Serunya Acara Launching Laptop ASUS ZenBook 13/14/15

Tuesday, January 29, 2019
Acara peluncuran ASUS ZenBook 13/14/15 (Dok. Didno)

Kebahagian seorang blogger itu banyak, seperti tulisan atau artikelnya banyak dibaca orang, tulisannya bermanfaat bagi banyak orang, banyak dikenal orang walaupun belum bertemu, bisa menang lomba blog, dan yang paling menyenangkan tentu bertemu dengan blogger lain di suatu acara. 

Beruntung saya (Blogger dari Indramayu) dan rekan-rekan blogger yang tergabung dalam BLUS (Blogger ASUS) sering mendapatkan undangan acara launching laptop dan smartphone baik saat launching di Jakarta ataupun luar Jakarta seperti di Bali beberapa waktu yang lalu.

Naik kereta api dari Stasiun Haurgeulis menuju ke Stasiun Gambir Jakarta (Dok. Didno)

Saya menjadi salah satu blogger yang beruntung mendapat kesempatan langka dan suatu kehormatan sering mendapatkan undangan tersebut. Betapa tidak, salah satu brand laptop dan smartphone ternama di Indonesia dan dunia sering mengundang blogger bukan hanya blogger kota tetapi juga blogger desa seperti saya. 

Masalah fasilitas jangan ditanya, ASUS merupakan brand yang paling royal memberikan perhatian lebih kepada blogger. Jangankan saya yang hanya hanya menggunakan tiket kereta tetapi rekan-rekan yang berasal dari berbagai daerah seperti Aceh, Pekanbaru, Palembang, Yogyakarta, Semarang, Balikpapan, Malang, Surabaya, bahkan dari Makasarpun difasilitasi oleh ASUS dengan menggunakan pesawat terbang. 

Mendapat snack box saat tiba di Stasiun Gambir (Dok. Didno)

Selain tiket pesawat atau kereta api, rekan-rekan blogger yang diundang juga dilayani dengan baik oleh ASUS Indonesia dari mulai penjemputan, penginapan di hotel, makan dan pengantaran dari dan ke bandara atau stasiunpun semua disediakan oleh ASUS. 

Tanggal 16 Januari 2019 lalu kami sudah disediakan kamar untuk menginap di Hotel Pullman Central Park Jakarta. Ini tidak lain agar para blogger tidak ketinggalan saat acara launching laptop paling tipis di dunia yakni ZenBook 13/14/15 yang mengusung tema "Unleash Your Creative Vision". 

Lunch Box saat tiba di Hotel Pullman (Dok. Didno)
Saat tiba di hotel kami sudah disedikan oleh pihak panitia berupa Lunch Box. Sambil menunggu kamar yang sudah dibersihkan kami bertemu dengan rekan-rekan blogger dari Pekan Baru seperti mas Arief, Elvina, Febri, Putera dan lain-lain. 

Setelah rombongan pertama, datang rombongan lain yang tiba melalui bandara Soekarno Hatta menambah heboh suasana, seperti mba Uniek, Asmari, Freddy, Katerina, Dian Radiata, Bram Kurniawan dan lain-lain. Kebiasaan BLUS saat ketemu pasti foto bersama termasuk dengan panitia dari ASUS seperti mba Marissa dan mba Atma. 
  
Foto bareng BLUS saat akan chek in ke hotel Pullman (Foto Katerina)

Urusan makan, jangan khawatir kalau yang mengundangnya brand ASUS pasti tidak akan mengecewakan apalagi makan pagi atau makan malam di Hotel Pullman Central Park Jakarta berbagai jenis makanan semuanya tersedia dari mulai makanan Indonesia, Eropa, Asia dan lainnya. 

Dari mulai datang kami sudah disediakan makanan dari snack, makan siang dan makan malam. Saya kebetulan menginap sekamar dengan Suma seorang Youtuber dari Bali dengan channelnya Tech Suma yang membahas smartphone dan gadget. 

