Mengenal Pertalite, Bensin Baru Dari Balongan

Thursday, April 30, 2015
Pertamina Balongan Indramayu (Gambar Majalah Detik)

Bulan Mei 2015 ini rencananya PT Pertamina akan mengeluarkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru bernama Pertalite. BBM Jenis baru ini mengandung kadar oktan antara RON 90. Bahan baku Pertalite adalah naphta dan HOMC (High Octane Mogas Component). BBM jenis ini akan diperkenalkan pertama kali di Jakarta. 

Tapi siapa sangka ternyata jenis BBM baru ini diproduksi di Kilang Langit Biru yang ada di Balongan Indramayu. HOMC (High Octane Mogas Component) atau biang oktan tinggi ini akan dicampur dengan bensin ber oktan rendah di Kilang Balongan yang memiliki kemampuan memproduksi RON 92.

Pertalite sebenarnya bukan untuk menggantikan Premium seperti yang sempat ramai diberitakan beberapa minggu terakhir. Pertamina masih akan memproduksi BBM RON 88 atau Premium di kilang minyak Cilacap. 

Indonesia sudah waktunya meninggalkan BBM dengan kadar oktan rendah. Dengan oktan di atas RON 90, secara teori memiliki emisi yang lebih ramah lingkungan. Dengan menggunakan Pertalite atau BBM yang kadar oktannya lebih tinggi dari Premium, mesin kendaraan seperti mobil dan sepeda motor diharapkan menjadi lebih bagus, dan penggunaan bahar bakar lebih efisien. 

Produk BBM terbaru dari Pertamina ini juga akan ditambahkan beberapa bahan adikif dan pewarna hingga kualiasnya lebih baik dibandingkan premium. Jadi tenaga kendaraan yang dihasilkan setelah menggunakan produk ini akan lebih enteng. 

Pertalite yang nantinya akan dijual di wilayah Jawa, Madura, dan Bali. Sementara untuk daerah lain akan menyusul. Tetapi Pertalite bisa saja tertahan jika tidak disetujui oleh DPR (Dewan Perwakilan Rakyat).

0 komentar:

Post a Comment test