Tempat Menarik Untuk Ngabuburit di Indramayu

Hutan Mangrove Karangsong Indramayu (Foto Twitter @Hail_Bintang)
Setiap sore hari selama bulan Ramadhan atau Puasa biasanya ada tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang diberi nama Ngabuburit. Ngabuburit sendiri istilah dari bahasa Sunda burit yang artinya sore, jadi ngabuburit diartikan mencari sore. Padahal dalam bahasa Jawa Cirebon atau Indramayu sering digunakan istilah Nyenyore atau mencari menunggu sore. Tapi kalah populer dengan istilah Ngabuburit. 

Di Indramayu sendiri selama bulan Ramadhan atau Puasa banyak spot-spot atau tempat-tempat menarik untuk ngabuburit bersama keluarga atau teman-teman dekat. Tempat tersebut tidak hanya mall atau pusat perbelanjaan tetapi juga taman, pantai atau yang lainnya. 

Berikut tempat menarik untuk ngabuburit di Indramayu : 

  1. Taman Cimanuk. Taman yang lokasinya dekat dengan masjid agung dan Pendopo Indramayu ini menarik dikunjungi. Anda bisa berfoto bersama keluarga atau teman-teman dekat diantara indahnya pemandangan taman yang berada di bantaran kali Cimanuk ini. Anda juga bisa menikmati lalu lalang kendaraan yang melintas di jembatan yang berada di atas taman ini. 
  2. Sport Center. Sport Center ini sebenarnya arena olahraga yang ada di Indramayu. Di tempat ini Anda bisa berolahraga jogging atau jalan santai menjelang berbuka, selain itu jika sudah mendekati waktu berbuka Anda tinggal mencari tempat makan yang banyak berjejer di sepanjang arena olahraga ini. Di sini juga sering diadakan pameran buku atau taman bacaan untuk umum secara gratis seperti yang dilakukan oleh Bintang Book Corner tahun lalu. 
  3. Pasar Mambo Indramayu (Foto TasteofIndramayu.blogspot.com)
  4. Pasar Mambo. Pasar yang terletak di pusat kota Indramayu ini menawarkan aneka makanan dan minuman yang dijajakan sebelum berbuka puasa. Anda bisa memilih makanan dan minuman khas bulan Ramadhan di sepanjang pasar Mambo ini. Selain itu di tempat ini juga terdapat pedagang yang menjual pakaian untuk persiapan lebaran. 
  5. Jalan Pangeran Arya Indramayu
  6. Jalan Pangeran Arya Indramayu. Sepanjang jalan ini selama bulan Puasa selalu dipenuhi dengan penjual dan pembeli makanan dan minuman. Bahkan beberapa makanan hanya ada pada bulan Puasa seperti mi Ragit, kolak dan lain sebagainya. 
  7. Pantai Karangsong. Setelah dibukanya wisata mangrove atau hutan bakau di Karangsong, kini semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Mangrove Karangsong menjadi tempat yang menarik untuk ngabuburit selama bulan Puasa. 
  8. Toserba Yogya Indramayu (Foto Twitter) 
  9. Toserba Yogya Indramayu. Swalayan ini menjadi tempat ngabuburit yang menarik bagi sebagian warga Indramayu, karena di dalamnya berbagai keperluan rumah tangga dan pakaian untuk lebaran. Selain itu di lantai dua terdapat tempat bermain untuk anak-anak sambil menunggu waktu berbuka. Di depannya terdapat tempat-tempat makan menarik saat datang waktu berbuka puasa. 
  10. Toserba Surya Indramayu. Swalaya ini selalu dipenuhi orang belanja terutama saat bulan Puasa. Mereka yang membutuhkan perlengkapan rumah tangga dan pakaian semuanya ada disini. Selain itu tempat ini terdapat tempat bermain anak sehingga orang tuanya bisa berbelanja dan anaknya bisa bermain. Di sini juga sering ada promo-promo menarik perusahaan otomotif dan elektronik yang sangat dibutuhkan pada saat lebaran nanti. 
  11. Pusar Kuliner Cimanuk. Pusat kuliner ini terletak tidak jauh dari Taman Cimanuk dekat dengan Galeri Empat Belas. Disini tersedia berbagai makanan dan minuman lokal dan internasional. Tempat ini ramainya pada sore hari apalagi pada saat bulan Puasa. 
Sebenarnya masih banyak tempat-tempat yang menarik di Indramayu karena tidak hanya di Indramayu kotanya saja tetapi kecamatan-kecamatan yang ada di Indramayu pun memiliki tempat-tempat menarik untuk ngabuburit selama bulan Puasa.
Description
: Tempat Menarik Untuk Ngabuburit di Indramayu
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Tempat Menarik Untuk Ngabuburit di Indramayu

2 komentar:

Muhamad Syukron Aris said...

Bagus infonya.., jadi pengen balik indramayu

Edi SR said...

sayang jauh dari sini.

Post a Comment