Cara Pembatalan Tiket Kereta Api

Saturday, March 24, 2018
Ani Nur'aeni Customer Service PT. KAI Stasiun Jatibarang (Dok. Didno)

Namanya manusia, kita hanya bisa berencana tetapi semua kembali kepada kehendak Allah SWT. Begitu juga saat kita sudah mempersiapkan diri untuk bepergian dengan menggunakan kereta api, tapi tiba-tiba ada halangan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga tiket yang sudah dipesan harus dibatalkan. 

Banyak dari konsumen atau penumpang kereta api yang kebingungan mengenai bagaimana prosedur pembatalan tiket kereta api. Padahal sebenarnya prosedurnya sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Berikut cara pembatalan tiket kereta api :

Persiapkan persyaratannya : 
  • Bukti pemesanan tiket yang sudah dibeli baik secara online, outlet atau melalui loket di stasiun
  • Fotocopy identitas atau KTP (Kartu Tanda Penduduk) atas nama penumpang tersebut 
  • Surat kuasa jika yang mengambil bukan atas nama penumpang. Berikut contoh surat kuasa silakan unduh di sini (Jangan lupa dibubuhi dengan materai Rp.6.000,-). 
Berikut alur pembatalan tiket kereta api : 

  • Datang ke Layanan Konsumen yang ada di stasiun yang sudah ditentukan oleh pihak PT. Kereta Api Indonesia. Tidak semua stasiun kereta api bisa melakukan pembatalan tiket kereta api. 
  • Berikan persyaratan tadi seperti bukti pemesanan tiket, fotocopy KTP dan surat kuasa kepada Customer Service. 
  • Customer Service akan memberikan Formulir Pembatalan Tiket yang diisi oleh konsumen yang berisi nama penumpang, alamat penumpang, nomer telepon si pengambil, nama kereta, kelas, jadwal keberangkatan, dan ada pilihan pembayaran menggunakan transfer atau tunai. Jika transfer maka tuliskan nama bank, nomor rekening dan nama pemilik. Sedangkan jika tunai tuliskan stasiun tempat mengambil dan tanggal tanggal pengambilan yang diisi oleh pihak PT. KAI. Lalu formulir pembatalan tiket tersebut ditandatangani oleh konsumen.
  • Formulir pembatalan yang sudah diisi tersebut kemudian dibubuhi stempel Pembatalan Tiket di Proses di Loket. Konsumen dipersilakan menuju ke loket yang sudah ditentukan 
  • Formulir tersebut kemudian diproses oleh petugas dan konsumen akan diberikan Bukti Pembatalan Tiket yang berisi jumlah uang yang ditransfer dan tanggal pentransferan. Biasanya pengembalian tiket tersebut akan ditransfer kepada konsumen selama 30 hari. 

Di Indramayu sendiri hanya satu stasiun yang melayani pembatalan tiket yakni Stasiun Jatibarang. Sedangkan stasiun lainnya tidak bisa melakukan pembatalan tiket kereta api. Itulah cara pembatalan tiket kereta api, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

Catatan : 
Tidak semua tiket kereta api bisa dibatalkan, ada tiket kereta api yang tidak bisa dibatalkan seperti tiket promo atau saat ada kebijakan tertentu dari pihak PT. KAI. 

0 komentar:

Post a Comment test