ASUS ZenBook 15

Sebelum makan malam saya bersama rekan-rekan blogger ASUS diberi kesempatan lebih dulu mencicipi laptop ASUS ZenBook yang akan diluncurkan besok, tetapi belum bisa menyebutkan spesifikasi dan harga sebelum diperkenalkan oleh pihak ASUS. Kami hanya boleh mengunggah gambar tersebut ke media sosial tetapi tidak menyebutkan harga dan spesifikasinya. 

Hal menarik dari kumpul bersama dengan Blogger ASUS adalah tukar menukar makanan khas dari daerah masing-masing. Makanan tersebut lalu dikumpulkan dan makan bareng bareng rekan-rekan BLUS di kamar hotel. 

Berbagai makanan dari rekan-rekan BLUS

Saat kembali ke kamar saya sempat ngobrol dengan Youtuber asal Bali tersebut. Dan saya bisa belajar dan bertukar pikiran tentang ide-ide selama menjadi Youtuber. Salah satunya adalah menginsipirasi saya adalah agar konsen pada satu niche yakni gadget dan teknologi. 

Selain itu dia memberikan saran review gadget dan teknologi dengan cara membeli secara patungan dengan rekan Youtuber yang hobi review gadget karena biayanya bisa lebih murah dan bisa menjadi beberapa sesi untuk diunggah ke Youtube. 

Menu makan malam (Dok. Didno)

Setelah itu tiba waktunya makan malam bersama rekan-rekan di restaurant Hotel Pullman. Kalau lihat makanan disini rasanya ingin dicoba dan disantap semua tetapi apa daya tidak tertampung ke dalam perut ini. 

Selepas makan malam acaranya adalah acara bebas, ada yang belanja ke mall, ada yang meneruskan jeprat-jepret laptop, bahkan ada yang langsung istirahat karena melakukan perjalanan jauh. Saya dan rekan-rekan blogger lain memilih ikutan karaokean tapi no drug no alkohol loh.  

Menikmati keindahan kota Jakarta di malam hari (Dok. Didno)

Keesokkan hari, saya dan rekan-rekan blogger sarapan pagi di restoran lagi, dan sudah pasti makannya berlama-lama karena makanannya berlimpah ruah. Tetapi sebagai blogger yang tidak kemaruk makannya secukupnya saja. 

Selepas makan kami langsung mencoba laptop yang semalam dipinjam oleh rekan-rekan. Saya mengambil beberapa foto dan video untuk konten di Youtube. Karena laptopnya hanya satu unit maka bergantian untuk ambil foto dan videonya. 

Merasakan Laptop ASUS ZenBook 15 (Dok. Didno)

Puas foto-foto dengan si ramping, saya dan rekan-rekan kembali ke kamarnya masing-masing untuk persiapan acara launching ASUS ZenBook. Dress code yang disarankan oleh panitia sebenarnya bebas tetapi dari rekan blogger ada yang menyarankan dress code yang ada warna merah-merahnya untuk membedakan dengan yang lain. 

Selepas shalat duhur acara launching sudah dibuka, kami dan blogger yang dari luar daerah atau Blogger Outskirt langsung masuk ke lokasi acara hanya dengan menunjukkan kartu khusus yang sudah diberikan sejak malam sebelum acara launching dan discanner saja. Setelah itu diberi nomor untuk goodie bag dan nama kita tercatat dalam sistem untuk mendapatkan doorprize berupa smartphone dan ASUS ZenBook 13 yang baru dilaunching. 

Sebelum acara, undangan baik blogger ASUS, Blogger Jabodetabek yang mendaftar di mba Katerina, Youtuber dari berbagai daerah, wartawan baik online dan offline dari berbagai daerah di Indonesia serta undangan khusus dealer ASUS pun mengikuti acara launching ini menikmati makan siang yang disediakan di foyer Ballroom.

Foto bareng Kang Arul (Dok. Kang Arul)

Selama makan siang, saya bertemu dengan rekan-rekan blogger yang sudah lama tidak bersua, seperti Amril Taufik Gobel, Bang Aswi, Dzulfikar, Kang Arul, Hendra Gunawan, mba Yayat, Sumarti Saelan, Dede, Icha, Imawan Anshari, Primahapsari dan blogger lain-lainnya. 

