Siwang Nounna Saritie Makanan Khas dari Sliyeg Indramayu yang Mendunia

Tuesday, July 30, 2019
Siwang Nounna Saritie

Siwang atau singkatan dari Terasi Bawang merupakan makanan khas dari Indramayu yang terbuat dari terasi yang dicampur dengan bawang yang dicampur dengan beberapa bumbu khasnya. Kini semakin digemari tidak hanya dari Indramayu tetapi juga dari daerah lain bahkan tidak hanya di dalam negeri tetapi di luar negeri seperti Hongkong, Taiwan, Jepang dan Singapura.

Produk siwang yang terkenal di Indramayu dan berbagai daerah serta di luar negeri adalah Siwang Nounna Saritie yang berasal dari Desa Sleman Lor Blok Kasab RT.002/003 Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu. Pemilik usaha Siwang Nounna Saritie adalah Iik Farikhah yang usahanya sudah dimulai sejak tahun 2017 yang lalu.

Iik Farikhah owner Siwang Nounna Saritie

Nama Nounna Saritie berasal dari nama kecil sang owner Siwang yakni Iik yang sering dipanggil Saritie sedangkan Nounna adalah nama yang disukai oleh sang Owner dan kini digunakan sebagai nama di media sosial sang owner Siwang.

Menariknya Siwang Nounna Saritie memiliki pekerja hingga 100 orang, dari pekerja yang mengupas, menggoreng bawang dan mencampur dengan terasi dan bumbu lainnya. Pekerja Siwang Nounna Saritie mayoritas adalah nenek-nenek dan ibu-ibu yang selama ini tidak memiliki pekerjaan tetap, kini akhirnya memiliki pekerjaan untuk menopang kehidupan sehari-harinya.

Tempat produksi Siwang Nounna Saritie di samping tokonya

Sementara itu pekerja yang menggoreng bawang dan dan mencampurnya dengan terasi adalah bapak-bapak yang berasal dari daerah sekitar, ada pula suami dari isteri yang bekerja mengupas bawang. Sehingga semua pekerjanya adalah masyarakat sekitar Desa Sliyeg Lor.

Dalam sehari pekerjanya bisa memproduksi Siwang Nounna Saritie sebanyak 2.000 toples bahkan lebih dari itu. Pemasarannya selain dijual secara langsung di tokonya, juga dijual secara online melalui agen dan resellernya yang tersebar di berbagai daerah di Indramayu bahkan dari kota lain.

Siwang Nounna Saritie di etalase tokonya

Ada banyak varian Siwang Nounna Saritie yakni Siwang original, Siwang Pedas, Siwang Pedas teri, Siwang Pedas Udang, Siwang Pedas Sontong, Siwang Pedas Cucut, Siwang Pedas Kacang, Siwang Mix, Bagor Original, dan Bagor Pedas.

Selain Siwang, di Toko Oleh-oleh Khas Indramayu Nounna Saritie memiliki berbagai makanan lain seperti manisan mangga, sambal rujak, keripik ubi ungu, peyek kacang, makaroni spiral, sumpia, baso goreng, dan masih banyak makanan lainnya.

Toko Oleh-oleh Khas Indramayu Nounna Saritie

Toko Oleh-oleh Khas Indramayu sering mengadakan promo pada waktu-waktu tertentu dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Selain untuk lebih memperkenalkan produk Siwangnya, juga untuk menarik minat konsumen dari daerah lain. Terbukti pada saat promo yang datang ke tokonya tidak hanya berasal dari Indramayu tetapi ada yang dari Subang, Cirebon dan sekitarnya.

Untuk pemasaran Siwang Nounna Saritie menggunakan sistem agen dan reseller sehingga produknya dengan mudah ditemukan di media sosial dan berbagai toko online di Indonesia dengan harga yang hampir sama. Sang owner membuat aturan yang ketat sehingga tidak saling menjatuhkan antara agen, dan reseller Siwang Nounna Saritie. Begitu juga dengan harga Siwang yang ada di tokonya lebih mahal dibandingkan dengan harga di agen atau reseller.

Produk-produk yang ada di Toko Nounna Saritie

Kendala yang dihadapi saat ini memang tidak terlalu signifikan kecuali jika harga bahan baku yang melonjak tajam. Iik mengatakan hanya menaikkan harga Siwang secara bertahap antara Rp500 – Rp1.000 saja tidak terlalu tinggi.

Soal rasa Siwang Nounna Saritie tidak usah diragukan lagi. Selain itu Siwang Nounna Saritie sudah memiliki izin PIRT dari Departemen Kesehatan dan mendapatkan sertifikat Halal dari LPPOM Majelis Ulama Indonesia sehingga aman dan halal untuk dikonsumsi.

Semoga artikel ini menjadi motivitasi bagi pengusaha-pengusaha muda dari Indramayu atau daerah lain yang bisa menggerakkan perekonomian dengan mempekerjakan masyakarat di sekitar tempat usahanya.

Alamat : 
Toko Oleh-oleh Khas Indramayu 
Nounna Saritie
Ds. Sleman Lor Blok Kasab RT.003/RW.003 
Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu
Hp.089602591726 

0 komentar:

Post a Comment test