-->

Serunya Berwisata Ke Rumah Pintar Mutiara Bangsa Indramayu

Oct 15, 2017
Rumah Pintar Mutiara Bangsa Indramayu (Dok. Didno)

Dalam rangka peringatan Hari Jadi Indramayu ke-490, Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah meresmikan obyek wisata edukasi terbaru yakni Rumah Pintar Mutiara Bangsa Indramayu pada hari Senin 9 Oktober 2017 lalu.

Obyek wisata ini berada di dekat Kolam Renang Bojong Sari atau lebih dikenal dengan Obyek Wisata Dayung Bojong Sari ini tentu sangat diminati terutama oleh anak-anak sekolah dan juga orang dewasa. 



Untuk masuk ke obyek wisata Rumah Pintar Mutiara Bangsa Indramayu hanya sebesar Rp.35 ribu. Tiket masuk ini sama rata untuk dewasa dan anak-anak kecuali balita di bawah dua tahun gratis, dan tiket ini untuk semua wahana termasuk ke bioskop 4 Dimensi.

Tiket masuk ke Gedung Pintar Mutiara Bangsa (Dok. Didno)

Setelah membeli tiket, pengunjung akan dicek tiketnya oleh petugas, sebelum masuk ke Rumah Pintar Mutiara Bangsa Indramayu. Setelah masuk ke ruangan, pengunjung akan disuguhi berbagai peralatan yang berhubungan dengan pelajaran fisika seperti magnet, proses terjadinya halilintar, bola listrik, dan lampu paralel.
Berbagai peralatan di Rumah Pintar Mutiara Bangsa (Dok. Didno)

Anak-anak sangat menyukai saat bermain pasir magnet yang ada di Rumah Pintar Mutiara Bangsa karena pasirnya bisa mengumpul pada magnet dan warna pasirnya akan berubah. Selain itu ada juga alat penyemprot dimana air bisa dari bawah bisa naik ke atas karena ada tekanan udara. 
Bermain pasir dengan magnet (Dok. Didno)

Ada juga putaran air, dimana pengunjung memutar alat dengan bejana berisi air sehingga air tersebut semakin lama semakin mengerucut ke bawah layaknya angin topan. Pengunjung tentu sangat suka dengan peralatan ini terutama anak-anak. 
Simulasi Rumah Gempa (Dok. Didno)

Di tempat ini pengunjung juga bisa melihat simulasi tsunami, dimana jika terjadi tumbukan dalam tanah kemudian air laut akan surut tidak berapa lama ombak tersebut akan kembali lagi ke pantai dengan kekuatan yang lebih besar.
Wahana Jungkir Balik (Dok. Didno)
Selain itu ada juga wahana jungkir balik, dimana pengunjung akan naik ke tempat duduk yang diakan diputar oleh dua orang petugas wahana tersebut. Sebelumnya mereka harus menggunakan helm dan sabuk pengaman terlebih dahulu untuk keamanannya. Mereka yang bernyali besar tentu tidak akan mengalami masalah.
Bermain sepeda dengan roda kotak (Dok. Didno)
Ada juga peralatan yang bisa digunakan untuk mengetahui bentuk suara yang diucapkan oleh pengunjung melalui mikrofon. Ada lampu indikator yang dipantulkan ke kertas berwarna hitam sehingga suara kita akan kelihatan melalui lampu indikator tersebut. 
Simulasi Tenaga Matahari (Dok. Didno)

Selain beberapa peralatan yang menunjukkan dalam bidang fisika ada juga bidang biologi, dimana terdapat anatomi tubuh manusia, sistem pernafasan manusia yang disajikan dalam bentuk balon dan pegas yang bisa mengembang dan mengempis. 
Simulasi Pernafasan (Dok. Didno)
Masuk ke bagian dalam dari ruangan ini terdapat rumah simulasi gempa, dimana pengunjung bisa merasakan getaran saat terjadi gempa bumi. Sayangnya wahana ini harus diistirahatkan setiap 10 menit sekali untuk menghindari kompresornya panas. 
Foto di dalam telor Dinosaurus (Dok. Didno)
Ada juga berbagai wahana optik, yang memperlihatkan bagaimana terjadi bayangan pada cermin, cermin cekung, cermin cembung, serta pantulan cahaya yang mengakibatkan terjadinya pelangi, pantulan cahaya yang dipantulkan ke bagian transparan berbentuk segitiga, persegi, cembung dan cekung yang ternyata hasilnya berbeda-beda. 
Foto terbalik (Dok. Didno)