Setelah makan siang, undangan dipersilakan untuk masuk ke ruangan sambil melihat-lihat produk ASUS dari beberapa tahun yang lalu, dan tentu saja laptop ASUS ZenBook terbaru yang akan diluncurkan. Para undangan bisa melihat secara langsung spesifikasi dan fitur dari laptop paling tipis tersebut.

Jessica William MC Event ASUS (Dok. Didno)

Tidak berapa lama, undangan dipersilahkan memasuk ke ruangan ballroom untuk mengikuti launching ASUS ZenBook 13/14/15. Setelah undangan duduk di ruangan kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh Master of Ceremony langganan ASUS Jessica William. 

Selepas pembuka, acara dilanjutkan dengan penjelasan dari Jimmy Lin ASUS South East Asia Regional Director mengenai ASUS ZenBook 13 yang memiliki ukuran lebih kecil dari ukuran kertas A4. Selain itu ukurannya lebih tipis dari laptop kompetitor. Laptop ASUS ZenBook 13 dikeluarkan dari amplop warna coklat yang membuat seluruh undangan terpesona dan langsung disambut tepuk tangan dari hadirin.

Jimmy Lim sedang memerkenalkan ASUS ZenBook 13/14/15 (Dok. Didno)

Setelah penjelasan Jimmy Lin, acara dilanjutkan dengan peragaan busana karya Sebastian Gunawan. Rancangan busana Sebastian Gunawan terlihat menarik dan elegan ditambah lagi saat peragawati tersebut membawa tas yang di dalamnya terdapat ASUS ZenBook 13. 

Davina Larissa, PC Product Marketing ASUS Indonesia yang menjelaskan tentang filosofi ASUS ZenBook. Ada 4 tahapan sebelum membuat produk ZenBook yakni Discover Context, Define Scope, Develop Ways, dan Deliver Value.

Davina Larissa (Dok. ASUS Indonesia)

ZenBook selalu menghadirkan laptop yang powerfull, balance and beauty. Zen sendiri merupakan unsur air yang memiliki makna kedamaian. ZenBook selalu menghadirkan inovasi-inovasi terbaru pada produknya. 

Salah satu inovasinya adalah menggunakan desain Ergolift yang membuat laptop akan terangkat dengan sendirinya saat laptop dibuka, selain untuk kenyamanan saat mengetik juga memberikan ruang pada bagian bawah untuk sirkulasi udara dan suara yang lebih menggema. 

Desain Ergolift (Dok. Didno)

Setelah penjelasan dari Davina, acara dilanjutkan dengan presentasi dari Jonas Chen, Country Product Manager ASUS Indonesia yang menjelaskan tentang ASUS ZenBook 13/14/15. ASUS ZenBook 13 memiliki berat hanya 1,19kg, dengan ukuran lebih kecil dari kertas A4, memiliki layar yang frameless, dan resolusi layar FHD 1920x1080 piksel. 

Zenbook terbaru dilengkapi dengan komponen yang ringkas maka tidak heran jika ukuran laptop ini sangat tipis. Dimana ukuran motherboardnya hanya seukuran 3 kartu kredit. Prosesornya sudah menggunakan Intel Core i7 generasi ke-8 yang powerfull. Sedangkan grafisnya menggunakan NVidia MX150/GTX 1050 (Max Q). 

Kemampuan konektivitas ZenBook sudah menggunakan MU-MIMO Wifi yang bisa memiliki kecepatan hingga 1.734 Mbps. Sementara itu speaker yang digunakan sudah menggunakan Harman/Kardon untuk suara yang lebih jelas dan jernih. Komponen lain seperti kipas memiliki ukuran yang kecil sehingga laptop Zenbook juga berukuran sangat tipis dan suaranya senyap. 

