-->

Menikmati Sunset di Pantai Panjiwa Sumber Mas Kandanghaur

Jul 25, 2017
Matahari Terbenam di Pantai Panjiwa Desa Ilir (Foto Didno)

Indramayu memiiliki garis pantai yang sangat panjang dari ujung barat hingga ujung timur di sepanjang pantai utara. Maka tidak heran jika banyak obyek wisata pantainya. Seperti pantai Tirtamaya, Balongan, Karangsong, Eretan dan Sumur Adem. 

Kini ada obyek wisata baru yang bernama Pantai Panjiwa Sumber Mas. Obyek wisata ini baru dibuka pada tanggal 5 Mei 2017 lalu oleh Kelompok Penggerak Pariwisata Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu.
MTs Negeri 4 Indramayu/MTs Negeri Kandanghaur Indramayu (Dok. Didno)

Pantai ini terbilang masih asri karena belum lama dibuka dan akses menuju Pantai ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan sepeda motor. Sementara untuk pengunjung yang menggunakan mobil harus diparkir cukup jauh sekitar hampir 1 km menuju ke Pantai Panjiwa Sumber Mas. 

Jalan Menuju Pantai Panjiwa Sumber Mas (Dok. Didno)
Akses menuju obyek wisata ini sebenarnya sangat mudah terutama yang biasa melintasi jalur pantura Indramayu. Kalau dari arah Jakarta setelah SPBU Sumber Mas dan MTs Negeri 4 Indramayu (Dulu MTs Negeri 1 Kandanghaur) Anda tinggal belok ke kiri. 
Bendungan menuju ke lokasi Pantai Panjiwa (Dok. Didno)
Kurang lebih 300 meter bagi Anda yang menggunakan sepeda motor belok ke kiri menuju ke Bendungan. Hati-hati melintasi jalan ini karena jalannya sempit hanya untuk satu kendaraan sepeda motor. 
Perjalanan menuju Pantai Panjiwa (Dok. Didno)
Setelah itu Anda mengikuti jalan setapak yang belum diaspal atau berbatu di pinggir Sungai. Anda akan disuguhi pemandangan yang indah terutama saat sore hari karena di sepanjang jalan setapak ini terdapat empang dan pohon mangrove dan banyak burung-burung beterbangan di sekitar pohon mangrove dan empang tersebut. 
Empang dan Tanaman Mangrove menuju ke Pantai Panjiwa (Dok. Didno)
Memasuki daerah Pantai ada penjaga tiket parkir yang dikelola oleh Kompepar Pantai Panjiwa Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur dengan harga yang sangat terjangkau yakni hanya Rp.2.000 saja. Harga tiket yang sangat murah untuk obyek wisata yang ada di Indramayu. 
Menikmati Sunset di Pantai Panjiwa (Dok. Didno)

Setelah memarkirkan sepeda motor, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah ke laut lepas. Hamparan pasir yang luas dan pinggir pantai yang masih asri dengan tanaman pohon kelapa yang masih kecil di pinggir pantai menambah keasrian dari pantai ini. 
Pinggir Pantai dengan kursi di pinggir pantai (Dok. Didno)
Pihak Kompepar sudah menempatkan beberapa kursi dipinggir pantai untuk istirahat para pengunjung yang juga bisa digunakan untuk menikmati keindahan pantai Laut Jawa bersama keluarga atau orang-orang tercinta. 
Mushola di Pantai Panjiwa Sumber Mas (Dok . Didno)

Di Pantai Panjiwa Sumber Mas ini sudah terdapat mushola dan tempat bilas atau toilet walaupun masih sangat sederhana. Rusmana bersama Kompepar Pantai Panjiwa mengatakan kepada kami “masih mengalami kendala terutama akses masuk ke tempat ini terutama pada saat cuaca hujan maka akan sulit untuk masuk ke tempat ini”. 
Pinggir pantai yang luas (Gambar Didno)
Selain itu masih ada kendala terutama bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan mobil karena lokasinya cukup jauh jika harus berjalan kaki. Tetapi rencananya pengelola akan menyiapkan perahu untuk menuju ke Pantai ini sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan melalui sungai hingga ke Pantai Panjiwa Sumber Mas. 
Pesisir Pantai Panjiwa Sumber Mas (Dok. Didno)
Penasaran dengan obyek wisata Pantai Panjiwa Sumber Mas ini silakan datang langsung ke Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Selamat mengunjungi Pantai Panjiwa Sumber Mas Kandanghaur Indramayu. 
Bersama teman-teman Kompepar Pantai Panjiwa (Foto Dok. Didno)


3 komentar for Menikmati Sunset di Pantai Panjiwa Sumber Mas Kandanghaur :

  1. Ijin Share Untuk Website Diparbud Prov. Jabar

    ReplyDelete
  2. Sudah saya posting dan masuk database Objek Wisata Jawa Barat berikut link nya http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=1126&lang=id tp untuk foto nya saya ambil dari saudara saya terima kasih..

    ReplyDelete