Saksikan Gelar Kesenian Rakyat Ke-8 di Jatisura Cikedung

Friday, August 17, 2018
Gelar Kesenian Rakyat Ke-8

Sanggar Seni Kerikil Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Indramayu (KAPMI) Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengadakan acara Gelar Kesenian Rakyat (GKR) ke-8 pada tanggal 25 Agustus 2018 yang merupakan program kerja kepengurusan 2017/2018. 


GKR rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2018 di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Dengan mengusung tema “Adi Warna Budaya ning Tanah Darma Ayu” dan merepresentasikan bahwa Indramayu memliki kebudayan lokal yang beraneka ragam. 


GKR merupakan media perjuangan dalam mempertahankan dan melestarikan kesenian lokal yang ada di Indramayu. Acara GKR pada tahun ini membawakan beberapa kesinian khas daerah diantaranya adalah sintren, berokan, tari topeng, sampyong dan tarling yang dibawakan oleh Sanggar Seni Kerikil – KAPMI. 

Selain penampilan dari KAPMI, pada pagelaran ini juga menampilkan kesenian daerah lainnya seperti kesenian lokal yang ada di Desa Jatisura yaitu genjring akrobat. Sebagai warisan budaya yang harus diketahui oleh anak cucu khususnya warga desa Jatisura. 

GKR tahun ini mengajak seluruh kalangan seperti Pemerintah Desa, Karang Taruna, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Indramayu, rekan alumni yang tergabung dalam IKAPMI Yogyakarta dan instansi lainnya. Kerjasama itu sebagai wujud komitmen dan integritas dalam menjaga kebudayaan dan kesenian lokal yang ada di Indramayu, demikian ungkap Pidri Ketua Sanggar Seni Kerikil kepada BloggerMangga.com. 

0 komentar:

Post a Comment test