Obyek Wisata Menarik Di Indramayu

Tuesday, December 30, 2014
Pemandangan Pulau Biawak

Kabupaten Indramayu tidak boleh dipandang sebelah mata dalam hal pariwisata. Indramayu mempunyai obyek wisata menarik tetapi biasanya hanya terkenal saat lebaran saja, karena banyak televisi dan media online yang menginformasikan kepadatan lalu lintas di jalur pantura (Pantai Utara) Indramayu. 


Indramayu sebenarnya memiliki potensi obyek wisata yang menarik dari pemandangan alam seperti pantai, situ dan pulau, hingga wisata buatan seperti kolam renang atau sarana hiburan serta wisata sejarah. Informasi ini mungkin sangat bermanfaat saat mengisi liburan di Indramayu. 


Berikut Obyek Wisata Menarik di Indramayu :

  1. Pantai Tirtamaya. Salah satu pantai yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan sejak dulu, selain sebagian pemandian yang aman juga mempunyai panorama yang indah terutama pada saat matahari terbit dan terbenam di pantai ini terletak di Juntinyuat ini. 
  2. Pantai Balongan. Pantai Balongan Indah ini terletak di Kecamatan Balongan dengan pemandangan pantai yang luas serta Anda bisa menikmati matahari terbit dan terbenam. Di Pantai ini sudah tersedia berbagai tempat pemandian untuk wisatawan yang habis berenang.
  3. Pantai Karangsong. Pantai ini letaknya tidak jauh dari TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Karang Song. Pantai ini sangat indah pada saat pagi dan sore hari. 
  4. Pantai Lemah Abang Eretan. Walaupun pantai ini sudah dikelilingi oleh batu penahan ombak tetapi lokasinya sangat mudah dijangkau dari jalur Pantai Utara. 
  5. Pantai PLTU Sumur Adem. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal sambil melihat dari dekat Pembangkit Listrik Tenaga Uap Sumur Adem. 
  6. Wisata Mangrove Karangsong. Indramayu ternyata memiliki keindahan wisata alam mangrove atau hutan bakau yang lokasinya berdekatan dengan obyek wisata Pantai Karangsong. 
  7. Pulau Biawak. Pulau ini bisa ditempuh dengan perahu nelayan sekitar 4 -5 jam, kecuali menggunakan perahu cepat yang bisa ditempuh sekitar 2 jam. Pulau Biawak sebagai objek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri. Pasir putih, tanaman bakau dan mangrove yang cukup lengkap jenisnya, koloni biawak dan menara mercusuar yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872 mempunyai daya tarik historis terutama bagi wisatawan yang tertarik dengan bangunan-bangunan kuno. Aktivitas rekreasi yang dapat di lakukan di Pulau Biawak ini adalah selam, mancing, snorkeling dan wisata petualangan. Pulau biawak mempunyai luas 120 ha terletak 40 km sebelah utara Kota Indramayu yang dapat di jangkau dengan perahu nelayan. Selain pulau biawak ada pulau Gosong yang berada di sekitar Pulau Biawak. 
  8. Bojongsari (Foto Zonalibur.com)
  9. Situ Bojong Sari. Merupakan lokasi wisata yang ada di pusat kota Indramayu yang mempunyai luas 6,5 ha. Situ ini memiliki luas permukaan air ± 6ha yang di lengkapi dengan sarana wisata air seperti water boom, sepeda air, perahu wisata dan olah raga dayung. situ bojong sari ini juga cocok untuk aktivitas mancing dan berkemah. 
  10. Situ Bolang. Situ ini terletak di desa Jatisura Kecamatan cikedung ± 20 km dari kota Indramayu dan Situ bolang ini merupakan salah satu wisata alternatif dengan suasana nyaman dan tenang yang di dukung nuansa pedesaan dengan panorama pesawahan dan pepohonan, memiliki luas 74 hektar. 
  11. Situ Brahim. Situ memang tidak terlalu luas yang terletak di desa Babadan Kecamatan Sindang. 
  12. Waduk Cipancuh. Waduk atau bendungan air ini yang terletak di Desa Cipancuh Kecamatan Haurgeulis. Waduk ini digunakan untuk mengairi pesawahan yang ada di sekitarnya. 
