-->

9 Makanan Malaysia Terkenal, Pasti Bikin Ketagihan!

Nov 19, 2022
Menara Kembar Petronas (Gambar Freepik.com)


Liburan ke Negeri Jiran tak akan lengkap rasanya kalau kamu tidak mencicipi makanan Malaysia. Bukan cuma destinasi wisatanya saja yang menarik, Malaysia juga punya sederet kuliner bikin nagih, lho!


Apalagi, sekarang kamu bisa dengan gampang pesan tiket pesawat internasional promo di Traveloka dan pakai layanan antar jemput bandara Traveloka. Liburan dan kulineran di Malaysia jadi lebih nyaman, deh.


Yuk, intip rekomendasi makanan Malaysia terkenal yang wajib kamu cicipi saat liburan ke Malaysia!


9 Makanan Malaysia yang Terkenal, Wajib Dicoba!

Apa saja, sih, kuliner terkenal dan tak boleh terlewat untuk dicoba saat liburan ke Malaysia? Intip rekomendasinya di sini!

Nasi Kandar (Dokumen Lusy Novrianti)  


Nasi Kandar

Familiar dengan nasi rames ala Indonesia? Nah, nasi kandar punya tampilan yang serupa. Bedanya, nasi kandar dihidangkan dengan guyuran bumbu rempah yang mirip dengan kari.


Nasi ini bisa kamu pesan secara prasmanan maupun a la carte. Kamu pun bisa bebas memilih lauk, mulai dari telur, ayam, ikan, hingga okra. Rasanya sedap dan gurih, pasti bikin pengen nambah lagi!


Nasi Lemak (Gambar parapuan.co)


Nasi Lemak

Salah satu primadona makanan Malaysia adalah nasi lemak. Cita rasa gurih sedap nasi lemak telah ternama di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Negeri Jiran ini.


Karena berasnya dimasak dengan santan, nasi lemak punya rasa yang gurih. Nikmatnya nasi gurih itu lalu dipadukan dengan lauk pauk yang beragam, mulai dari telur rebus, sayuran, kari ayam atau sapi, atau domba, kacang tanah, sambal, hingga seafood.


Nah, saking terkenalnya makanan Malaysia viral ini, kamu tak perlu pusing memilih resto tertentu karena nasi ini tersedia di hampir seluruh sudut kota di Malaysia!

Ayam Percik (Gambar tipwisata.info)


Ayam Percik

Menu ayam ala Malaysia ini berwujud daging ayam yang diolah dengan cara dibakar dan dioles campuran santan, sambal, bawang putih, dan saus jahe.


Sajian dengan cita rasa gurih, smoky, dan pedas ini sangat cocok kalau kamu sandingkan dengan nasi panas. Lalu, bumbu makanan Malaysia sedap ini begitu berlimpah dan dijamin bikin piring kamu tandas!

Mee Goreng Mamak (Gambar newsandalas.com)

Mee Goreng Mamak

Sekilas, menu ini punya tampilan yang mirip dengan mie aceh. Sesuai namanya, Mee Goreng Mamak berisi mi kuning dengan kombinasi irisan daging ayam atau sapi. Kemudian, mie diberi bumbu pelengkap seperti sayuran, kecap, serta telur.


Kalau kamu pecinta pedas, kamu bisa, lho, request tambahan cabai irisan. Jadi, santapan Mee Goreng Mamak bakal jadi lebih nikmat tiap suapnya!


Nasi Kerabu (Gambar Umma.id)


Nasi Kerabu

Daya tarik hidangan ini adalah nasinya yang berwarna kebiruan. Kok bisa? Ternyata, proses memasak nasi kerabu dicampur dengan bunga telang sehingga memunculkan warna tersebut.


Menu asal Kelantan ini biasa disajikan dengan ikan teri, telur rebus, serundeng, tauge, sayuran, kerupuk, dan siraman budu atau saus fermentasi ikan.

Puding Diraja (Gambar myroyalpudding.blogspot.com)


Puding Diraja

Kali ini, dessert asal kota Pahang ini turut meramaikan ragam kuliner Malaysia. Layaknya puding pada umumnya, puding diraja bercita rasa manis dan gurih dengan bahan dasar pisang.


Bukan cuma itu, kudapan ini pun punya campuran kismis, kacang mete, buah ceri, serta guyuran susu evaporasi dan vla. Makan puding diraja siang bolong dijamin bikin segar!


Roti Canai (Dok. 21food)


Roti Canai

Meskipun telah populer di Indonesia, cita rasa roti canai yang dibuat langsung di Malaysia punya keistimewaan tersendiri. Roti yang juga terkenal dengan nama lain “roti prata” punya cita rasa bervariasi, mulai dari manis hingga gurih.


Kalau di Malaysia, orang-orang biasanya menyantap roti canai dengan kari. Tapi, kamu juga bisa request variasi rasa lain dari roti canai, seperti coklat, keju, hingga matcha.


Umai (Gambar lokataste.com)


Umai

Makanan asal kuching, Serawak ini terbuat dari ikan tenggiri atau udang. Tampilannya yang merah menggoda bikin lapar siapapun yang melihatnya.


Bahan dasar umai dikombinasikan dengan bumbu pedas asam dari campuran jahe, cabai, dan perasan jeruk limau yang dihaluskan dan ditumis hingga harum. Tak heran, aroma dan rasa menu yang satu ini sungguh bikin ngiler!

Mee Siam (Gambar kitchentigress.com)


Mee Siam

Mee Siam adalah menu bihun dengan siraman kuah santan yang dicampur bumbu khas Malaysia yang khas. Kuah menu ini punya karakteristik kental dengan kombinasi cita rasa pedas, asam, dan manis.


Biasanya, mee siam dihidangkan dengan topping irisan tahu goreng, telur rebus, dan daun kucai. Kalau kamu ingin kuahnya jadi lebih segar, tambahkan perasan air jeruk nipis di atasnya. Rasanya jangan ditanya lagi, dijamin mantap!


Liburan ke Malaysia? Pesan Tiket Pesawat Hanya di Traveloka

Kamu pasti sudah tidak sabar mencicipi kuliner Malaysia, ya? Tunggu apa lagi, pesan tiket pesawat ke Malaysia di Traveloka sekarang juga dan wujudkan agenda kulineranmu. Temukan beragam penawaran diskon dan cashback yang bikin makin cuan. Kulineran di Malaysia jadi lebih seru, deh!

0 komentar:

Post a Comment test