Mitos Jumlah Makam Di Situs Makam Selawe Indramayu

Makam Selawe Indramayu
Bagi sebagian masyarakat Indramayu mungkin sudah pernah mendengar atau bahkan sudah pernah berkunjung ke situs makam Selawe. Situs makam ini sudah menjadi cagar budaya dan sejarah penting bagi Indramayu. 

Situs makam ini diberi nama Makam Selawe karena Selawe dalam bahasa Jawa artinya dua puluh lima. Makam yang terletak di Desa Sindang Indramayu ini jumlahnya ada dua puluh lima makam dan masih terawat dengan rapih.

Makam Selawe saat ini dijaga oleh seorang Jupel (Juru Pelihara) Makam Selawe yang bernama Ibu Tuti Herayati. Ibu Tuti selalu membantu para pengunjung makam Selawe yang ingin mengetahui sejarah dan cerita dari makam Selawe. 

Ada yang menarik dari makam Selawe ini, karena mitos yang berkembang dan beredar di masyarakat sekitar bahwa jika pengunjung menghitung jumlah makam di makam Selawe dan jumlahnya 25 atau lebih dari 25 maka dia akan mendapat keberuntungan. 

Tetapi jika makam tersebut dihitung dan jumlahnya kurang dari 25 maka belum menemukan keberuntungan tetapi Anda bisa mencoba menghitungnya sekali lagi, jika ternyata sudah menghitung kembali dan jumlahnya 25 atau lebih, pengunjung disarankan tidak menghitungnya lagi. 

Jumlah makam Selawe berbeda-beda antar tiap pengunjung karena sebagian makam terhalangi oleh pepohonan sehingga tidak terlihat. Selain itu biasanya terlewat menghitung karena makamnya terdiri dari beberapa baris. 

Makam ini terdiri dari petilasan Nyi Endang Darma, Pangeran Guru dan 23 murid Pangeran Guru dari Palembang. Nyi Endang Darma merupakan wanita cantik jelita yang sangat sakti mandraguna dan banyak dikagumi oleh para kaum hawa saat itu termasuk Raden Bagus Aria Wiralodra pendiri Indramayu.
Description
: Mitos Jumlah Makam Di Situs Makam Selawe Indramayu
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Mitos Jumlah Makam Di Situs Makam Selawe Indramayu

0 komentar:

Post a Comment