Seminar Literasi Digital Digelar Serentak di Indramayu

Wednesday, October 9, 2019
Seminar Literasi Digital

Hari ini teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) sudah menjadi bagian dari keseharian anak muda baik di perkotaan maupun pedesaan. Meski demikian, masih ada keragaman dalam penggunaan perangkat TIK oleh anak muda terutama jika dikaitkan dengan pemanfaatan untuk hal-hal yang produktif, misalnya memanfaatkan media sosial untuk mendukung pekerjaan selain media ekspresi diri kita sendiri. 

Sebagian yang lain sudah cukup fasih menggunakan perangkat TIK, tapi tidak sedikit pula yang belum cakap dalam memilah informasi, misalnya dalam membedakan berita dan bukan berita (hoax atau fake news). Meski tidak sedikit dari kita yang sudah mahir dalam penggunaan perangkat TIK, namun kita perlu memaksimalkan kemampuan itu untuk mendukung peningkatan produktivitas dan kesejahteraan.

Sejalan dengan itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan enam Literasi Dasar yang harus dikuasai. Literasi Digital menjadi bagian dari literasi dasar tersebut selain literasi lainnya seperti literasi baca-tulis, numerasi, sains, finansial, serta literasi budaya dan kewargaan. Literasi digital tidak hanya mencakup keterampilan praktikal dan fungsional, tapi juga kompetensi lainnya seperti kemampuan berpikir kritis, keamanan digital, pemahaman sosial dan budaya, kolaborasi, kemampuan memilih informasi, komunikasi yang efektif dan kreativitas. 

OXFAM bekerjasama dengan ICT Watch dan Relawan TIK bermaksud untuk mengadakan pelatihan bagi anak muda agar dapat menguasai literasi digital ini khususnya dalam rangka meningkatkan kemampuan menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga dapat mendukung kesempatan kerja anak muda. Pelatihan ini ini disusun untuk mengajak dan mendorong anak muda memahami seluk beluk perangkat-perangkat TIK sehingga mampu menjadi pengguna yang terampil dan bijaksana. Pelatihan ini juga diharapkan bisa memberi pandangan tentang pemanfaatan perangkat yang sesuai untuk mendukung anak muda menjadi lebih aktif berkarya dan berdaya secara ekonomi. 

Dalam rangka ini kami akan melaksanakan rangkaian kegiatan seminar dan pelatihan-pelatihan yang nantinya akan menjadi bekal buat anak muda pada saat memasuki dunia kerja. 

Tujuan dari kegiatan Seminar dan Pelatihan bagi Anak Muda di Kabupaten Indramayu adalah sebagai berikut: 
1. Meningkatkan kapasitas para anak muda di Kabupaten Indramayu dalam hal pemanfaatan perangkat TIK dan literasi digital sehingga mampu menjadi pengguna yang terampil dan bijaksana 
2. Mempersiapkan keterampilan para anak muda dalam memanfaatkan media sosial dan perangkat TIK lainnya untuk mendukung anak muda menjadi lebih aktif berkarya dan berdaya secara ekonomi.

Waktu dan Lokasi Kegiatan 
Kegiatan Seminar ini akan dilaksanakan serentak di 3 tempat di Indramayu yakni pada : 
Hari, Tanggal : Sabtu, 12 Oktober 2019 
Waktu : 08.00 – 13.00 WIB 
Lokasi Indramayu Barat 

SMK BBM Kandanghaur Indramayu Jl. Karangmulya – Rancahan Desa Wirakanan Kec. Kandanghaur 

Pendaftaran : 081222051524




Lokasi Indramayu Kota  
SMK Negeri 2 Indramayu Jl. Raya Pabean Udik Kecamatan Indramayu 
Pendaftaran : 082111019706 dan 08324426159 


Lokasi Indramayu Timur 
Gedung Serba Guna Tunas Muda Tegalurung 
Pendaftaran : Haris 082118116116

Setelah Seminar, akan ditentukan jadwal pelatihan lebih lanjut. Adapun pelatihan yang akan disediakan antara lain: 
- Pelatihan Blogging 
- Pelatihan Desain Grafis (CorelDraw, Photoshop, dll) 
- Pelatihan Microsoft Office dan Etika Penulisan Email 
- Pelatihan Pemanfaatan Sosial Media untuk Jual Beli Online 
- Pelatihan Pembuatan Website sederhana 

Peserta Peserta seminar serta pelatihan ini adalah anak-anak muda di Indramayu yang berusia 15 – 29 tahun yang tertarik untuk meningkatkan kapasitas dirinya dalam pemanfaatan perangkat TIK dan literasi digital.

0 komentar:

Post a Comment test