Karang Sinom, Pusat Penggilingan Beras Terbesar di Indramayu

Pabrik Penggilang Beras di Karangsinom

Kalau Anda melintasi jalan raya bypass Pantura tepatnya di Desa Karanganyar Kandanghaur, cobalah singgah sebentar dan masuk ke arah Gabuswetan. Sekitar 1 km dari jalan raya Pantura, Anda akan menemukan sebuah daerah yang menjadi pusat penggilingan beras terbesar di Indramayu. 


Tempat tersebut masih masuk ke Desa Karanganyar atau yang lebih dikenal dengan nama Karang Sinom Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Di sini Anda akan menemukan banyak pabrik penggilingan beras dari berbagai perusahaan dan juga milik perorangan. 


Beberapa pabrik penggilingan beras tersebut bahkan sudah menggunakan teknologi canggih seperti mesin pengering padinya yang sangat dibutuhkan pada saat musim penghujan seperti yang dimiliki oleh CV Sandy Jaya. Tetapi tidak sedikit pabrik penggilingan beras tersebut masih menggunakan cara-cara tradisional seperti menjemur dengan menggunakan sinar matahari dan tenaga kerja manusia seperti yang dimiliki oleh PB. AS (Asal Sukses), Fajar Jaya dan pabrik lainnya. 

Setiap malam, puluhan bahkan ratusan truk berjejer di sepanjang jalan Karangsinom-Gabuswetan menunggu waktu pengiriman yang biasanya dilakukan tengah malam. Truk-truk pembawa beras tersebut akan menuju ke Pasar Induk Kramat Jati Jakarta dan daerah-daerah lainnya. 

Jumlah beras yang dikirim para pengusaha beras tersebut ke Pasar induk berjumlah ratusan bahkan ribuan ton setiap harinya. Beras-beras tersebut tidak mengenal musim penghujan atau musim kering karena biasanya para pemilik pabrik mencari padi untuk digiling menjadi beras dari daerah lain yang sedang panen. 

Pabrik-pabrik penggilingan beras ini menyerap tenaga kerja yang jumlahnya sangat banyak dari pengangkut padi, bagian penjemuran padi, bahkan hingga pengiriman beras ke sejumlah pasar di Jakarta dan daerah lainnya. 

Karena beras merupakan kebutuhan pokok maka pabrik-pabrik penggilingan beras tersebut tetap berproduksi tidak kenal musim. Dan karena di daerah Karangsinom memiliki puluhan pabrik penggilan beras, maka tidak heran jika Karangsinom dijuluki sebagai Pusat Penggilingan beras terbesar di Indramayu untuk memasok kebutuhan beras di Indramayu sendiri dan juga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
Description
: Karang Sinom, Pusat Penggilingan Beras Terbesar di Indramayu
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Karang Sinom, Pusat Penggilingan Beras Terbesar di Indramayu

0 komentar:

Post a Comment