Beras Andalan Indramayu Mulai Digemari Warga Cirebon dan Bandung

Monday, January 22, 2018
Beras PD BWI

Selama ini beras-beras dari Indramayu banyak yang didistribusikan ke kota besar seperti Jakarta, Bandung dan lain-lain. Tetapi ratusan ton beras yang didistribusikan setiap harinya tersebut tidak semua menggunakan branding atau merek yang mencantumkan nama Indramayunya sebagai asal beras tersebut. 

Para pemilik pabrik penggilingan beras di Indramayu hanya mengirim dan menjual ratusan ton yang dikemas dalam karung tanpa merek dan para pengusaha di kota besar tersebut yang membubuhkan merek dengan kemasan yang baru.

Tetapi sekarang beruntung ada perusahaan daerah yang mulai memasarkan beras asli dari Indramayu tersebut ke produsen dengan brand atau merek sendiri. Perusahaan daerah tersebut adalah PD BWI (Perusahaan Daerah Bumi Wiralodra Indramayu). 

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa PD BWI memiliki beras dengan brand yang tidak kalah dengan beras merek lain yang sudah dikenal di pasaran. Beras andalan dari Indramayu ini dikenal dengan merek Beras Tiga Tungku BWI dan Beras Sehat Kepala BWI

Beras produksi PD BWI
Kedua merek beras tersebut merupakan beras produksi dari PD BWI (Perusahaan Daerah Bumi Wiralodra Indramayu) yang dalam prosesnya menggunakan mesin-mesin canggih dan modern yang menggunakan sistem komputerisasi dan digital yang terintegrasi. Mesin-mesin canggih ini dapat melakukan pengeringan gabah hingga pengemasan beras hasil produksi. 

Berasnya kini mulai digemari tidak hanya oleh warga Indramayu sendiri tetapi juga sudah dipasarkan ke wilayah lain seperti Cirebon, Karawang, Bandung dan beberapa daerah lainnya. Mereka rata-rata menyukai beras keluaran PD BWI ini karena beberapa faktor. 

Beras-beras produksi PD BWI tersebut dijamin tidak menggunakan pemutih, pengawet, dan tidak menggunakan pewangi, seperti diungkap oleh Surya (Direktur Pemasaran PD BWI). Rasanya pun pulen dan yang pasti adalah sehat. 

Beras dari PD BWI ini berasal dari petani yang ada di wilayah Indramayu melalui program Onfarm. Program ini merupakan program dari PD BWI yang memberikan bibit padi, pemupukan dan pendampingan kepada petani melalui Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani). Saat ini ada di beberapa kecamatan yang ada di Indramayu seperti Kecamatan Juntinyuat, Krangkeng, Balongan, Sindang dan Karangampel. 

PD BWI saat ini sedang gencar-gencarnya mengajak petani untuk menggunakan pupuk organik agar tanah tetap sehat dan produktif. Sehingga beras yang dihasilkan lebih sehat dan layak dikonsumsi. Selain itu tidak merusak tanah. 

Saat ini beras sehat dari PD BWI ada dua jenis yakni jenis premium yang dijual dengan harga Rp. 12.500/kg dan jenis medium dengan harga Rp.9.400/kg. Beras dari BWI ini sudah mendapat label sertifikasi organik dari Sucofindo No.46611/DBBPAi dan uji lab bahan kimia oleh SIG No. SIG.LHP.XI.2016.63744. 

Sebagai masyarakat Indramayu tentu kita bangga karena memiliki beras dengan brand atau merek Indramayu yang mulai digemari oleh masyarakat dari kota lain.

0 komentar:

Post a Comment test