Kerupuk Kulit Ikan dari Eretan Kulon Siap Mendunia

Friday, November 2, 2018
Showroom Apik Indramayu di Eretan Kulon Kandanghaur

Indramayu memiliki potensi yang melimpah, tidak hanya kekayaan alamnya saja, tetapi kekayaan akan seni dan budaya serta kulinernya pun melimpah. Salah satu makanan ringan khas pesisir pantai Indramayu yang kini sudah menjadi oleh-oleh khas Indramayu adalah Kerupuk Kulit Ikan

Ada banyak daerah di Indramayu yang memproduksi kerupuk kulit ikan, seperti di desa Dukuh, Karangsong dan juga Eretan Kulon. Salah satu tempat usaha yang menjual berbagai olahan hasil laut termasuk kerupuk kulit ikan adalah Showroom Apik Indramayu.


Lokasinya berada di jalan Bypass atau Pantura Eretan Kulon Kompleks Ruko Herkules Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Lokasi ini sangat mudah dilihat dari jalan Pantura. Kalau dari arah Jakarta sebelah utara jalan raya sebelum Kuliner Khas Indramayu Rumbah Darinih. 

Di tempat ini berbagai makanan khas produk olahan hasil perikanan dari ibu-ibu rumah tangga yang terhimpun dalam wadah UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang merupakan mitra binaan Pertamina PHE ONWJ dan UNPAD (Universitas Padjadjaran) Bandung. 

Ikan Crispy dan Kerupuk Kulit Ikan

Beberapa makanan khas tersebut seperti kerupuk kulit ikan, terasi kemasan kotak, ikan crispy, kerupuk dombret, kerupuk petis, petis, dendeng japuh, ikan asin, ikan kapasan, kerupuk siput, Sistik ebi dan lain-lain. 

Selain itu Showroom Apik Indramayu juga menyediakan pupuk cair untuk menyuburkan tanaman yang merupakan olahan hasil laut dari anggota binaan dari PHE ONWJ (Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java). 

Kerupuk Kulit Ikan dan Terasi

Showroom ini, selain memajang hasil olahan perikan dari ibu-ibu rumah tangga yang ada di Eretan Kulon, juga dijadikan tempat pembinaan kepada anak-anak muda dan ibu-ibu dalam berbagai hal seperti cara pengolahan makanan, perizinan, kemasan, dan juga pemasaran. 

Menurut salah satu pengelola di Showroom Apik Indramayu yakni Windri, produk-produk olahan kelompoknya selain dipajang di showroom juga sering diikutsertakan dalam berbagai pameran seperti di Indramayu, dan Bandung. 

Berikut produk-produk olahan perikanan yang ada di Showroom Apik Indramayu : 

Kerupuk Siput Laut
Sistik Ebi
Kerupuk Dombret
Terasi Udang
Ikan Asin
Kerupuk Kulit Ikan
Krupuk Kulit Ikan Eretan Kulon (Showroom Apik) 
Jl. Bypass Kompleks Ruko Herkuler Eretan Kulon Kandanghaur Indramayu 
No. Hp. 082111455392 (Windri)

1 komentar on Kerupuk Kulit Ikan dari Eretan Kulon Siap Mendunia