-->

Muswil KIM Jawa Barat, Penuh Kekerabatan Penuh Keakraban

Dec 21, 2021

 

Muswil KIM Jawa Barat (Dok. FK KIM Indramayu)


Hari Jumat tanggal 17 Desember 2021 kami FK-KIM Kabupaten Indramayu diundang mengikuti kegiatan Musyawarah Wilayah FK-KIM (Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat) Jawa Barat di Hotel Horison Kota Tasikmalaya.  Kabupaten Indramayu sendiri diwakili oleh FK KIM Kabupaten Indramayu yakni Kang Didno dan Kang Agus. 


Acara pembukaan Musyawarah Wilayah KIM Jawa Barat dihadiri oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat, Faiz Rahman, S.STP, Asisten Administrasi Umum Pemkot Tasikmalaya Ir. H. Abu Mansyur, MSi mewakili Wali Kota Tasikmalaya, Kepala Diskominfo Kota Tasikmalaya Asep M. Permana, Ketua KIM Nusantara Yus Hartiman, ST, Pembina KIM Nusantara Prof. Manik Sunutiari, serta peserta KIM se-Jawa Barat. 


Pada kesempatan tersebut, Faiz Rahman mengatakan bahwa KIM harus pula dilibatkan dalam kebijakan publik oleh pemerintah, karena KIM memiliki nilai proximity (kedekatan langsung) dengan masyarakat sehingga penyampaian informasi bisa utuh dan segera kepada masyarakat. Oleh karena itu, melalui kegiatan Muswil tersebut ia berharap ke depan meningkatnya kolaborasi dan sinergi antara KIM dengan pemerintah.

Peserta Muswil KIM Jawa Barat


“Contoh kolaborasi, misalnya KIM membantu pemerintah dalam mensosialisasikan Omicron (varian baru Covid-19, red) yang kabarnya sudah mulai masuk ke Indonesia,” ungkap Faiz. 


Sementara, Ir. Abu Mansyur berharap KIM mampu berkolaborasi dengan pemerintah dalam hal membantu penyampaian informasi dari pemerintah kepada masyarakat. KIM merupakan stakeholder yang memiliki peran penting untuk menyampaikan secara segera informasi kepada masyarakat.


“Selain itu juga KIM juga harus berperan dalam mengurangi dan mengedukasi masyarakat tentang informasi-informasi hoaks yang beredar dengan cepat di masyarakat". 


Sementara itu Ketua Panitia Muswil yakni Deni Sonjaya yang juga Ketua Forum Komunikasi KIM Kota Tasikmalaya mengungkapkan, digelarnya Muswil dalam waktu yang sangat singkat, dilakukan sebagai ajang untuk melakukan restrukturisasi kepengurusan KIM Jawa Barat, karena Ketua KIM Jawa Barat sebelumnya, Yus Hartiman terpilih menjadi Ketua KIM Nusantara. Selain itu, sekaligus untuk menyusun program kerja KIM Jawa Barat periode 2022-2024.


Sementara itu, pada rangkaian acara pemilihan Ketua KIM Jabar, Deni Sonjaya terpilih secara aklamasi. Seluruh peserta ketua dan pengurus KIM se Jawa Barat sepakat memberikan mandat kepada Deni Sonjaya untuk memimpin KIM Jabar periode 2022-2024. 



Setelah pemilihan dibuat dua grup diskusi yang membahas tentang program kerja dan kepengurusan KIM Jawa Barat. Hasil dari diskusi tersebut kemudian diserahkan kepada Ketua KIM Jawa Barat Deni Sonjaya. 

 

Selain pemilihan pengurus KIM Jawa Barat periode 2022-2024, keesokan harinya yakni Sabtu 18 Desember 2021, peserta muswil diajak berkeliling Kota Tasikmalaya menggunakan Bus Ngulisik (Nguriling Kota Tasik). Serta diajak melihat Sekretariat KIM Kota Tasikmalaya dan Kalista (Kampung Literasi dan Sadar Tertib Arsip) kelurahan Kotabaru Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya. 



Kegiatan ini penuh kekerabatan dan keakraban jauh dari unsur ambisi untuk menguasi organisasi untuk kepentingan pribadi. Hal ini terbukti dengan melibatkan peserta yang hadir ke dalam struktur organisasi KIM Jawa Barat, dan keakraban yang terjalin walaupun hanya bertemu dalam waktu singkat. 


Berikut Susunan Pengurus FK-KIM Provinsi Jawa Barat Masa Bhakti 2022-2024 


PEMBINA : Gubernur Provinsi Jawa Barat

PENASIHAT : Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat

PENGARAH        : FK – KIM NUSANTARA


KETUA UMUM : Deni Sonjaya, S.Tex (FK KIM Kota Tasikmalaya)

WAKIL KETUA UMUM: Janur M. Bagus (FK KIM Kabupaten Garut)

SEKRETARIS : Rangga Rifaldi (FK KIM Kabupaten Cianjur)

BENDAHARA : Marini (FK KIM Kabupaten Tasikmalaya)


1. BIDANG PENGADUAN DAN HUBUNGAN MASYARAKAT

Ketua : Puji Sumaya (FK KIM Kabupaten Purwakarta)

Anggota : Budhi Taufik Ginanjar, S.H (FK KIM Kabupaten Bandung Barat)

Anggota : Rosidin (FK KIM Kota Bandung)


2. BIDANG PENGELOLAAN MEDIA MASSA DAN METRA

Ketua : Asep Mulyana (FK KIM Kota Bandung)

Anggota : Hendrayana Gunawan (FK KIM Kabupaten Garut)

Anggota : Edwandi (FK KIM Kota Bandung)


3. BIDANG DISEMINASI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SOSIAL

Ketua : Atep Kusman (FK KIM Kabupaten Bandung)

Anggota : Asti Sundari (FK KIM Kabupaten Bekasi)

Anggota : Agus (FK KIM Kabupaten Indramayu)


4. BIDANG HUKUM DAN ADVOKASI PUBLIK

Ketua : Sophan Septiana, S.H (FK KIM Kabupaten Bandung Barat)

Anggota : Lutfi Pradana (FK KIM Kabupaten Bandung Barat)

Anggota : Andang Nusa Putera S.Pd.I (FK KIM Kabupaten Pangandaran)


5. BIDANG INDUSTRI KREATIF DAN USAHA PRODUKTIF

Ketua : Didno (FK KIM Kabupaten Indramayu)

Anggota : Iman Rohiman (FK KIM Kabupaten Tasikmalaya)

Anggota : Sidik Nugraha (FK KIM Kabupaten Ciamis)


6. BIDANG KELEMBAGAAN DAN LITBANG

Ketua : Soni Abunawas (FK KIM Kabupaten Sumedang)

Anggota : Hilda Oktaviani (FK KIM Kabupaten Sukabumi)

Anggota : Ginanjar Rahmat Fauzi (FK KIM Kota Banjar)

Anggota : Robi Hermawan (FK KIM kabupaten Bogor)


7. BIDANG HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA

Ketua : Imam Satibi (FK KIM Kota Cirebon)

Anggota : Ari Arifin (FK KIM Kabupaten Sumedang)

Anggota : Dani Hamisatul Hamdan (FK KIM Kabupaten Bekasi)



0 komentar:

Post a Comment test