-->

Segera Tayang Film Dokuseries Legenda Buyut Banjar Karya Cinema Indramayu

Friday, September 18, 2020

 

Official Trailer Legenda Buyut Banjar


Legenda 41 Monyet Banjar mungkin sudah pernah mendengar ceritanya dari orang tua dulu atau secara turun temurun. Tetapi kita belum mengetahui bagaimana cerita menurut Juru Kunci Buyut Banjar Mba Raska. 


Film dokuseries atau dokumenter series ini akan membahas tentang Legenda Buyut Banjar yang menurut cerita, monyet yang ada di Komplek Pemakaman Buyut Banjar ini adalah prajurit dari Cirebon yang dipimpin oleh Pangeran Suryanegara. 


Film garapan Cinema Indramayu yang diperankan oleh Baim (Bayu Kurniawan) dan Komeng (Komara) ini melintas di situs Buyut Banjar yang ada di Desa Bulak Kecamatan Jatibarang kabupaten Indramayu.


Tetapi tiba-tiba Baim menghilang dan ada monyet yang membawa jam tangan Baim. Komeng menangis karena mengira Monyet tersebut adalah penjelmaan dari Baim. Tetapi pada saat Komeng sedang menangis datanglah seorang pria paruh baya mengenakan iket kepala menghampiri Komeng. 


Kemudian dia menanyakan kepada Komeng kenapa menangis?, tetapi lalu Komeng menceritakan kepada pria tersebut bahwa temannya hilang dan berubah menjadi monyet. Saat sedang berbincang tiba-tiba Baim datang. 


Komeng sangat senang karena Baim tidak berubah menjadi monyet. Lalu Baim menceritakan bahwa Ketika dia sedang buang air kecil, jam tangannya diambil oleh monyet dan dibawa pergi. Karena Baim sudah kenal dengan Mbah Raska maka dia memperkenalkan kepada Komeng. 


Setelah itu keduanya meminta penjelasan bagaimana asal-usul 41 Monyet Banjar kepada mbah Raska. Setelah mendapatkan penjelasan panjang lebar dari Mbah Raska keduanya masih penasaran dengan asul-usul prajurit yang berubah jadi monyet tersebut. 


Akhirnya kedua sahabat karib tersebut menemui Sejarawan yakni Dr. Tendi dari Bongas untuk mencari tahu cerita 41 Monyet Banjar tersebut dari kacamata Sejarawan. Di sini Dr. Tendi menjelaskan bahwa cerita manusia yang berubah menjadi monyet bukan hanya ada di Desa Bulak Jatibarang saja tetapi ada di beberapa daerah seperti di Cirebon ada Monyet di Kalijaga, dan Plangon. 


Cerita manusia dikutuk menjadi kera juga sebenarnya sudah ada sejak zaman Nabi Musa A.S. Saat itu kaum Bani Israil menjadikan hari Sabtu sebagai hari Istimewa. Kaum Bani Israil berada di rumahnya masing-masing, mereka khusyuk menjalankan ibadah. 




Tetapi pada hari Sabtu tersebut banyak ikan besar dan kecil bermunculan ke permukaan laut. Sehingga mereka meninggalkan peribadahan mereka dan pada hari Sabtu tersebut dihabiskan untuk memancing atau menangkap ikan sehingga mereka lalai terhadap perintah Allah. Kemudian, Allah menimpakan azab kepada mereka. Kaum Bani Israil yang menangkap ikan pada hari sabtu dikutuk oleh Allah. Wajah mereka berubah menjadi kera.


Penasaran dengan keseruan tentang cerita Legenda Buyut Banjar tersebut, jangan lupa saksikan Film Dokuseriesnya di channel Youtube Cinema Indramayu hari Senin 21 September 2020 Pukul 19.00 WIB


Kali ini sudah dilengkapi dengan gambar-gambar ilustrasi yang menarik yang membuat channel Cinema Indramayu berbeda dengan yang lain. Karena Cinema Indramayu ingin mewarnai Indramayu dengan sudut pandang sebuah film dan memiliki misi memperkenalkan tradisi, kesenian, budaya, dan tokoh-tokoh dari Indramayu. 


Bagi Anda yang penasaran silakan lihat dulu Official Trailer Legenda Buyut Banjar karya Cinema Indramayu dengan sutradara Fatria Iman Nissa.  



Silakan tonton film Legenda Buyut Banjar Karya CINEMA INDRAMAYU

 

0 komentar:

Post a Comment test