Cara Al Zaytun Menggalang Dana Untuk Pembangunan Masjid

Masjid Rahmatan Lil Alamin Al Zaytun Indramayu

Seperti kita ketahui bahwa membangun masjid untuk kepentingan ibadah dan pendidikan pasti harus menggunakan biaya yang tidak sedikit. Mereka biasanya mencari dana dengan berbagai cara dari meminta sumbangan kepada warga yang ada di sekitar hingga meminta-minta di jalanan. 

Tapi ada yang unik yang dilakukan oleh Pondok Pesantren terbesar di Indramayu Jawa Barat yakni Pondok Pesantren Al Zaytun untuk mencari dana untuk pembangunan masjid terbesar di Jawa Barat ini.

Mereka mengumpulkan dana pembangun masjid selain meminta sumbangan dari para santrinya dengan cara yang disebut dengan Jammas (Jahe Membangun Masjid). Dengan program ini pengelola Pesantren menanam jahe setelah besar dan bisa dipanen, hasilnya bisa digunakan untuk pembangunan masjid. 

Program Jammas (foto Hernawan Setia)


Selain Jammas, ada juga Japale (Jahe Padi Kacang Kedelai), mereka menanam jahe padi dan kedelai, setelah panen hasilnya bisa digunakan untuk pembangunan masjid dan keperluan pondok lainnya. Seperti diungkap Pak Hernawan Setia salah satu wali santri pondok pesantren Al Zaytun Indramayu kepada kami. 

Al Zaytun memang terkenal sebagai penghasil sayur-sayuran di wilayah Indramayu. Tidak heran jika hasilnya kini memenuhi pasar-pasar yang ada di sekitarnya seperti Pasar Haurgeulis, Patrol dan ada pula yang dikirim ke supermarket-supermarket di kota besar. 

Cara ini bisa ditiru oleh panitia pembangunan masjid di seluruh Indonesia. Cara ini dianggap elegan dan lebih bermartabat dibandingkan harus menadahkan seser (jaring ikan) di jalan-jalan besar atau kecil yang terkadang mengganggu perjalanan seseorang.
Description
: Cara Al Zaytun Menggalang Dana Untuk Pembangunan Masjid
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Cara Al Zaytun Menggalang Dana Untuk Pembangunan Masjid

29 komentar:

Cumilebay MazToro said...

Setuju banget mesti lebih kreatif macam ini dari pada minta2 di jalanan.
btw itu desain mesjid nya seriusa ??? Kece bener, jadi pingin kesana

Kang Didno said...

masjid di pondok pesantren Al Zaytun Indramayu mas... dari rumah saya sekitar 30 menitan untuk sampai kesitu

hernawan setia said...

Bukan desain tapi sudah jadi Mas, itu baru lebih kurang 50 %. Lebih jelasnya silahkan berkunjung ke sana dan nikmati keindahannya pada sa'at di puncak kubah mesjid Rahmatan Lil'alamin

SUGENG MULYADI said...

ALHAMDULILLAH, SUKSES UMAT BERIMAN

Conqueror said...

Alhamdulillah almamterku makin mantab,
gabung juga di http://zacom.org/ << situs komunitas al -zaytun

Muhammad Haekal said...

Mudah2an program kali ini berhasil..

saran aj, harusnya institusi pendidikan ad output dan prestasi dibidang pendidikan dan science.. karena tujuan nyekolahin anak disana bukan hanya untuk jadi petani..

QueenRie.... said...

Pingin juga berkunjung kesana, di Indramayunya sebelah mana ya ?

hernawan setia said...

Lokasinya di Kecamatan Gantar, kalau dari pasar Patrol naik motor perjalan lebih kurang 2 jam.

sicuk suparwoto said...

Siip..

Akbar Habie said...

Ayooo.. Bangun Pemuda Pemudi untuk Indonesia yang lebih baik! Pasti Bisa Yakin Bisa!!! Semangaaatttt!!! Bismillah

HANDRI GUNAWAN said...