Di luar tempat ini ada berbagai wahana menarik untuk belajar matematika seperti bilang binar untuk menebak tanggal lahir seseorang, menyusun puzzle, dan yang menarik adalah pengunjung bisa mencoba sepeda dengan roda depan berbentuk kotak. 
Gambar 3 Dimensi di Rumah Pintar Mutiara Bangsa (Dok. Didno)
Tidak jauh dari itu ada peralatan yang menunjukkan sistem tenaga matahari dan pengaruh tekanan angin yang menyebabkan beca-becaan yang memiliki layar bisa berjalan dengan sendirinya karena ada tekanan angin. 
Gambar Karangsong dan Pulau Biawak (Dok. Didno)
Di sisi lain dari Rumah Pintar Mutiara Bangsa terdapat lukisan-lukisan tiga dimensi, dimana pengunjung bisa mengabadikan gambar seolah-olah sedang di puncak gunung, di laut, di cermin, di dalam rumah dan di dalam kamar terbalik. Tempat ini tentu sangat cocok bagi Anda yang hobi fotografi. 
Melihat Dinosaurus (Dok. Didno)

Di lorong dekat dengan lukisan tiga ada lukisan yang sangat mirip dengan obyek wisata Karangsong, dan Pulau Biawak. Pengunjung bisa berpose di tempat ini seolah-olah sedang mengunjungi obyek wisata andalan dari Indramayu ini. 

Pusaka di Rumah Pintar Mutiara Bangsa (Dok. Didno)
Kembali lagi ke dalam ruangan, pengunjung akan menemukan dinosaurus kecil, dinosaurus besar dan telor dinosaurus. Pengunjung bisa masuk ke dalam telor dinosaurus untuk berfoto bersama dengan latar belakang dinosaurus. 
Menonton bioskop 4 dimensi di Rumah Pintar Mutiara Bangsa (Dok. Didno)
Di tempat ini selain melihat berbagai pengetahuan alam dan matematika, di pamerkan benda-benda bersejarah seperti keris, tombak dan senjata lainnya. Selain itu ada juga peralatan lain seperti katrol untuk menarik benda berat dan lainnya. 
Bioskop 4 Dimensi Rumah Pintar Mutiara Bangsa Indramayu (Dok. Didno)
Tempat paling menarik di tempat ini adalah bioskop 4 Dimensi. Selain tidak dikenakan biaya lagi, bioskop ini menyajikan film 4 dimensi yang baru ada di wilayah III Cirebon. Setiap sesi bioskop ini hanya tersedia 62 tempat duduk. 
Penonton bioskop 4 Dimensi Rumah Pintar Mutiara Bangsa (Dok. Didno)

Kursi bagian depan tidak bergerak sedangkan kursi dibagian belakangnya bisa bergerak sesuai dengan apa yang terjadi di film. Film di bioskop ini mengajak pengunjungnya merasakan serodotan yang seolah-olah nyata. 
Pintu keluar Rumah Pintar Mutiara Bangsa Indramayu (Dok. Didno)

Banyak pengunjung yang menjerit-jerit karena di film ini ada beberapa adegan ular yang seolah-olah akan menerkam pengunjung, ada juga putri duyung yang melempar kerang ke penonton dan adegan lainnya yang membuat penonton menjerit seru. Film 4 Dimensi ini berlangsung hanya sekitar 15 menit. 
Rumah Pintar Mutiara Bangsa Indramayu (Dok. Didno)
Setelah itu pengunjung bisa melihat peralatan atau wahana lain, jika pengunjung sudah puas bisa meninggalkan tempat ini. Tetapi penunjung bisa melihat gambar pendopo, tugu mangga, gambar pendiri Indramayu dan bupati hingga sekarang. 

Jadi Ayo ke Indramayu karena sekarang ada Rumah Pintar Mutiara Bangsa sebagai obyek wisata edukasi dan hiburan. Penasaran seperti apa keseruan di Rumah Pintar Mutiara Bangsa Indramayu silakan lihat videonya. 

7 komentar for Serunya Berwisata Ke Rumah Pintar Mutiara Bangsa Indramayu: