Ini Bukan Taj Mahal Tetapi Masjid Abdul Manan di Indramayu

Monday, May 28, 2018
Masjid Abdul Manan Islamic Center Indramayu (Dok. Didno)

Indramayu akan segera memiliki Islamic Center dan Masjid termegah di Jawa Barat yang akan diresmikan pada tanggal 1 Juni 2018 atau bertepatan dengan malam Nujulul Quran atau malam 17 Ramadan 1439 Hijriah. 

Nama masjid megah yang terlihat seperti Taj Mahal ini akan diberi nama Masjid Abdul Manan. Nama tersebut diambil dari salah satu tokoh Agama Islam Thoriqoh Qodoriyah Naqhsabandiyah yaitu Kyai Abdul Manan yang tinggal di daerah Paoman Indramayu sekitar tahun 1700-an Masehi. 

Kami berkesempatan menyusuri bagian demi bagian dari bagian depan yang terdapat Mushaf yang bertuliskan Ahlan Wa Sahlan Selamat Datang di Islamic Center Abdul Manan Kabupaten Indramayu. Sedangkan sebelah kanannya terdapat tulisan Asmaul Husna. 

Lapangan rumput sintesis (Dok. Didno)


Bagian tamannya terlihat mulai ditata dengan tanaman berwarna-warni sedangkan di bagian tengah nantinya terdapat air mancur yang menarik. Di bagian luar Masjid terdapat taman yang indah sebelah kanan dan kiri terdapat tanaman yang tertata rapi. 

Sementara itu bagian depan masjid atau pelataran masjid Abdul Manan memiliki rumput sintesis untuk berbagai kegiatan keagamaan dan dijadikan tempat untuk shalat Jum’at atau Shalat Idul Fitri dan Idul Adha jika di dalamnya sudah penuh. 

Bagian sisi depan Masjid Abdul Manan (Dok. Didno)

Di sebelah kanan terdapat tempat wudhu dan kamar mandi untuk kaum Hawa atau wanita, sedangkan sebelah kiri ada kamar mandi dan tempat wudhu untuk kaum Adam atau pria. Sayangnya bagian dalam masjid ini masih dalam tahap renovasi akhir sehingga kami tidak bisa mengambil gambar bagian dalam. 

Islamic Center ini nantinya akan memiliki Madrasah Diniyah Awaliyah, Gedung Pertemuan, Sekertariat MUI (Majelis Ulama Indonesia), ada juga lahan parkir kendaraan yang luas di bagian depan, gedung pameran dan kios. 

Master Plan Islamic Center Indramayu (Dok. Didno)
Jadi bagi Anda yang ingin melihat keindahan masjid Abdul Manan atau Islamic Center Indramayu bisa datang setelah peresmian. Tapi kami mengingatkan bahwa masjid ini bukan hanya untuk berselife ria tetapi untuk beribadah. 

Foto untuk mengabadikan masjid ini boleh, asal jangan meninggalkan merusak fungsi masjid dan taman ini. Selain itu jangan membuang sampah di sekitar masjid atau di dalam masjid karena masjid bukanlah tempat sampah.

1 komentar on Ini Bukan Taj Mahal Tetapi Masjid Abdul Manan di Indramayu

  1. Alhamdulillah kita sebagai warga Indramayu sekarang punya kebanggaan dengan adanya masjid yang megah dan indah....

    ReplyDelete