-->

Mengenal Bapak Kuryaman Pemilik Sandiwara Lingga Buana

Saturday, January 18, 2020
Bapak Kuryawan Pemilik Sandiwara Lingga Buana 

Sandiwara merupakan salah satu kesenian tradisional yang masih lestari di Indramayu. Sandiwara layaknya wayang orang atau ludruk di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur, dimana pemainnya memerankan peran sesuai cerita dari sutradaranya. Biasanya cerita yang dimainkan di sandiwara tentang kerajaan-kerajaan atau asal-usul suatu daerah. 

Ada banyak sandiwara yang berasal dari Indramayu seperti Sandiwara Lingga Buana, Sandiwara Dwi Warna dari Losarang, Sandiwara Aneka Tunggal dari Jatibarang, Sandiwara Bina Remaja Indah dari Sliyeg, Sandiwara Darma Kusuma dari Kepandean Indramayu, Sandiwara Yuda Putra dari Lohbener, Sandiwara Indraputra dari Cangkingan Kedokan Bunder, Sandiwara Perunggu Kembar dari Kroya, dan Sandiwara Chandra Sari dari Widasari. 

Salah satu sandiwara yang paling populer di Indramayu adalah Sandiwara Lingga Buana, yang memiliki penggemar fanatik saat sandiwara tersebut manggung. Sandiwara Lingga Buana tetap eksis walaupun ada beberapa pemain yang pindah ke sandiwara lain. 

Pada tahun 2019 yang lalu, Sandiwara Lingga Buana kembali naik pamornya berkat kehadiran dua pelawaknya yakni Wa Kancil dan Wa Koslet viral karena lawakan-lawakannya yang mengocok perut penonton. 

Ini berdampak pada tahun 2020, Sandiwara Lingga Buana sudah dipesan sebanyak 186 orang per tanggal 15 Januari 2019. Baik mereka yang akan melaksanakan hajatan untuk pernikahan, rasulan, dan khitanan serta acara lain seperti nadranan, dan ngunjung, demikian ungkap Bapak Kuryaman pemilik Sandiwara Lingga Buana. 



Tarif Sandiwara Lingga Buana untuk sekali panggung atau tampil adalah Rp.23 Juta untuk wilayah Indramayu dan sekitarnya. Sedangkan untuk wilayah lain dibanderol lebih dari itu, seperti Cirebon bisa mencapai 26 juta. Tarif tersebut sudah termasuk Live Streaming Youtube di channel By Sandiwara Lingga Buana yang dikelola oleh Asep Kurniawan. 

Pada saat live, penonton Youtubenya bisa mencapai 1000 – 2000 penonton baik yang berasal dari Indonesia atau di luar negeri. Kehadiran akun Youtube Sandiwara Lingga Buana, tentu menjadi pengobat rindu bagi orang Indramayu yang tinggal di perantauan, dan tentu menjadi penghasilan tambahan bagi pemilik Studio Lingga Buana yang dikelola oleh anaknya Kuryaman tersebut.

Para penyawer dari luar negeri biasanya menggunakan transfer. Mereka sangat senang pada saat fotonya dipajang saat live streaming di Youtube atau namanya disebut oleh Sinden atau Pelawak Wa Kancil dan Wa Koslet. Walaupun harus hutang terlebih dahulu dan bayar pada saat gajian. 

Penghasilan Sandiwara Lingga Buana, kini berasal dari Google Adsense yang bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta per bulannya dan juga saweran dari dalam dan luar negeri dengan memajang foto penyawer di akun Youtubenya.  

Bagi Anda yang ingin menghadirkan Sandiwara Lingga Buana untuk pesta hajatan Anda, berikut alamatnya :


Sandiwara LINGGA BUANA 
Desa Muntur Blok Kibuyut Gentong Kec. Losarang Kabupaten Indramayu 
Hubungi Asep Kurniawan SKM 
Telpon 081324171343 / 081395990544

2 komentar for Mengenal Bapak Kuryaman Pemilik Sandiwara Lingga Buana:

  1. Sandiwara juga hadir klw ada syukuran di desa kang.
    Adegan yg paling seru itu pd action antar pemain.. (berantem)..

    ReplyDelete
  2. semoga kesenian sandiwara bisa terus eksis. jangan melupakan kesenian rakyat.

    ReplyDelete