Literasi Digital di Indramayu yang diadakan secara serentak di tiga tempat yakni di SMK BBM Kandanghaur untuk Indramayu Barat, SMKN 2 Indramayu untuk wilayah Indramayu Kota dan Gedung Serba Guna Tunas Muda Tegalurung berlangsung semarak. 

Walaupun berbarengan dengan acara Karnaval Festival Tjimanoek 2019, tetapi antusias pelajar dan masyarakat umum yang ingin mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Terbukti untuk wilayah Indramayu Barat pesertanya membludak.

Rata-rata mereka tertarik dengan acara ini karena selama ini jarang digelar yang berbau teknologi khususnya di wilayah Indramayu Barat. Sehingga ini merupakan kesempatan mereka untuk menimba ilmu dari para pembicara. Pada kesempatan ini narasumber acara Literasi Digital adalah Kang Didno (Ketua Relawan TIK Indramayu) dan Lina Sopyana. 

Seminar Literasi Digital di SMKN 2 Indramayu (Dok. Sarwan)

Untuk Seminar Literasi Indramayu Barat, peserta yang hadir tidak hanya pelajar dari wilayah Kandanghaur saja tetapi ada yang dari Gabuswetan, Sukra, Bongas, Anjatan dan Losarang. Tetapi ada juga mahasiswa, PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dan masyarakat umum. 

Sementara itu di SMKN 2 Indramayu acara Seminar Literasi Digital berlangsung semarak. Diikuti tidak hanya oleh pelajar dari sekitar Indramayu saja tetapi juga masyarakat umum dan juga mahasiswa. Pembicara Literasi Digital di SMKN 2 Indramayu yakni Anah, Eva dan Dewi. 

Seminar Literasi Digital di Tegalurung Balongan (Dok. Haris)
Begitu juga dengan kegiatan Seminar Literasi Digital di Gedung Serbaguna Tunas Muda Tegalurung yang disesaki oleh anak-anak muda dari wilayah Indramayu Timur seperti Balongan, Karangampel, Krangkeng, Juntinyuat dan sekitarnya. Narasumber kegiatan literasi digital di Tegalurung Balongan yakni Abdul Majid, Haris dan Afni. 

Setelah kegiatan Seminar Literasi Digital, peserta akan mengikuti workshop yang materinya adalah :
1. Pembuatan blog atau website 
2. Desain grafis (Corel Draw dan Photoshop) 
3. Penggunaan Microsoft Office 
4. Internet Marketing 
5. Edit video menggunakan smartphone 

Kegiatan Seminar Literasi Digital dan workshop EYW (Empower Youth for Work) ini merupakan kerjasama antara Oxfam, ICT Watch, Kementerian Sosial Republik Indonesia, dan Relawan TIK Indramayu. 

Diharapkan dengan kegiatan ini pemuda-pemudi di Indramayu memiliki kemampuan untuk meningkatkan taraf hidupnya ke arah yang lebih baik dengan memanfaatkan perangkat digital yang dimilikinya.

0 komentar:

Post a Comment test