-->

Usai Mudik, Ini Perawatan Mobil Suzuki yang Wajib Dilakukan

Mar 18, 2022


Baru saja menyelesaikan aktivitas mudik yang cukup jauh menggunakan mobil pribadi? Anda harus melakukan perawatan yang penting agar mobil bisa lebih awet dan bekerja seperti semula. 


Meskipun saat ini mobil Anda tidak menimbulkan tanda-tanda kerusakan, namun bisa jadi ada beberapa komponen yang wajib diganti. Oleh karena itu lebih aman jika Anda langsung datang ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan. 


Selama pengecekan akan ada beberapa perawatan yang dilakukan oleh teknisi. Simak apa saja perawatannya. 


Perawatan Mobil Usai Mudik yang Tidak Boleh Terlewatkan 

Kebanyakan pemilik mobil sering lupa melakukan perawatan mobil kesayangan usai melakukan mudik. Biasanya servis hanya dilakukan sebelum berangkat untuk menjaga agar tidak terjadi masalah dalam perjalanan. 


Padahal selesai mudik, bisa jadi ada beberapa bagian yang harus diganti atau mengalami keausan. Anda sebagai pemilik mobil tidak boleh melewatkan beberapa hal berikut ini:


1. Mencuci Mobil 

Debu, kotoran dan juga lumpur sangat mudah menempel pada bodi mobil selama perjalanan jauh. Sesampainya di rumah Anda harus menjadwalkan mobil untuk segera dicuci. 


Jika menundanya kotoran bisa menjadi kerak dan menjadi penyebab timbulnya karat pada bodi bagian mesin mobil. Pencucian juga harus dilakukan dengan benar baik itu eksterior dan kabin mobil. 


Pilih tempat cuci mobil yang terpercaya dan pasti bersih sehingga mobil Anda memiliki tampilan yang keren kembali. 


2. Mengecek Kondisi Rem dan Kopling 

Akibat perjalanan jauh sudah pasti akan ada beberapa komponen yang mengalami keausan. Contohnya saja bagian rem dan juga kopling. Lalu lintas yang tidak menentu mungkin saja memaksa Anda untuk mengemudi dengan tidak stabil. 


Apalagi jika banyak jalanan macet yang dilalui, maka rem menjadi komponen penting yang harus dicek. Pastikan bahwa pedal rem masih bisa pakem dan kampas rem bekerja dengan maksimal begitu juga dengan kopling. 


3. Mengecek Kualitas Oli 

Penting juga untuk mengecek oli mobil yang kekentalannya mungkin saja menurun. Penggantian oli mobil seharusnya dilakukan ketika mobil mencapai 10.000 km. Melalui perjalanan yang jauh mungkin saja membuat mobil Anda sudah mencapai jarak tersebut. 


Teknisi seharusnya mengecek oli mobil terlebih dahulu, jika cairan sudah terlalu berat maka harus segera diganti. Penggantian akan menjaga agar mesin mobil bekerja dengan optimal dan tidak mengalami panas berlebih. 


4. Mengisi Ulang Daya Aki 

Anda juga sebaiknya mengecek kondisi aki, apakah masih bisa menampung daya sesuai kebutuhan sistem kelistrikan mobil. Pengecekan kualitas aki bisa Anda rasakan ketika starter mobil. 

Setiap kali menyalakan mobil seharusnya tidak ada suara aneh dan berjalan dengan secara baik. Jika muncul suara maka perlu mengecek sistem listrik secara keseluruhan. Penting juga untuk mengisi ulang daya aki. 


5. Mengisi Angin pada Ban 

Akibat perubahan cuaca dan gesekan dengan aspal, tekanan udara pada ban bisa naik dan turun. Kebanyakan ban akan sedikit kempes usai digunakan dalam jarak jauh. Perawatan yang tidak boleh dilewatkan adalah untuk mengisi ulang angin ban. 


Pengisian ini harus sesuai dengan tekanan yang dianjurkan. Mengendarai mobil dengan ban yang kurang angin bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin. Mesin mobil akan bekerja terlalu keras sehingga menimbulkan overheat. 


6. Memeriksa Kondisi Kaki Kaki Mobil 

Anda yang berjalan jauh dengan berbagai jenis jalan, ada yang aspal halus bahkan rusak berdampak pada kaki kaki mobil. Pengecekan kondisi kaki kaki mobil ini sangatlah penting. 

Kaki kaki mobil ini bekerja agar kendaraan berjalan dengan stabil. Anda bisa mengecek kualitas komponen seperti bushing arm, bearing dan juga shock breaker. 


7. Isi Ulang Air Radiator 

Terakhir adalah mengecek kondisi dari sistem pendingin pada mesin yaitu air radiator. Anda perlu mengisi ulang air ini sesuai dengan standar yang dibutuhkan. Isilah dengan cairan water coolant sesuai yang direkomendasikan oleh pabrikan. 

Dengan begitu mesin mobil akan memiliki suhu panas yang terkendali dan terhindar dari masalah overheat. 


Selama perawatan mobil ini, Anda bisa langsung mendatangi bengkel resmi Suzuki terdekat. Pilih salah satu bengkel berikut ini untuk merawat mobil Anda usai mudik. 


Suzuki Cabang Dealer Duta Cendana Adimandiri - https://suzukidutacendana.co.id

Suzuki Cabang Dealer Dwiperkasa Mobiltama - https://suzukidwiperkasa.co.id

Suzuki Cabang Armada Perkasa Mobilindo - https://suzukiarmada.co.id


0 komentar:

Post a Comment test