-->

Lokasi Rest Area di Jalur Pantura Indramayu Tahun 2023

Apr 17, 2023
Lokasi Rest Area di Jalur Pantura Indramayu (Dok. Diskominfo Indramayu)

Pada saat menjelang hari raya, banyak orang yang melakukan mudik ke kampung halamannya. Sebagai jalur utama di Jawa Barat, Jalur Pantura menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin melakukan mudik. Salah satu daerah yang dilewati oleh Jalur Pantura adalah Kabupaten Indramayu.


Dalam rangka mengantisipasi kemacetan lalu lintas dan memastikan kelancaran arus mudik, pihak keamanan dan pemerintah setempat melakukan pengaturan lalu lintas di Jalur Pantura Indramayu. Berikut adalah beberapa upaya yang dilakukan untuk mengatur lalu lintas arus mudik di Jalur Pantura Indramayu.


1. Menyiapkan Pos Pelayanan

Pada titik-titik tertentu di Jalur Pantura Indramayu, pihak keamanan dan pemerintah setempat menyiapkan pos pelayanan yang berfungsi untuk memberikan bantuan dan informasi kepada pengemudi yang melintas. Pos pelayanan ini biasanya dilengkapi dengan petugas yang siap memberikan informasi mengenai kondisi jalan, titik-titik kemacetan, serta rute alternatif yang bisa dipilih.


2. Menempatkan Petugas Lalu Lintas

Selain pos pelayanan, petugas lalu lintas juga ditempatkan di sepanjang Jalur Pantura Indramayu. Petugas lalu lintas bertugas untuk mengatur arus lalu lintas, memberikan sinyal ke pengemudi, serta memastikan kelancaran lalu lintas. Selain itu, petugas lalu lintas juga memberikan informasi mengenai rute alternatif yang bisa dipilih jika terjadi kemacetan.


3. Menyediakan Rute Alternatif

Untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi di Jalur Pantura Indramayu, pihak keamanan dan pemerintah setempat juga menyediakan rute alternatif yang bisa dipilih oleh pengemudi. Rute alternatif ini biasanya melewati jalan-jalan kecil yang lebih sepi dan memungkinkan pengemudi untuk menghindari titik-titik kemacetan.

Jalur alternatif dari Indramayu ke Cirebon (Dok. Diskominfo Indramayu)


Apabila kemacetan akibat dari Pasar Tegal Gubug Cirebon yang mengakibatkan ekor antrian kendaraan sampai dengan perbatasan Indramayu atau terjadi kecelakaan lalu lintas di Jalur Palimanan Indramayu maka arus lalu lintas dari jakarta menuju Cirebon diwajibkan untuk melalui jalur via Kota Indramayu kemudian mengarah ke Bundaran Kijang untuk ke Cirebon melalui jalan raya Krangkeng 


4. Menjaga Keamanan di Jalan

Selain mengatur arus lalu lintas, pihak keamanan juga bertugas untuk menjaga keamanan di jalan. Petugas keamanan akan memantau jalur pantura untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan seperti begal atau perampokan.


5. Menyiapkan Rest Area di Jalur Pantura 

Sebagai antisipasi pemudik yang kelelahan sebelum melanjutkan perjalanan mudik ke Cirebon, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur melalui Pantura maka disiapkan beberapa rest area di jalur pantura. 


Berikut Rest Area di Jalur Pantura Indramayu dalam rangka pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444H atau Tahun 2023 : 

1. Polsek Sukra Rest Area Ex. RM. Anugrah 

2. Posek Patrol Kantor Kecamatan Patrol

3. Polsek Kandanghaur SPBU Sumbermas 

4. Polsek Kandanghaur Kantor Kecamatan Kandanghaur 

5. Polsek Losarang Jembatan Timbang

6. Polsek Losarang Masjid Krimun

7. Polsek Losarang SPBU Jumbleng 

8. Polsek Losarang Masjid Jumbleng 

9. Polsek Losarang Masjid Jangga

10. Polsek Lohbener Masjid Kiajaran Wetan

11. Polsek Lohbener Masjid Langut 

12. Polsek Lohbener Masjid Larangan

13. Polsek Widasari RM. Cimanuk 

14. Polsek Sukagumiwang SPBU Ponpes Sukagumiwang 

15. Polsek Krangkeng SPBU Krangkeng

16. Polsek Karangampel SPBU Krangkeng 

17. Polsek Juntinyuat SPBU Lombang 

18. Polsek Sliyeg SPBU Tambi 

19. Polsek Sliyeg Masjid Tambi Lor 


Dengan adanya pengaturan lalu lintas arus mudik di Jalur Pantura Indramayu, diharapkan kelancaran lalu lintas dapat terjaga dan para pengemudi dapat sampai ke tujuan dengan aman dan nyaman. Namun, tidak hanya pihak keamanan dan pemerintah setempat yang harus bertanggung jawab dalam pengaturan lalu lintas arus mudik, namun pengemudi juga harus mematuhi aturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan di jalan. 

0 komentar:

Post a Comment test