  13. Banjar. Objek wisata ini terletak di desa bulak Kecamatan jatibarang sekitar 17 km dari kota Indramayu dan objek ini banyak di kunjungi wisatawan karena keunikannya yaitu terdapat koloni kera yang sejak jaman dahulu hingga sekarang berjumlah 41 ekor. 
  14. Wisata Agro Cemara. Sebagai daerah yang banyak hutan kayu putih Kabupaten Indramayu memiliki obyek Wisata Agro yang menarik yang terletak di Kecamatan Cikedung, di mana dapat di lihat mulai dari proses penanaman, pemeliharaan sampai produksi kayu putih berupa minyak kayu putih. Wisata agro lainnya di Desa Cemara Kecamatan Losarang dan Desa Cangkring. 
  15. Situs Makam Raden Arya Wiralodra. Raden Arya Wiralodra merupakan pendiri kota Indramayu. Makam wiralodra ini terletak di Desa Sindang (lapangan krapyak) Kecamatan Sindang kurang lebih 500 m sebelah barat Pendopo Kabupaten Indramayu. 
  16. Situs Makam Selawe. Situs ini terletak di Desa Dermayu Kecamatan Sindang sekitar 1 km dari pusat kota Indramayu. Di makam selawe tersebut terdapat makam Pangeran Guru dari Palembang, salah seorang penantang Nyi Endang Darma juga 24 makam muridnya. Maka makam ini dinamakan makam selawe atau dua puluh lima. 
  17. Situs Makam Buyut Tambi. Situs makam ini berada di Desa Tambi Kecamatan Sliyeg. sekitar 20 km dari kota Indramayu. Di Makam ini sering diadakan acara rutin seperti Ngunjung. 
  18. Wisata Rohani Ma’had Al Zaytun. Al Zaytun adalah sebuah Pesantren Modern terbesar dan termegah di Asia Tenggara dengan luas keseluruhan komplek Pesantren tersebut sekitar 1.200 hektar, terletak di Desa Mekar Jaya Kecamatan Gantar Kabupaten Indrarmayu, Pondok Pesantren Terpadu tersebut menjadi pusat pendidikan dan pengembangan budaya dan berwawasan lingkungan. 
  19. Alun-alun. Merupakan Pusat Kota atau biasa disebut Alun-alun, sekaligus sebagai pusat penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan pada sore hari dan hari libur kawasan ini menjadi ramai oleh pengunjung dan pedagang yang ada di sekitarnya. 
  20. Masjid Agung Indramayu. Masjid ini merupakan karya arsitek beretnis China dimana Masjid Agung ini terletak di pusat Kota berdampingan dengan Pusat Pemerintahan/ Pendopo Indramayu. 
  21. Kilang Minyak Balongan. Merupakan sumber minyak dan gas yang terletak + 6 KM dari pusat kota Indramayu, yang dikelola oleh Pertamina UP VI. Sebagai tempat proses pengolahan minyak mentah menjadi bensin, solar, minyak tanah dan lainnya adalah merupakan daya tarik untuk melakukan wisata Iptek (Ilmu Pengetahuan & Teknologi) ke Indramayu. 
  22. Taman Cimanuk Indramayu. Taman ini baru diresmikan beberapa waktu yang lalu. Letaknya di jalan Veteran atau di belakang Masjid Agung Indramayu. 
  23. Pantai Glayem. Pantai ini cukup landai dan sering digunakan untuk bermain pasir pantai. Menariknya lagi di Pantai ini terdapat beberapa rumah makan dengan masakan ikan lautnya yang enak. 

12 komentar for Obyek Wisata Menarik Di Indramayu:

  1. beberapa minggu lagi saya akan kunjungi semua tempat wisata tersebut

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini EXPLORE INDONESIA

    ReplyDelete
  3. indramayu punya brad..

    www.novitadewi.esy.es

    ReplyDelete
  4. Nonton Film Streaming Captain America Civil War

    http://nontonbareng.tv/captain-america-civil-war-2016/

    Nonton Film Online Subtitle Indonesia Terbaru Download Film Gratis Nonton Movie Serial Tv Drama Korea

    ReplyDelete
  5. Apakah benar indramayu itu kota wisata? Atau hanya sebuah pencitraan? Temukan faktanya disini >> gerakanbalonganmandiri.blogspot.co.id/2016/05/indramayu-kota-wisata-mustahil.html

    ReplyDelete
  6. yo mari kita jadikan Indramayu Top sebagai kota wisata :D

    ReplyDelete
  7. Saatnya tunjukan pada dunia, indramyu

    ReplyDelete
  8. Di pulau biawak ada tempat sewa untuk alat-alat snorkling gak ya?

    ReplyDelete