Tips Sering Mendapat Job Review Dari Dalam dan Luar Negeri

Sunday, August 30, 2015
Job Review (Gambar dari Mimitpunyacerita)

Kini pekerjaan menulis di blog atau yang lebih dikenal dengan blogger, tidak bisa dipandang sebelah mata. Berkat tulisan para blogger di dunia maya banyak perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang merasakan manfaatnya setelah ditulis oleh para blogger. 


Karena tulisan blogger yang awalnya menceritakan pengalaman pengguna produk atau jasa dari suatu perusahaan atau brand yang tidak dibayar. Tetapi kini brand atau perusahaan merasakan manfaatnya setelah produk atau jasanya diulas oleh blogger. Sehingga banyak marketing dari perusahaan tersebut yang berburu tulisan para blogger, dan blogger pun mendapatkan imbalan berupa uang, produk atau jasa dari perusahaan tersebut. 


Blogger memang berhadapan dengan wartawan media online yang memiliki kemampuan menulis yang lebih baik, tetapi terkadang brand atau merek tidak sanggup untuk membayar biaya promosi melalui website besar dan bonafid karena tarifnya yang lumayan mahal. Maka alternatifnya adalah brand bekerjasama dengan para blogger yang banyak tersebar di seluruh Indonesia. 

Sekarang banyak blogger yang kebanjiran rejeki karena tulisannya dibutuhkan para marketing dari perusahaan kecil, menengah bahkan hingga perusahaan besar. Tarif yang diberikan pun bervariasi dari yang nilainya puluhan ribu pertulisan hingga jutaan rupiah. 

Agar blogger sering mendapatkan job review atau pekerjaan mengulas produk atau jasa dari perusahaan, maka blogger harus mengetahui beberapa hal agar blogger sering mendapatkan job review. Tidak hanya menerima job review dari perusahaan dalam negeri tetapi juga perusaahan atau brand dari luar ngeri. 

Berikut Tips Sering Mendapat Job Review Dari Dalam dan Luar Negeri : 

  1. Menulis secara konsisten. Blogger yang dianggap aktif atau konsisten adalah blogger yang sering memposting tulisan ke dalam blog. Maka tidak heran jika ada blog yang menerapkan “one day one post” agar pembaca tidak bosan. Blog ini yang sering mendapatkan job review dibandingkan dengan blogger yang angin-anginan. 
  2. Pilih Kategori Blog. Membuat blog tentu harus memilih kategori blog yang sesuai dengan passion atau hasrat pemiliknya sehingga blog tersebut memiliki karakteristik atau ciri khas, sehingga seorang blogger harus mempunyai kategori blog yang sesuai dengan dirinya. Ada beberapa pilihan kategori blog seperti berita atau informasi, teknologi dan gadget, wisata, fashion, otomotif, kuliner, entertainmen, olahraga, seni budaya, dan lain sebagainya. 
  3. Tampilan. Blog yang baik tentu bukan karena tampilannya yang ramai dengan widget-widget yang tidak perlu tetapi blogger yang profesional tentu akan memilih blog dengan tampilan sederhana tetapi memiliki navigasi yang mudah dan responsif untuk semua perangkat dan lebih mementingkan konten. 
  4. Konten sangat penting. Banyak yang bilang Content is The King (Isi adalah Raja). Maka tidak heran jika isi dari blog yang kita miliki tersebut harus berisi hal-hal yang penting dan bermanfaat. Oleh sebab itu tulislah sesuatu yang berguna dan bermanfaat di blog. Tulisan ini tentu banyak dibutuhkan orang, maka niscaya tulisan tersebut akan sering dikunjungi orang baik dari dalam maupun dari luar negeri. 
  5. Lengkapi Datanya. Walaupun blog pribadi dikelola secara personal tetapi tidak ada salahnya meniru situs profesional dengan mengisi identitas diri seperti nama asli dan alamat email lengkap. Nomor telepon pribadi tidak usah dicantumkan di dalam blog karena bisa mengganggu privasi seseorang. Dengan data pribadi seperti nama dan alamat email tersebut maka brand atau perusahaan dari dalam negeri maupun dari diluar negeri tidak kesulitan menghubungi Anda jika mereka membutuhkan jasa penulisan artikelnya.  
  6. Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris sangat penting sebagai bahasa Internasional termasuk untuk seorang blogger. Kini banyak perusahaan dari luar negeri yang berburu tulisan blogger dari Indonesia. Mereka mengirim penawaran melalui email dan berani memberikan harga yang kompetitif kepada blogger. Mereka hanya membutuhkan jasa blogger untuk memperkenalkan produk dan jasanya serta memberikan link kepada situsnya mengenai produk atau jasanya. 
  7. Mengetahui Harga Tulisan. Saat ini tidak sedikit blogger yang terjebak dalam harga untuk satu artikel dengan panjang minimal 400 kata. Satu artikel dengan panjang 400 – 500 kata memang berbeda-beda untuk setiap brand atau perusahaan tergantung budget (anggaran) dan kemampuan membayarnya. Sebagai gambaran beberapa perusahaan jual beli online luar negeri menerapkan harga dengan kisaran Rp.100.000,- hingga Rp.500.000,- sementara untuk situs luar negeri sekitar USD 10 – hingga USD 50. Untuk brand gadget dan telekomunikasi dari dalam negeri kisara Rp. 300.000 – Rp.1.000.000,- sedangkan untuk perusahaan otomotif ada di kisaran Rp. 1 Juta hingga Rp. 1,5 Jutaan. Tetapi sekali lagi ini sebagai gambaran saja mengenai harga tergantung dari penawaran pihak marketing dengan blogger. Selain itu Anda juga harus membuat janji mengenai pembayarannya karena ada beberapa brand yang memberikan tenggang waktu 1 hari, 3 hari, seminggu, bahkan bisa sebulan setelah tulisan di publikasikan. 
Ini mungkin tips sederhana untuk mendapatkan job review dari dalam dan luar negeri yang sudah saya terapkan di blog pribadi saya www.didno76.com. Mudah-mudahan tulisan ini ada manfaatnya bagi kita semua.

7 komentar for Tips Sering Mendapat Job Review Dari Dalam dan Luar Negeri:

  1. Makasih banyak Mas tipsnya, salam kenal juga :-)

    ReplyDelete
  2. Aih senengnyooo dpt ilmu lg..
    Tengkiu tipsnya yak, langsung pgn bebenah blog :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih juga sudah mengunjungi blog kami

    ReplyDelete
  4. job review ini sebenarnya menggiurkan, ya. saya sudah bertekat buat konsisten ngeblog, bukan one day on epost sih... tapi one month minimal 6 posts. tapi belum pernah dapat job review :")

    ReplyDelete
  5. makasi ya cikgu...bisa saya praktekan di blog personal saya :)

    ReplyDelete
  6. Salam kenal blogger mangga. Saya dr kota mangga jg :)

    ReplyDelete