Api PON XIX Akan Diambil dari Balongan

Friday, July 22, 2016
Api PON XIX akan diambil dari Balongan (Ilustrasi Foto Tresna_Foto) 

Panitia PON (Pekan Olahraga Nasional) XIX tahun 2016 mengumumkan bahwa akan mengambil api PON dari sumber api abadi yang berada di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. Prosesi pengambilan Api PON XIX/2016 sendiri akan langsung dilakukan Ketua Umum Panitia Besar PON XIX/2016 yang juga Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. 


Pengambilan api PON XIX 2016 rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2016 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-71 Jabar. Rencananya api tersebut akan disulutkan ke obor dan lentera tersebut akan diarak melintasi 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. 


Kirab obor diharapkan bisa memberikan kehangatan dan kemeriahan PON XIX/2016 di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Perjalanan Api PON direncanakan akan menempul jarak sepanjang 1.005,4 kilometer yakni dari Indramayu-Cirebon, Kuningan, Majalengka, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Subang, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Depok, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi dan Kota Bandung, finis di Gedung Sate. 

Obor yang memiliki tinggi 70 sentimeter dan berat dua kilogram. Obor, lentera dan tungku akan tetap menyala di tiap kabupaten/kota yang ditempatkan di Pendopo yang dijaga oleh juru penjaga tungku yang khusus ditugaskan selama PON berlangsung.  

Pada bagian atas obor yang dibuat dari kuningan itu juga menampilkan motif batik "Kawung Ece" yang berasal dari Kabupaten Garut dengan logo PON XIX/2016 yakni Kujang. Sedangkan bagian bawahnya menggunakan "kayu ruyung" yakni kayu dari pohon Kawung atau Enau. 

PON XIX 2016 sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 17-29 September 2016 mendatang. Api PON akan dibawa ke tempat upacara pembukaan PON XIX/2016 yakni di Stadion GBLA (Gelora Bandung Lautan Api) Bandung yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. I

Indramayu sendiri akan ketempatan untuk venue PON XIX 2016 yakni untuk cabang olahraga selam laut, renang perairan, dan layar yang akan dilaksanakan di Pantai Tirtamaya dan Balongan. Oleh karena itu ayo kita ramai-ramai menyaksikan PON XIX 2016 nanti di Tirtamaya dan Balongan.

0 komentar:

Post a Comment test