-->

Darmin, Seniman Miniatur Perahu Tradisional Indramayu

Apr 25, 2017
Darmin bersama karyanya diperlihatkan kepada Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah (Dok. Darmin)

Namanya tidak asing bagi sebagian orang di Karangsong dan sekitarnya, atau bagi wisatawan yang pernah berkunjung ke Pulau Biawak Indramayu mungkin Anda pernah dipandu oleh Darmin panggilan akrabnya Dalban menyusuri pulau endemik biawak tersebut. 


Dibalik keramahannya sebagai orang pesisir Indramayu yang senang berpetualang dan memandu wisatawan ke Pulau Biawak ini ternyata menyimpan bakat terpendam yang sekarang baru terungkap yakni sebagai seniman miniatur perahu tradisional Indramayu. 


Sebagai orang pesisir di mana kesehariannya tidak terlepas dari perahu dan laut membuatnya tersirat membuat miniatur perahu tradisional apalagi di Karangsong terdapat tempat pembuatan perahu tradisional berukuran kecil, sedang dan besar. 

Didukung rekan-rekannya seperti Abdul Latief dan Sadewo di Rumah Berdikari yang baru saja diresmikan oleh Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si bersama General Manager RU VI Balongan Afdal Martha Selasa 25 April 2017. 

Rumah Berdikari Karangsong Indramayu (Dokumen Pribadi)
Darmin terus membuat karya-karyanya yang khas Indramayu yakni miniatur perahu tradisional. Beberapa karya Darmin berupa miniatur perahu tradisional Indramayu nantinya akan dipajang di Rumah Berdikari yang terletak di Jl. Raya Pantai Song RT.03 RW 02 Blok Song Tengah Desa Karangsong Kecamatan Indramayu sebagai cindera mata dari Indramayu.

Tidak hanya cindera mata tetapi di Rumah Berdikari tersebut akan disedikan oleh-oleh khas Indramayu lainnya seperti olahan Mangrove dan produk asli Indramayu lainnya bagi wisatawan yang sudah berkunjung ke Karangsong. 

Miniatur Perahu Tradisional Dalam Figura karya Darmin (Dokumen Pribadi)
Karya Darmin yang mendapat apresiasi selain minatur perahu tradisional Indramayu yang dibuat dalam versi figura dan dalam bentuk sesungguhnya. Kini peminat karya Darmin tidak hanya datang dari Indramayu saja tetapi dari kolektor seni dari luar Indramayu. 

Miniatur perahu tradisional Indramayu karya Darmin ini sementara ini baru dua model yang pertama miniatur perahu tradisional yang dibingkai dengan figura maharnya sekitar 600 ribu hingga 1 jutaan. Sedangkan yang kedua adalah miniatur perahu tradisional Indramayu maharnya 5 – 7 jutaan, demikian diungkap Darmin disela-sela acara peresmian Rumah Berdikari Karangsong Indramayu. 

Miniatur Perahu karya Darmin (Dokumen Pribadi)

Jika Anda berminat dengan karya Darmin ini bisa datang langsung ke Rumah Berdikari di Jl. Raya Pantai Song RT.03 RW 02 Blok Song Tengah Desa Karangsong atau menghubungi dia secara langsung di 087727480310 atau 082262475122. 

0 komentar:

Post a Comment test