-->

Atlet-atlet Asal Indramayu yang Meraih Medali di SEA Games 2019 Philipina

Monday, December 9, 2019
Lena, Dini dan Leni (Dok. IG Leni) 

SEA Games 2019 yang berlangsung sejak tanggal 30 Nopember 2019 lalu dan dibuka secara langsung oleh Presiden Philipina Rodrigo Duterte, akan segera berakhir pada tanggal 11 Desember 2019 mendatang. 


Ratusan medali sudah dibagikan kepada atlet dari berbagai negara di Asia Tenggara tersebut, termasuk medali untuk Indonesia. Dari 841 atlet Indonesia yang dikirim ke Philipina, ternyata ada beberapa atlet yang merupakan kelahiran atau berasal dari Indramayu dan meraih medali. 


Berikut atlet-atlet asal Indramayu yang meraih medali di Sea Games 2019 Philipina :

Susanto Megaranto (Dok. FB Sedulur Indramayu)

1. GM Susanto Megaranto – Medali Emas di cabang Catur kilat putra. Dia mengalahkan pecatur asal Vietnam, Le Quang Liem, yang hanya mengumpulkan 5 poin. 

Susanto berasal dari Desa Tempel Kecamatan Lelea. Sejak usia 10 tahun itu seusai pulang sekolah selalu merengek pada bapaknya ingin bermain catur. Bapaknya sudah dikalahkan, tetangga sekitar juga sudah dikalahkan. 

Bapaknya yang berprofesi sebagai seorang tempuran (jual beli gabah) akhirnya membonceng anaknya keliling desa menggunakan sepeda. Tidak ada tujuan lain kecuali mencari tukang catur untuk bermain dengan anaknya. 

Setiap kerumunan orang yang bermain catur di situ pula anaknya memainkan bidak-bidak catur menghadapi orang dewasa. Di warung kopi, warung nasi lengko, di pangkalan ojeg motor atau perempatan lainnya. Sampai akhirnya ia bertanding di tingkat kabupaten dan menang untuk kelompok umur (KU) 7-10 tahun. Dia diasah oleh pembina catur dari Percasi Indramayu, yakni Mas Dadi atau Hadi Prabowo Muhtady. 

Selepas itu dia mulai merambah kejuaraan catur di tingkat provinsi, hingga tingkat nasional, Asia Tenggara, Asia, dan Internasional. Bahkan GM Utut Adianto ikut memolesnya, hingga menarik dia ke Sekolah Catur miliknya. Dia pun kemudian meraih tingkatan pecatur Indonesia dengan elo rating tertinggi. Gelar GM (Grand Master) juga disandang seperti menggantikan posisi Utut. (Dikutip dari Supali Kasim). 

Lena dan Leni (Dok. FB Sedulur Indramayu)

2. Lena & Leni – Medali Perak (Sepak Takraw Puteri). Kedua atlet asal Tukdana Indramayu ini tergabung dalam tim Sepak Takraw Puteri yang diperkuat oleh Dini Sari, Asmira, Lena, Leni, Nuryanti dan Rahmawati Evana mengumpulkan total poin 660 di bawah atlet sepak takraw dari tuan rumah Philipina yang unggul 10 poin. 


Wawan Saputra (Dok. FB Sedulur Indramayu)


3. Wawan Saputra – 2 Perunggu (Taekwondo Freestyle Poomsae Individual Putra & Taekwondo Freestyle Mixed Team). Atlet Taekwondo ini berasal dari Kertasemaya Indramayu. 


Muhammad Ibnu (Dok. FB Sedulur Indramayu)

4. Muhammad Ibnu - Perunggu (Taekwondo Frestyle Mixed Team) Atlet asal Lelea Indramayu ini berhasil meraih medali perunggu bersama dengan atlet Taekwondo lainnya yakni Wawan Saputra dari Kertasemaya, Abdul Rahman Darwin, Melinda Evelyna, dan Ruhil.    

Itulah atlet-atlet asal Indramayu yang meraih medali di perhelatan Sea Games 2019 di Phipilina.

1 komentar on Atlet-atlet Asal Indramayu yang Meraih Medali di SEA Games 2019 Philipina