-->

Apakah Bisnis Berkembang Butuh Sistem ERP?

Oct 19, 2022


ERP menjadi sistem cross functional yang memang diperuntukan khusus bagi perusahaan manufaktur atau juga jasa untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasi operasional bisnis. Implementasi ERP sangat bermanfaat untuk melancarkan berbagai proses dalam perusahaan. Namun, walau sangat berguna bagi bisnis masih banyak sekali yang beranggapan bahwa sistem ERP hanya diperuntukan untuk bisnis besar.


Padahal, bisnis berkembang sekalipun dapat mengaplikasikan ERP dan merasakan manfaatnya. Setiap bisnis tentu harus mampu melakukan pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat untuk membuat bisnisnya berkembang di masa yang akan datang. Nah, sistem ERP mengakomodir kebutuhan Anda itu, baik untuk jangka pendek maupun panjang.


Elemen yang ada pada perusahaan seperti logistik, produksi, penjualan, persediaan, keuangan, SDM, dan lainnya harus dapat saling terhubung dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis berjalan optimal. Di mana semua itu bisa dijangkau dengan ERP.


Pada awalnya, ERP memang hanya berfokus pada otomatisasi fungsi back office seperti akuntansi dan keuangan, procurement, dan pergudangan, logistik, produksi, dan lainnya. Namun, saat ini ERP juga sudah masuk ke front office dengan fungsi CRM.


Penerapan ERP memungkinkan perusahaan melakukan berbagai kolaborasi baik itu antar pegawai maupun kolaborasi perusahaan dengan rekan bisnis seperti vendor.


Elemen dalam ERP

Di dalam sistem ERP terdapat tiga elemen penting yang menjadi core dari sistem ini. Pertama ada E untuk Enterprise yang merupakan perusahaan, kemudian ada R yaitu Resource yang mengacu pada sumber daya. Terakhir ada P untuk planning atau perencanaan.


Sumber daya yang dimaksud dalam ERP mengacu pada beberapa aspek penting seperti modal, aset perusahaan, serta sumber daya manusia itu sendiri. Dalam aplikasinya, ERP lebih menekannya pada perencanaan dan strategi dengan memanfaatkan teknologi yang ada.


Standarisasi Prosedur dengan Sistem ERP

Bisnis berkembang juga membutuhkan ERP karena dengan implementasi ERP dalam bisnis artinya perusahaan membuat sebuah standar prosedur. Mengapa demikian? Ini karena pengembangan ERP pada dasarnya dibuat mengikuti standar internasional yang kemudian memberikan standar prosedur bagi perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan teknologi ERP.


Perusahaan yang menerapkan ERP memiliki ritme kerja yang terstruktur dan profesional yang tentu ini dibutuhkan sekali oleh bisnis yang sedang berkembang.


Ketahui Apakah Bisnis Anda Butuh ERP atau Tidak

Mungkin Anda masih ragu atau belum mengetahui seberapa urgensinya menggunakan ERP untuk bisnis Anda. Memang penggunaannya penting tapi untuk lebih meyakinkan Anda apakah perlu menggunakan ERP atau tidak, coba lihat beberapa situasi berikut ini:


1. Proses bisnis Anda menghabiskan banyak waktu padahal pekerjaan tersebut dapat disederhanakan

2. Kurangnya akses data yang dimiliki perusahaan untuk melakukan pengambilan keputusan bisnis

3. Bisnis menggunakan banyak software dan tools dalam proses produksi yang tidak saling terkoneksi

4. Tidak terlacaknya inventaris harian perusahaan

5. Banyaknya waktu yang dihabiskan untuk mencari informasi, meningkatkan efisiensi dan produktivitas dan bagaimana mengintegrasikan perangkat untuk diukur

6. Gagalnya anggota tim untuk saling berbagi informasi atau berkolaborasi satu dengan lainnya

7. Sulitnya mengakses data dan informasi terkait dengan bisnis secara real time

8. Sulitnya untuk proaktif mengidentifikasi isu dan memperbaiki operasional

9. Sulit untuk dapat berkembang mengikuti perubahan bisnis


Jika Anda merasa list di atas adalah hal-hal yang sedang bisnis Anda rasakan, itu artinya sudah saatnya Anda mengintegrasikan bisnis Anda dengan software ERP. Beruntungnya, sekarang juga sudah tersedia ERP Indonesia yang punya rangkaian modul dan fitur mumpuni. Salah satunya itu bisa Anda temukan di RedERP yang merupakan ERP Indonesia terintegrasi dan sudah berbasis cloud sehingga data-data pun tersimpan aman. 


1 komentar on Apakah Bisnis Berkembang Butuh Sistem ERP?

  1. Terima kasih artikelnya. Sistem MRP sangat penting dalam mengelola persediaan dan produksi suatu perusahaan. Dengan memanfaatkan sistem MRP, perusahaan dapat meminimalkan biaya persediaan sambil memastikan ketersediaan bahan baku yang tepat pada saat yang tepat untuk memenuhi permintaan pelanggan. Sebagai hasilnya, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan keuntungan mereka secara keseluruhan.

    ReplyDelete