-->

Mimi Rasinah, Maestro Tari Topeng Dari Indramayu

Jan 13, 2015
Mimi Rasinah (Foto Pikiran Rakyat Online)

Walaupun orangnya telah tiada tetapi mimi Rasinah akan selalu dikenang oleh masyarakat Indramayu dan Indonesia sebagai Maestro Penari Topeng. Rasinah yang akrab dipanggil Mimi Rasinah lahir di Indramayu pada tanggal 3 Februari 1930. 


Dia bisa disebut sebagai seorang empu tari topeng Cirebon, dan menjadi satu-satunya penerus tari topeng yang tersisa sejak wafatnya Sawitri, penari topeng Cirebon asal Losari pada tahun 1999 silam. 


Dari kecil Mimi Rasinah sudah menggeluti tari topeng yang diajarkan ayahnya. Sejak umur 5 tahun ia sudah diajarkan menari oleh ayahnya yang berprofesi sebagai dalang dan ibunya yang berprofesi sebagai dalang ronggeng. 

Menginjak umur 7 tahun, Rasinah mulai berkeliling bersama orang tuanya untuk ngamen tari topeng. Ketika bangsa Jepang sampai ke Indramayu, rombongan topeng ayahnya dituduh oleh Jepang sebagai mata-mata, sehingga semua aksesori tari topeng dimusnahkan oleh bangsa Jepang dan hanya tersisa satu topeng saja. Pada agresi militer Belanda yang kedua ayahnya tewas ditembak oleh tentara Belanda dengan tuduhan yang sama. 

Sepeninggal ayahnya, rombongan tari topeng Rasinah dipimpin oleh suaminya, seorang dalang wayang. Sampai terjadi tragedi G 30 S, mereka dilarang untuk manggung, karena tariannya dianggap membangkitkan syahwat. 

Tidak hanya badai Gestapu (Gerakan Tiga Puluh September), pada tahun 1970-an kelompok tari topeng Rasinah semakin sepi karena kalah saing dengan pementasan tarling, dangdut, dan sandiwara. 

Suami Rasinah akhirnya menjual seluruh topeng dan aksesoris tari sebagai modal mendirikan grup sandiwara. Rasinah berhenti menari topeng selama 20 tahun lebih, hanya menabuh gamelan saja untuk sandiwara milik suaminya. 

Baru pada 1994, Endo Suanda dan seorang rekannya sesama dosen di STSI Bandung yakni Toto Amsar Suanda, "menemukan kembali" Rasinah. Tarian topeng Kelana yang dipertunjukkan Rasinah membuat keduanya terpesona. 

Aura magis yang ada, serta karakter yang berubah-ubah sesuai dengan karakter 8 topeng yang ada, dari mulai topeng panji sampai kelana, membuatnya terpesona. Seketika itu juga semangat Rasinah untuk menari kembali bangkit, dan Rasinah mulai kembali berpentas baik di dalam maupun luar negeri. 

Keseriusan Mimi Rasinah dalam menggeluti kesenian ini dibuktikan dengan mempertahankan tradisi tari ini, sehingga banyak yang menyebutnya klasik. Mimi Rasinah juga aktif mengajarkan tari topeng ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah Indramayu. 

Pada tahun 2006, Mimi Rasinah terjatuh pada saat mengambil air wudhu setelah mengajar tari di salah satu sekolah di Indramayu. Dua pekan setelah dirawat di RSHS, Mimi mengakhiri jalan tarinya. Ia mewariskan seluruh topeng dan aksesorinya kepada Aerli Rasinah, sang cucu penerus tari topeng mimi Rasinah, dalam sebuah upacara yang mengharukan sekali. 

Pada 15 Maret Aerli harus bebarangan atau ngamen di tujuh tempat dalam sehari sebagai syarat untuk meneruskan Mimi Rasinah. Sejak hari itu, keberadaan sanggar pun berpindah tangan kepada mahasiswa STSI Bandung berusia 22 tahun ini. 

Meski sebagian tubuhnya lumpuh akibat stroke, namun semangat Rasinah untuk menari tetap ada, "Saya akan berhenti menari kalau sudah mati" ujar Rasinah. Hal ini dibuktikan pada tarian terakhirnya, ia menari di Bentara Budaya Jakarta dalam acara pentas seni dan pameran "Indramayu dari Dekat". 

Setelah tarian itu dia akhirnya jatuh sakit dan dirawat di RSUD Indramayu. Pada tanggal 7 Agustus 2010 Mimi Rasinah menghembuskan nafas terakhirnya. Namun aktivitas menari di sanggar tarinya masih tetap berjalan. 

Mimi Rasinah dikebumikan di desa Pekandangan Indramayu, pada hari Minggu, 8 Agustus 2010 sekitar pukul 9.00 WIB. Ratusan iring-iringan pelayat mengantarkan kepergian sang maestro yang namanya telah mendunia karena tari topengnya. 

Prosesi pemakaman maestro tari topeng Indramayu berlangsung secara sederhana. Warga yang turut mengantar jasad sang maestro topeng gaya Indramayu sampai diperistirahatan terakhirnys. Namun hanya sebagian kecil seniman dan pejabat setempat yang hadir untuk mengikuti prosesi pemakaman.

Peresmian Padepokan Mimi Rasinah

Walaupun dia telah tiada tetapi sanggar tari topeng mimi Rasinah masih ada bahkan pada tanggal 13 Nopember 2014 yang lalu Padepokan Mimi Rasinah diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H. Deddy Mizwar yang dihadiri oleh Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah. 

0 komentar:

Post a Comment test