Baterainya diklaim bisa bertahan selama 16 jam penggunaan secara normal. Selain itu ukuran webcam yang disematkan pada ZenBook 13/14/15 sangat tipis sehingga membuat bezel laptop ini minimalis dan penempatan di atas sangat sesuai bagi mereka yang sering digunakan untuk video call, atau keperluan lainnya.

Fitur Numberpad pada ASUS ZenBook 13 (Dok. Didno)

Inovasi terbaru dari ASUS ZenBook adalah memiliki numberpad yang dapat digunakan untuk mengetik angka dengan cepat hanya dengan menekan ikon yang ada pada bagian pojok sebelah kanan. Hanya membutuhkan waktu satu detik untuk memunculkan dan menghilangkannya. NumberPad tetap bisa digunakan untuk trackpad biasa. 

ASUS ZenBook terbaru memiliki sertifikat Military Grade Realibility MIL-STD 810G yang artinya tahan terhadap guncangan, temperatur ekstrim, bahkan sudah diujicoba dengan cara dijatuhkan dari ketinggian tertentu.
Amalia Wirjono dan Galip FU (Dok. Didno)

Setelah penjelasan dari Jonas Chen acara dilanjutkan dengan Amalia Wirjono Head of Development Museum Macan (Museum Modern and Contemporary Art In Nusantara). Dia menjelaskan tentang apa itu Museum Macan yang berisi seni dan karya-karya hasil kreativitas anak bangsa kepada hadirin undangan ASUS. Pada kesempatan ini penandatangan kerjasama antara ASUS yang diwakili oleh Galip Fu dan Amalia Wirjono dari Meseum Macan.

Harga ASUS ZenBook 13 (Dok. Didno)

Setelah pemaparan mengenai Museum Macam, Jimmy Lin kembali ke podium untuk menjelaskan harga dari ASUS ZenBook 13/14/15. Harga ASUS ZenBook 13 UX333FA dengan prosesor Intel i5/RAM 8GB/SSD 256GB dibanderol dengan harga Rp.15.299.00, sementara itu ZenBook UX333FN dengan prosesor Intel i5/RAM 8GB/512GB SSD dibanderol dengan harga Rp.18.299.000, dan ZenBook UX333FN dengan prosesor Intel i7/RAM 16GB/512GB/dengan Numpad dibanderol dengan harga Rp.22.999.000,-.

Harga ASUS ZenBook 14 (Dok. Didno)

Sementara itu untuk harga ASUS ZenBook 14 UX433FA dengan prosesor Intel i5/RAM 8GB/SSD 256GB dibanderol dengan harga Rp.15.299.000, sedangkan ZenBook 14 UX433FN dengan prosesor Intel i5/RAM 8GB/SSD 512GB dibanderol dengan harga Rp. 18.299.000,- dan ZenBook 14 UX433FN dengan prosesor Intel i7/RAM 16GB/SSD 512GB dengan numpad dibanderol dengan harga Rp.22.999.000,-. 

Harga ASUS ZenBook 15 (Dok. Didno)

Sedangkan harga ASUS ZenBook 15 UX533FN dengan prosesor Intel i7/RAM 16GB/SSD 512GB dengan Numpad dibanderol dengan harga Rp. 26.999.000,-. Untuk pembelian dari tanggal 17 Januari hingga 17 Pebruari 2019 akan mendapatkan tas dari Sebastian Gunawan. 

Pemberian doorprize pada acara launching ASUS ZenBook (Dok. Didno)

Setelah penjelasan harga dari Jimmy Lin, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama Brand Ambassador ASUS ZenBook yakni Nagita Slavina, dan Sandra Dewi dengan pimpinan ASUS dan dealer ASUS Indonesia. Menarik di akhir acara launching ada doorprize yakni 2 ASUS Zenfone 5 dan 1 laptop ASUS ZenBook 13. Laptop ASUS ZenBook 13 diraih oleh salah satu blogger dari Jakarta Ninin Rahayu Sari. Lagi-lagi saya belum beruntung mendapatkan doorprize tersebut. 

