Gara-gara Ngeblog, Guru Honorer Ini Digaji Rp.3 – 5 Juta/Bulan

Sunday, April 29, 2018
Unang Nuansah (Guru dan juga blogger)

Ngeblog, profesi utama atau sampingan ini ternyata cukup menjanjikan di zaman digital seperti sekarang. Ini dibuktikan oleh Unang Nuansah seorang guru honorer di SDN Gabuswetan II Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu yang awalnya tidak begitu tertarik dengan dunia blogging. 

Setelah mendapatkan motivasi dari seorang blogger yang ada di daerahnya yakni Kang Didno, Unang Nuansah kembali termotivasi kembali untuk ngeblog, apalagi dia sedang mencari dana untuk biaya kuliah S2-nya di Bandung. 

Atas saran Kang Didno, Unang Nuansah membuat blog dengan niche pendidikan di www.datadikdasmen.com. Seperti saran Kang Didno ternyata blog tersebut kebanjiran pengunjung. Bahkan dalam satu hari pengunjungnya bisa tembus 10.000,- bahkan 100.000 per hari. 

Sejak akhir Januari 2018, Unang panggilan akrabnya mulai membeli domain dan mendaftarkan blognya ke Google Adsense. Tidak berapa lama dia sudah mendapatkan PIN Google dari Kantor Pos. Bulan Maret 2018 dia sudah mendapatkan gajian dari Google sebesar Rp.4 Jutaan. 

Bulan April 2018 karena pengunjung blog bulan sebelumnya lebih banyak maka penghasilan blognya pun bertambah menjadi Rp.5 jutaan. Bulan Mei ini dia juga akan gajian dari Google sekitar Rp.3 jutaan, demikian ungkap Unang disela-sela mengikuti kegiatan pelatihan blog di Balai Desa Gabuswetan (28/04/2018). 

Gajian dari blog tersebut tentu bisa menambah pengasilan diri dan keluarganya. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa gaji guru honorer masih jauh dari UMR (Upah Minimum Regional) bahkan ada beberapa sekolah yang gajiannya harus menunggu uang BOS (Bantuan Operasional Sekolah) cair. 

Kini dia mengajak rekan-rekannya yang berprofesi sebagai guru dan tata usaha honorer atau operator sekolah di Gabuswetan dan sekitarnya untuk belajar ngeblog. Selain bisa berbagi ilmu dan pengalaman, dengan ngeblog juga bisa mendapatkan penghasilan. 

Di desa Gabuswetan sendiri kini berdiri ABG (Asosiasi Blogger Gabuswetan) yang aktif mengadakan pelatihan blog. Setiap 2 minggu sekali diadakan pelatihan blog dengan pemateri dari blogger yang sudah lebih dulu mendapatkan manfaat dari blog seperti Kang Didno. Kedepannya tidak hanya pelatihan ngeblog tetapi juga Editing Video atau Youtuber dan juga pelatihan pembuatan logo.

13 komentar for Gara-gara Ngeblog, Guru Honorer Ini Digaji Rp.3 – 5 Juta/Bulan :

  1. Keren nih guru honornye bise memaksimalkan online sebagai salah satu sumber penghasilan :-)

    ReplyDelete
  2. mantep pak unang.. sukses trus boleh dong berbagi..

    ReplyDelete
  3. Hebat sekali bp guru ini, pingin dong ikut pelatihan..

    ReplyDelete
  4. Mantap mas boleh dong di ajarkan saya caranya seperti apa

    ReplyDelete
  5. Double Inspiring! sudah jadi guru itu menginspirasi murid dan jadi blogger menginspirasi banyak orang. hatur nuhun kang ^_^

    ReplyDelete
  6. Mantap...saya jadi terinpirasi dengan beliau...sukses ya kang Unang..

    ReplyDelete