Tradisi Rebutan Kursi Setiap Awal Tahun Ajaran Baru

Suasana sekolah pada pagi hari di awal tahun ajaran baru 

Hari ini anak-anak sekolah mulai memasuki tahun ajaran baru tahun pelajaran 2015/2016. Ada pemandangan unik di sekolah-sekolah terutama Sekolah Dasar di Indramayu dan di daerah lain, dimana setiap memasuki hari pertama masuk sekolah banyak anak-anak dan orang tua datang ke sekolah lebih awal bahkan setelah shalat subuh untuk mendapatkan tempat duduk yang diinginkan. 

Mereka biasanya memilih tempat duduk yang paling depan yang diinginkan orang tuanya agar anaknya bisa belajar dengan optimal. Anak yang datang kesiangan tentu tidak bisa mendapatkan tempat duduk yang diinginkan. Bahkan tidak sedikit orang tua yang berurusan hanya gara-gara rebutan tempat duduk. 


Tradisi ini sudah berlangung beberapa tahun terakhir, mengingat sebelumnya tidak ada tradisi rebutan tempat duduk setiap awal tahun ajaran baru. Tetapi bisa dipahami mengingat saat ini pendidikan sudah menjadi prioritas utama para orang tua baik di desa maupun di kota. Mereka menginginkan pendidikan terbaik untuk putra-putrinya. Sehingga sekarang orang tua rela memperhatikan anaknya bahkan hingga hal-hal kecil seperti tempat duduk sekali pun. 

Untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan pihak sekolah dalam hal ini guru kelas mengantisipasi dengan mengatur tempat duduk murid-muridnya agar mereka bisa mendapatkan pendidikan dan perhatian yang adil termasuk dalam tempat duduk. Hal ini seperti yang terlihat di salah satu sudut sekolah desa dipinggiran Indramayu. 

Guru kelas harus ekstra keras untuk mengatur tempat duduk murid-muridnya. Mereka menempatkan murid yang postur tubuhnya tinggi di belakang karena kalau ditempatkan di depan akan menghalangi pandangan teman-temannya yang ada di belakangnya. Selain itu diberi pengertian kepada orang tuanya bahwa tempat duduk murid sewaktu-waktu bisa diubah-ubah posisinya oleh guru kelasnya agar mereka tidak bosan dan memisahkan murid-murid yang biasanya bikin gaduh tidak pada tempatnya. 

Itulah aktivitas beberapa guru kelas di sekolah pada hari pertama masuk terutama di SD (Sekolah Dasar) di daerah pinggiran di Indramayu. 
Description
: Tradisi Rebutan Kursi Setiap Awal Tahun Ajaran Baru
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Tradisi Rebutan Kursi Setiap Awal Tahun Ajaran Baru

0 komentar:

Post a Comment