Egietha Pramadisti, Si Penari Topeng Di Puncak Gunung Ciremai

Agietha Pramadisti siswi kelas 4 MI MI Darun Nahwi Singajaya (Dok. Edi Supriyadi) 

Pertunjukan tari topeng di panggung atau pentas mungkin sudah biasa dilakukan oleh para penari tapi kalau menari topeng di atas Puncak Gunung ini menjadi luar biasa. Apalagi yang melakukannya adalah seorang pelajar kelas 4 MI (Madrasah Ibtidaiyah) atau setaraf dengan Sekolah Dasar ini baru luar biasa. 


Dia adalah Egietha Pramadisti (10 tahun) putri dari Edi Supriyadi yang sekolah di MI Darun Nahwi Singajaya Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Egietha melakukan tari topeng udeng khas Sanggar Tari Mimi Rasinah di atas puncak Gunung Ciremai yang memiliki ketinggian 3.078 mpdl (meter di atas permukaan laut). 


Egietha memang tidak sendirian, dia bersama ayahnya yakni Edi Supriyadi dan anggota Aktivis Lingkungan Alam Semesta atau lebih dikenal dengan singkatan ALAS dari Kertasemaya yang sedang mengikuti pengukuhan Pencinta Alam dan pendakian ke Gunung Ciremai.

ALAS angkatan III (Dok. Edi Supriyadi)

Edi dan rombongan yang berjumlah 12 orang berangkat pada tanggal 12 Mei 2017 lalu menggunakan mobil carteran menuju ke Gunung Ciremai. Rencana awal akan menggunakan jalur Apuy Majalengka tapi karena jalurnya yang terlalu ekstrim maka mereka sepakat mengubah arah ke jalur Palutungan Kuningan. 

Mereka sampai pos pendakian sekitar pukul 10 pagi dan langsung registrasi dan istirahat sambil mengecek perlengkapan pendakian. Berangkat jam 14 siang menuju pos Cigowong kemudian lanjut kembali ke Gua Walet dan sampai di puncak kira-kira pukul 8 pagi. 

Prosesi pengukuhan anggota pencinta alam ALAS (Aktivis Lingkungan Alam Semesta) berlansung selama kurang lebih satu jam dan diakhiri dengan tari topeng yang dibawakan oleh Egietha Pramadisti dihadapan para pendaki. 

Pementasan tari topeng di Puncak Gunung Ciremai merupakan pertama kali dilakukan oleh seorang pelajar setingkat SD kelas 4 dan dilakukan oleh Egietha Pramadisti dari Indramayu. Penasaran bagaimana Egietha Pramadisti menari topeng udeng khas Indramayu di Puncak Gunung Ciremai silakan lihat videonya di bawah ini : 
Description
: Egietha Pramadisti, Si Penari Topeng Di Puncak Gunung Ciremai
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Egietha Pramadisti, Si Penari Topeng Di Puncak Gunung Ciremai

0 komentar:

Post a Comment