-->

Ketahui Perbedaan Asuransi All Risk Dan Asuransi TLO untuk Mobil Anda

Nov 18, 2022
Gambar (policybazaar.com)


Memiliki mobil tentu menjadi kebahagiaan tersendiri karena mobil merupakan kendaraan yang memiliki harga mahal, oleh karena itulah Anda harus rajin merawat mobil Anda dan tentunya menyiapkan asuransi mobil. Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih yaitu all risk dan TLO. Lantas apa perbedaan asuransi all risk dan asuransi TLO dan  mana yang lebih cocok digunakan.


Antara asuransi all risk dengan asuransi TLO ini memang memiliki ciri masing – masing dan sama – sama bisa digunakan sebagai asuransi mobil Anda. Namun tentu Anda harus mengetahui lebih dahulu mana jenis asuransi yang cocok untuk Anda gunakan dan juga Kelebihan dan Kekurangan TLO dan All risk agar nantinya Anda tidak salah memilih asuransi untuk mobil kesayangan Anda.


Perbedaan Asuransi All Risk Dan Asuransi TLO Dan Tips Memilih Asuransi Mobil

Apabila Anda masih bingung antara perbedaan asuransi all risk dan asuransi TLO dan mana yang harus Anda gunakan, simak pembahasan di bawah ini:


A. Perbedaan Asuransi All Risk Dan Asuransi TLO 

1. Asuransi Mobil All Risk 

Asuransi mobil All Risk bisa dikatakan sebagai perlindungan dari berbagai risiko. Karena itu apapun jenis kerusakan yang ada, layanan asuransi akan membayar klaim dari insiden itu. Jenis-jenis Kerusakan yang Ditanggung Asuransi Mobil jenis all risk yaitu dari kerusakan ringan hingga sedang macam bodi lecet dan kategori berat seperti kehilangan.


Asuransi jenis all risk juga memberikan perlindungan apabila anda menabrak kendaraan lain atau yang biasa umumnya dikenal sebagai tanggung jawab pihak ketiga. Walau sepertinya cukup menguntungkan, tapi premi polis asuransi tersebut bisa dikatakan agak mahal.


Contohnya bagi warga DKI Jakarta, Jawa Barat serta Banten (wilayah 2). berdasarkan Surat Edaran OJK No. 6/SEOJK.05/2017, harga premi asuransi yang dibebankan untuk Anda yang memiliki jenis kendaraan non-bus dan non-truk untuk wilayah 2:


- Kategori 1: harga mobil di bawah Rp125 juta, batas bawah 3,26 persen dan batas atas 3, 59 persen.

- Kategori 2: harga mobil di antara Rp125 juta dan Rp200 juta, batas bawah 2,47 persen dan batas atas 2,72 persen.

- Kategori 3: harga mobil di antara Rp200 juta dan Rp400 juta, batas bawah 2,08 persen dan batas atas 2,29 persen.

- Kategori 4: harga mobil di antara Rp400 juta dan Rp800 juta, batas bawah 1.20 persen dan batas atas 1,32 persen.

- Kategori 5: harga mobil lebih dari Rp800 juta, batas bawah 1,05 persen dan batas atas 1,16 persen.


2. Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only) 

Asuransi mobil TLO dikhususkan untuk Anda yang mau melindungi mobil Anda dari kerusakan berat. Seperti namanya, polis asuransi ini akan mengganti semua kerusakan di atas 75 persen dan juga kehilangan.


Namun Jika kerusakan yang ada kurang dari 75 persen, maka klaim asuransi tidak bisa diterima. Asumsi 75 persen ini diambil dikarenakan kondisi mobil tidak layak digunakan atau tidak dapat dikendarai sama sekali.


Untuk asuransi TLO bisa dibilang memiliki banyak peminat karena memiliki premi yang lebih rendah daripada asuransi mobil All Risk, perbedaan harga dua asuransi tersebut diketahui mencapai 1 sampai 2 persen per unit. Berikut adalah harga premi asuransi mobil TLO untuk wilayah 2 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten).


- Kategori 1: harga mobil di bawah Rp125 juta, batas bawah 0,65 persen dan batas atas 0,78 persen.