Selepas acara tersebut undangan dipersilakan melihat-lihat ASUS ZenBook 13/14/15 yang lokasinya masih di sekitar Ballroom. Undangan ASUS termasuk dari blogger, youtuber mengambil foto dan video untuk dishare ke media sosial mereka masing-masing.

Foto model yang sedang membawa ASUS ZenBook 13 (Dok. Didno)

Sedangkan saya tertarik mengabadikan beberapa model yang cantik-cantik di lokasi pameran laptop Zenbook tersebut. Selain itu saya juga sempat mengabadikan komponen-komponen penyusun dari ZenBook 13 yang ada di lokasi pameran tersebut. 

Selepas acara kami dan undangan menikmati coffee break sambil bercengkerama dengan rekan blogger lainnya. Beberapa blogger dan undangan melakukan foto 360 derajat yang ada di lokasi foyer Ballroom. Biar kekinian saya juga ikutan tapi karena bersemangat sehingga baju saya terbuka sehingga malu untuk dishare di sini.

Muhammad Firman sedang memberikan perbandingan video ZenBook 13 dengan ZenBook sebelumnya (Dok. Didno)

Tidak lama dari acara tersebut, Blogger ASUS (BLUS) berkumpul kembali untuk mengikuti Technical Seminar yang dilaksanakan tidak jauh dari lokasi Ballroom. Di sini pembicaranya adalah Muhammad Firman yang menjelaskan tentang spesifikasi dan fitur menarik dari ASUS ZenBook 13/14/15. 

Selain penjelasan spesifikasi dan fitur dari Muhammad Firman, para blogger juga mendapat kejutan dengan beberapa doorprize berupa powerbank untuk yang bisa menjawab pertanyaan, dan voucher belanja untuk yang menang kuis Kahoot. 

Selepas acara technical seminar (Dok. ASUS Indonesia)
Selepas acara seminar kami kembali ke kamar masing-masing, setelah itu kembali makan malam. Kali ini makan malamnya dilaksanakan bukan di restoran tetapi di Warhol, disini kita disediakan makanan malam dan beberapa kudapan tradisional. 

Setelah makan malam, acara dilanjutkan dengan After Party. Kalau biasanya kita mengikuti gala dinner dengan dealer, kali ini acaranya berbeda khusus untuk Blogger ASUS dan Youtuber. Acaranya diisi dengan memutar lagu-lagu tahun 80-an. 

Berjoget ria bersama rekan-rekan BLUS (Dok. Didno)

Kami berjoget ria hingga keringetan dan pihak ASUS menyediakan hadiah bagi peserta paling enerjik jogetnya dengan hadiah voucer belanja. Selain itu ada doorprize ASUS Zenfone 5 yang dimenangkan oleh mas Eko. Setelah lemas berjoget ria, akhirnya kami kembali ke kamar masing-masing. 

Sebelum pulang saya sempat meminjam laptop ASUS ZenBook 13 untuk diulas secara singkat di kamar. Karena badan sudah lelah akhirnya saya mengulas laptop tersebut pada pagi hari. Setelah sarapan pagi, akhirnya saya dan rekan-rekan blogger berpamitan untuk kembali ke daerah masing-masing. Sampai ketemu lagi rekan-rekan blogger semoga kita bertemu lagi di acara ASUS kembali. 

ASUS memang salah satu brand yang memelihara influencernya dengan baik termasuk blogger. Maka tidak heran banyak blogger yang ingin masuk menjadi Blogger ASUS. Tapi untuk menjadi Blogger ASUS yang menentukan adalah pihak ASUS sendiri. Salam dari Blogger Indramayu. 

Foto bersama BLOGGER ASUS  di acara ASUS ZenBook 13/14/15 Launch (Dok. Katerina)

2 komentar for Serunya Acara Launching Laptop ASUS ZenBook 13/14/15:

  1. wow keren mau punya satu laptop asusnya.. kunjungi http://wm-site.com ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ki ikutan berbagai lomba yang sering diadakan oleh ASUS biar dapet laptop ASUS

      Delete