Solihin, Pemuda yang Geluti Profesi Pencipta Lagu Tarling

Sunday, April 14, 2019
Solihin Pencipta lagu tarling (Gambar Dana Studio)

Nama pemuda ini adalah Solihin tetapi mungkin belum banyak yang mengenalnya. Karena profesi dia sehari-hari sebagai karyawan di salah satu mini market Oop di bilangan Desa Cilegeh Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu. 

Nama beken Solihin di dunia musik adalah Lee Hien. Pemuda kelahiran Indramayu 14 Januari 1999 ini berasal dari Blok Pilang Sari Desa Sukamelang Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu. Dia  sudah menyukai lagu tarling sejak kecil tetapi mulai menciptakan lagu sejak tahun 2018 lalu.

Lee Hien sudah menciptakan 5 buah lagu tarling. Lagu ciptaan Lee Hien yang sudah dirilis ke publik melalui channel Youtube adalah Ireng-ireng Gula Biyek, dan Ngintip Sing Longan yang dinyanyikan oleh Erna Dilanika bekerjasama dengan Dana Studio. Sedangkan kedua lagu tarlingnya yang sedang dipersiapkan adalah Kridit Pupur dan Dikebuli Menyan yang akan dinyanyikan oleh Desi Viola Anjani. 
Selain lagu Ireng-ireng Gula Biyek, Lee Hien juga menciptakan lagu Demene Uwik Uwik yang dinyanyikan oleh Lia Andrea yang sedang dibuat video klipnya tetapi sudah dipromosikan di stasiun televisi lokal Radar Cirebon. Lagu ini diprediksi akan hits karena lirik dan nadanya menarik untuk dinikmati sambil bergoyang. 

Dia mendapat inspirasi untuk menciptakan lagu tarling berdasarkan pengalaman dia sendiri, rekan-rekan atau orang yang ada di sekitarnya. Kemudian menulis liriknya dan arransemennya dibantu oleh Herry Berbobot.


Lee Hien sering tampil menyanyi lagu tarling bersama beberapa musisi tarling ternama pantura seperti Dian Anic dan lain-lain. Dia merasa dirinya punya talenta dan senang menciptakan lagu-lagu tarling karena ingin melestarikan lagu tarling yang merupakan musik asli dari Indramayu.


Semoga Solihin semakin sukses menciptakan lagu tarling dan bisa menggantikan legenda tarling Indramayu seperti Yoyo Suwaryo. Semoga lagunya bisa dinikmati oleh penggemarnya yang bukan hanya di Indramayu dan Cirebon saja tetapi dari daerah lain seperti Brebes, Tegal, Majalengka dan lain-lain termasuk mereka yang sedang bekerja di daerah lain atau di luar negeri.

Bagi musisi yang ingin lagu-lagu tarling ciptaan dari Lee Hien silakan hubungi langsung penciptanya di nomor teleponnya 083823746909. 

0 komentar:

Post a Comment test