ICT Watch Bekerjasama Dengan Relawan TIK Indramayu Akan Gelar Seminar TIK

Thursday, September 26, 2019
Training of Trainer Relawan TIK Indramayu bersama ICT Watch

ICT Watch bekerjasama dengan Relawan TIK Indramayu menggelar acara Training of Trainer untuk kegiatan Seminar dan Workshop TIK di Indramayu. Acara ini digelar hari Kamis 26 September 2019 di Gedung Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu.

Pada kesempatan ini pihak ICT Watch diberikan pembekalan kepada trainer yang akan mengadakan kegiatan seminar dan workshop EYW (Empower Youth for Work) atau Muda Berdaya Berkarya di wilayah Indramayu.

Plt Direktur Eksekutif ICT Watch Widuri menjelaskan program ini kepada trainer yang akan mengedukasi kepada pemuda yang berusia 15 -29 tahun di Kabupaten Indramayu. Diharapkan nantinya mereka bisa memanfaatkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk masa depan pemuda atau pemudi di Indramayu.

Widuri Plt Direktur Eksekutif ICT Watch

Beberapa materi yang akan diberikan kepada peserta nantinya adalah materi tentang aplikasi untuk bekerja, jual beli online, etika berinternet, pemanfaatan media sosial, membuat desain, blogging, video blogging dan lain-lain yang akan bermanfaat untuk mereka.

Seminar TIK untuk pemuda di Indramayu rencananya akan digelar di 3 lokasi yakni Indramayu Timur, Indramayu Kota dan Indramayu Barat untuk mempermudah para peserta seminar atau workshop mengingat luasnya kabupaten Indramayu.

Seminar TIK kerjasama antara ICT Watch dengan Relawan TIK ini rencananya akan digelar pada tanggal Sabtu tanggal 12 Oktober 2019. Selain rencana seminar dan workshop, acara ini juga diisi dengan pembekalan kepada trainer dari Indriyanto Banyumurti mengenai jaga privasi, lawan hoaks, dan waspada perundungan.

Indriyanto Banyumurti dari Internet Sehat
Banyumurti juga menjelaskan bahaya hoaks yang bisa berdampak tidak hanya kecil tetapi bisa juga sangat besar bahkan bisa menimbulkan peperangan antarnegara. Selain itu Banyumurti juga menekankan bahayanya Cyber Bullying atau perundungan yang bisa menimbulkan dampak dari stres, depresi bahkan hingga bunuh diri.

Oleh karena itu ada beberapa yang harus dilakukan oleh guru, dan orang tua agar anaknya bisa menghadapi Cyber Bullying. Informasi mengenai 3 panduan internet sehat bisa dibaca di http://internetsehat.id/literasidigital

Semoga kegiatan ini akan membawa dampak pada pemuda dan pemudi Indramayu agar lebih baik dan bisa memanfaatkan TIK untuk kemajuan bangsa dan negara.

1 komentar on ICT Watch Bekerjasama Dengan Relawan TIK Indramayu Akan Gelar Seminar TIK

  1. Bahaya Hoaks sungguh luar biasa ya
    Kalau saya biasanya stres, tapi untung cepat sembuh itu stresnya.

    ReplyDelete