- Kategori 2: harga mobil di antara Rp125 juta dan Rp200 juta, batas bawah 0,44 persen dan batas atas 0,53 persen.

- Kategori 3: harga mobil di antara Rp200 juta dan Rp400 juta, batas bawah 0,38 persen dan batas atas 0,42 persen.

- Kategori 4: harga mobil di antara Rp400 juta dan Rp800 juta, batas bawah 0,25 persen dan batas atas 0,30 persen.

- Kategori 5: harga mobil  lebih dari Rp800 juta, batas bawah 0,20 persen dan batas atas 0,24 persen.


Kelebihan asuransi kendaraan jenis TLO adalah jaminan risiko kehilangan yang luas. Karena itu, para pengguna asuransi TLO bisa mengajukkan claim apabila kendaraan yang dimiliki hilang baik yang bisa disebabkan oleh pencurian atau kerusakan lebih dari 75 persen.


B. Apakah Asuransi All Risk dan TLO Dapat Dikombinasikan? 

Untuk memperoleh benefit dari kedua asuransi tersebut, sebenarnya Anda dapat menggunakan asuransi kombinasi. walau tidak menutup kemungkinan apabila kedua asuransi tersebut dikombinasikan agar Anda memperoleh manfaat dengan lebih banyak. 


Untuk cara yang dapat Anda lakukan ini seperti dengan mengasuransikan mobil dengan asuransi all risk pada tahun pertama atau tahun kedua, dan di tahun ketiga, Anda mengasuransikan kembali mobil Anda dengan asuransi total loss only. 


Ini mempertimbangkan biaya kerusakan mobil baru yang lebih tinggi nilainya walaupun kecil kerusakannya. Seiring dengan bertambahnya usia mobil Anda ini, Anda dapat memberikan perlindungan dengan jenis asuransi total loss only.


C. Antara Kedua Asuransi Tersebut Mana yang Lebih Baik? 

Untuk mengetahui apakah Anda harus memakai asuransi All Risk atau TLO adalah dengan menyesuaikan kebutuhan kendaraan Anda dan ada baiknya untuk tidak memilih asuransi dari harga nya.


Harga asuransi mobil All Risk dan TLO tidak sama dan tentu TLO mempunyai rate yang lebih rendah. Walaupun begitu, Apabila nantinya Anda hanya menentukan dari jumlah harga saja ditakutkan Anda dapat keliru. Oleh sebab itulah, sebelum menentukan jenis asuransi mobil yang akan Anda pilih, Anda harus memperhatikan hal - hal dibawah ini:


- Frekuensi Penggunaan Mobil

Jika mobil Anda tidak sering digunakan, maka ada baiknya Anda menggunakan jenis asuransi mobil TLO saja. Selain itu, jika Anda tinggal di daerah yang rawan tindak pencurian kendaraan tentu asuransi TLO lebih cocok Anda pilih.


Sebaliknya, apabila mobil yang Anda miliki ini sering digunakan sehari - hari, maka lebih baik Anda memilih jenis asuransi mobil All Risk. Mobil yang digunakan dengan rutin lebih mudah terkena risiko berbagai kerusakan ringan.


- Harga mobil

Jika mobil yang Anda miliki ini mempunyai harga yang masih tinggi ada baiknya Anda untuk menggunakan jenis asuransi mobil All Risk. karena jenis asuransi ini mencakup perlindungan dari kerugian sebagian atau keseluruhan mobil apabila terjadi tabrakan, kejatuhan benda, dan benturan dengan benda lainnya.


Itulah pembahasan mengenai perbedaan asuransi all risk dan asuransi TLO, pengertiannya, dan tips memilih asuransi antara keduanya. Mobil bukanlah barang yang murah, oleh karena itulah jangan pernah malas untuk memberikan asuransi untuk mobil kesayangan Anda. 


Untuk Anda yang sedang mencari asuransi mobil, bisa memilih Asuransi Garda Oto. Mengapa harus asuransi mobil Garda Oto ? Sebab, asuransi ini sudah terbukti memiliki kualitas dan pelayanan terbaik di bidangnya.


0 komentar:

Post a Comment test