SMP Terbuka, Sekolah Alternatif Untuk Remaja Kurang Mampu

Friday, June 5, 2015
Workshop Pengelolaan SMP Terbuka di Dinas Pendidikan Kab. Indramayu

Sebentar lagi tahun ajaran baru akan segera datang. Orang tua biasanya sudah mempersiapkan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya. Tapi tidak sedikit anak-anak kurang beruntung karena faktor ekonomi dan letak geografis menyebabkan mereka tidak bisa sekolah seperti pada umumnya. Tapi program wajib belajar 9 tahun harus terus berjalan. 


Oleh sebab itu pemerintah melalui dinas pendidikan kabupaten Indramayu memberikan kesempatan kepada remaja berusia 12-15 tahun yang orang tuanya tidak mampu mendapatkan kesempatan yang sama memperoleh pendidikan. Demikian diungkap Ibu Hj. Kuryati Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu. 


Salah satu sekolah yang bisa menjadi andalan pembelajaran untuk siswa tidak mampu dan kendala geografis adalah SMP Terbuka. Karena SMP Terbuka memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut : 


  1. Kurikulum SMP reguler ijazah sama 
  2. Bukan unit sekolah baru 
  3. Tidak perlu membangun gedung baru 
  4. Luwes karena bisa buka dan tutup kapan saja berdasarkan kebutuhan 
  5. Proses belajar dimana saja kapan saja dengan metode apa saja. 
Saat ini Indramayu memiliki beberapa SMP Terbuka yang tersebar di berbagai kecamatan seperti di Kecamatan Indramayu, Karangampel, Gabuswetan, Kandanghaur, Haurgeulis, Kroya, Terisi dan masih banyak lagi lainnya. Kegiatan pembelajaran pun sama dengan SMP regular bahkan di beberapa tempat digabung dengan sekolah induk. 


SMP Terbuka bisa berprestasi seperti SMP regular. Bahkan ada beberapa pelajar dari SMP Terbuka mulai unjuk kemampuan di berbagai lomba seperti O2SN, OSN,  Lomojari dan lomba-lomba lainnya.  
Nah bagi Anda yang memiliki putra-putri kurang mampu bisa mendaftarkan di SMP terbuka terdekat dengan lokasi Anda dan sekolahnya tidak dipungut biaya alias gratis. Pendaftaran peserta didik masuk ke SMP Terbuka tidak seperti sekolah pada umumnya karena pendaftaran SMP Terbuka sampai tanggal 30 September 2015. 

Oleh sebab itu ayo ajak putra-putri, saudara atau keluarga Anda yang usia 12-15 tahun untuk mengikuti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di SMP Terbuka terdekat.

0 komentar:

Post a Comment test