-->

Indramayu Kota Paling Bahagia di Jawa Barat

Feb 10, 2022

  

H. Takmid (Gambar cirebonraya.pikiran-rakyat.com)


Indramayu yang dikenal sebagai kota mangga, kini bertambah lagi julukannya menjadi kota paling bahagia. Ini berdasarkan hasil penilaian Indeks Pembangunan Keluarga (IBangga) yang dirilis pemerintah pusat dan provinsi yang menyatakan bahwa masyarakat Kabupaten Indramayu tercatat sebagai warga yang paling bahagia Se-provinsi Jawa Barat.


Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Disduk-P3A) Kabupaten Indramayu Bapak Takmid di Pendopo Indramayu pada Jum’at (4/2/2022) lalu, seperti dikutip dari Diskominfo Kabupaten Indramayu. 


Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Disduk-P3A) Kabupaten Indramayu menyatakan ada tiga kriteria yang menjadi poin penilaian IBangga yakni Indeks Ketentraman, Indeks Kemandirian, dan Indeks Kebahagiaan. 


Berdasarkan hasil penilaian tersebut Kabupaten Indramayu memperoleh 56,40 untuk Indeks Ketentraman, 51,27 untuk Indeks Kemandirian dan Indeks Kebahagiaan sebesar 52,76.


Jika dirata-ratakan dari ketiga indeks tersebut tercatat sebesar 53,48 dan nilai tertinggi di Jawa Barat. Hasil itu bahkan di atas nilai rata-rata IBangga Jawa Barat sendiri yaitu 52,34. Hal inilah yang membuat Kabupaten Indramayu menempati peringkat pertama IBangga dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.


Pencapaian membahagiakan ini merupakan hasil penilaian tim pemerintah pusat yang dilakukan sepanjang tahun 2021. Angka itu juga didapat dari hasil Pendataan Kependudukan (PK) yang dilaksanakan di tahun yang sama.


Setelah kabupaten Indramayu, daerah lain yang memiliki IBangga tinggi adalah Kota Banjar (53,43), Kabupaten Ciamis (53,35), Kabupaten Pangandaran (53,23), dan Kabupaten Majalengka (53,13).


Dengan pencapaian ini, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A menyatakan "Saya sangat bersyukur dan bangga... ini adalah hasil kerja keras kita semua". 


"Tidak berhenti sampai disini, masih ada pekerjaan besar yang harus kita hadapi sama-sama, salah satunya memerangi kemiskinan dan kebodohan melalui program-program yang sudah dijalankan pemerintah." tutur bupati Indramayu tersebut melalui akun Instagramnya.  


0 komentar:

Post a Comment test