SMK PGRI Jatibarang Berhasil Rakit Mobil Sendiri

Monday, April 30, 2018
Mobil Trans Maydas Tampak Dari Depan (Dok. Medsos Jatibarang)

Indramayu kembali dibuat bangga oleh para pelajar SMK PGRI Jatibarang yang terletak di Jalan Mayor Dasuki No.159 Jatibarang Kabupaten Indramayu. Pasalnya para pelajar di sekolah ini mampu merakit sendiri karoseri hingga pemasangan suku cadang kendaraan roda enam yang diberi nama “TRANS MAYDAS”


Mobil Trans Maydas sendiri merupakan mobil bak terbuka dengan kapasitas mesin 1.200 cc. Menariknya mereka membuat body yang mempunyai ciri khas tersendiri dimana mereka merakit mobil buatannya dengan menggunakan 6 (Enam) roda sekaligus, 2 bagian depan dan 4 di bagian belakang. 


Selain itu beberapa bagian suku cadangnya dibuat sendiri seperti as kruk (crank sheft), noken as (cam sheft), tempat kanvas rem (Fly Wheel) dan saluran pembuangan pada kepala knalpot (Exhaust Manifold) dan Intake Manifold. 
Mobil Trans Maydas karya pelajar SMK PGRI Jatibarang (Dok. Medsos Jatibarang)

Begitu juga seluruh badan bagian belakang kendaraan ini dibuat oleh para pelajar SMK Jatibarang sendiri. Termasuk bagian rangka bawah termasuk kombinasi sasisnya merupakan buatan para pelajar SMK PGRI Jatibarang Kabupaten Indramayu. 

Menurut Kepala SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) PGRI Jatibarang, Haryono, S.ST. MA. M.Pd "Proses pembuatan dan perakitannya dilakukan selama empat bulan. Selain siswa yang ikut membuat sebagian suku cadang kendaraan 'TRANS MAYDAS' juga tidak lepas dari para tenaga pengajar SMK PGRI Jatibarang”. 

Bagian belakang Trans Maydas (Dok. Medsos Jatibarang)

Mobil Trans Maydas sangat dibutuhkan terutama oleh para petani dan pengusaha padi yang ada di sekitar Jatibarang dan sekitarnya untuk mengangkut hasil sawah atau pertaniannya ke pabrik atau pasar yang ada di sekitar Jatibarang dan juga ke daerah lain. 

Mudah-mudahan ke depan SMK PGRI Jatibarang bisa membuat karya-karya yang bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya Indramayu dan Indonesia pada umumnya.

1 komentar on SMK PGRI Jatibarang Berhasil Rakit Mobil Sendiri

  1. wah mantap..mudah mudahan bisa di support pemerintah..

    ReplyDelete