-->

Saksikan Film Ki Tarka dan Aksara di Channel Cinema Indramayu Senin 10 Agustus 2020

Thursday, August 6, 2020
Film Ki Tarka dan Aksara

Tarka Sutarahadja atau yang lebih dikenal dengan nama Ki Tarka merupakan salah satu tokoh dari Desa Cikedung Lor yang memiliki kepedulian tinggih dalam melestarikan manuskrip atau naskah kuno di Indramayu dan sekitarnya.

Bersama tokoh-tokoh dari Indramayu, Cirebon dan sekitarnya, Ki Tarka terus menggali naskah-naskah kuno yang masih tersimpan di masyarakat luas namun masih dianggap sebagai jimat atau sesuatu yang dikeramatkan sehingga tidak bisa diteliti, diterjemahkan apalagi diberikan kepada orang lain.

Selama bertahun-tahun, Ki Tarka dan rekan-rekan mencari dan menelusuri berbagai naskah kuno atau manuskrip yang ada di Indramayu dan sekitarnya untuk diungkap cerita atau sejarah apa yang terkandung dalam naskah kuno tersebut.

Ki Tarka tidak hanya mencari naskah kuno saja, tetapi menterjemahkan, dan mengumpulkan hasil terjemahnya tersebut ke dalam sebuah buku. Selain itu Ki Tarka juga diminta bantuan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi bahkan Nasional untuk mendigitalisasi naskah kuno tersebut agar bisa dibaca, diteliti Kembali oleh siapapun.

Berbagai naskah kuno yang pernah ditemukan di Indramayu diantaranya adalah babad, mantra, primbon, dan lain-lain. Sehingga naskah kuno tersebut bisa dimanfaatkan Kembali untuk berbagai keperluan termasuk untuk Pendidikan.

Kepedulian Ki Tarka terhadap manuskrip atau naskah kuno tersebut, menggerakan anak-anak muda yang tergabung dalam Cinema Indramayu untuk membuatkan sebuah film pendek Docuseries tentang Ki Tarka. 



Dalam film ini Ki Tarka menceritakan pengalamannya dalam usahanya menggali dan melestarikan naskah-naskah kuno dengan berbagai suka dan dukanya. Dia menceritakan bahwa dirinya saat ini tidak hanya menterjemahkan naskah kuno yang berasal dari daerah Indramayu saja tetapi dari daerah lain bahkan ada juga naskah kuno dari negara lain.

Film pendek yang dikemas dengan dokumenter series ini diperankan oleh Ki Tarka sendiri dan dibumbui oleh gaya kocak dari  Baim (Bayu) dan Komeng (Komara) dengan bahasa khas Indramayunya.

Film Ki Tarka dan Aksara ini merupakan karya perdana dari Cinema Indramayu, yakni organisasi yang membuat suatu karya audio visual, film dan konten bagi para penikmat film khususnya di Kota, maupun di daerah Indramayu sendiri.   

Diharapkan dengan adanya film ini, semakin banyak generasi muda yang peduli, belajar dan memahami naskah-naskah kuno yang ada di Indramayu dan sekitarnya.

Film Ki Tarka dan Aksara ini ditulis dan disutradarai oleh Fatria Iman Nissa, Editor Teja Swarsono, Translator Danny Dzulkarnaen, dan Head & Content Media Sosial Kang Didno ini, akan tayang pada Hari Senin tanggal 10 Agustus 2020.

Bagi Anda yang penasaran dengan film Ki Tarka dan Aksara silakan lihat trailer videonya berikut ini :



0 komentar:

Post a Comment test