Alhamdulillahirabbil Al Amiin... Umat Islam Bangsa Indonesia punya karya nyata juga seperti yang diajarkan Baginda Rasulullah. Saya pingin Sodaqoh juga di Al Zaytun

Nely RumahBlajarKita said...

Alhamdulillah, semoga semakin banyak yang sodaqoh untuk program jammas, hingga masjid rahmatan lil alamin segera selesai pembangunan dan semakin berkilau pesantren Al Zaytun, maju terus

Purwanto Asa said...

Sungguh apa yg dilakukan oleh Pesantren Al Zaytun menginspirasi kita semua untuk melakukan sesuatu yg baik,tiada hari tanpa membangun & menanam... yuk kita sumbang JAMMAS. Sukses...

Nely RumahBlajarKita said...

Alhamdulillah, semoga semakin banyak yang sodaqoh untuk program jammas, hingga masjid rahmatan lil alamin segera selesai pembangunan dan semakin berkilau pesantren Al Zaytun, maju terus

maya suryani said...

apa yang Allah beri kepada kita maka kita knbalikan lagi kpda Allah melalui sebagian rizkimu untuk pembangunan mesjid Rahmatanlil alamin..yang tntunya ini adalh rahmat untuk seluruh alam...dan persatuan umat islam.bangsa indonesia

hernawan setia said...

Pendidikan bukan hamya sekedar belajar mengajar, namun pendidikan juga harus bisa memberikan solusi terhadap bangsa ini.

Parimin, SE said...

Ini seperti membangun peradaban islam, semoga Islam yg rahmatan lil alamin segera dzohir, bukankah islam itu damai..?

Purwanto Asa said...

Masjid sesuai dengan namanya RAHMATAN LIL ALAMIN,bangunan Raksasa.

iun binangun said...

semoga semakin sukses

bagjasarasa said...

Sukseskan Jammas (Jahe Mas Membangun Masjid) Rahmatan Lil Alamin.

bagjanasarasa said...

Sukseskan Jammas (Jahe Mas Membangun Masjid) Rahmatan Lil Alamin.

bagjanasarasa said...

Insyaallah dengan dukungan partisipasi doa dan shodaqohnya seluruh umat islam,mesjid rahmatan lil alamin agar segera bisa terselesaikan.alhamdulillah.Jammas insyaallah sebagai salah satu solusinya.ayo kita sukseskan.

anis eka pratiwi said...

Alhamdulillah sekolah dimana tempat saya diajarkan banyak hal, sekarang banyak diperbincangkan kembali dengan hal positif.
Begini seharusnya umat islam tidak mudah percaya pada hal2 yang hanya diucapkan oleh kabar burung. Salam Perdamaian.

rida said...

mesjidnya besar bangat, sayang blm selesai, sudah habis brp miliyar ?
lebih baik sumbangan jaring ikan, yg nyumbang ikhlas, yg bikin mesjid ikhlas, yg pasti mesjidnya rampung dibangun, daripada mesjid mewah bertahtakan emas, biaya miliyar-miliyar yg invest gak ikhlas, yg bikin cemas, yg pakai gak puas ( krn gak rampung ).
mudah-mudahan gak jd sesuatu yg belebih-lebihan ( kapasitas ratusan ribu, jam 10 malam ke atas kapasitas max. puluhan ) , semoga gak jd mubazir, semoga kita jadi ahlu masjid. aamiin

AmriFX said...

Kalau bukan orang yang berkemauan kuat pasti inii masjid nggak akan megah kyak sekarang alias ecek ecek,,,,wah bisa jadi referensi umat islam agar termotivasi nih gan !

kusuma11wijaya said...

Alhamdulilah respon orang2 sekarang sudah mulai positif... alhamdulilah saya sudah ikut serta program ini bulan lalu :)
Ayo.. ikut membangung kawan2..

Eko Bhuwono said...

umat islam bangsa indonesia memang hebat,,,,,

rani irmawati said...

Alhamdulillah, sebagai contoh kreatif sebagai solusi dan menginspirasi

semoga menjadi contoh bagi umat dengan meninggalkan cara menyodorkan kotak2 dijalanan yang banyak dimanfaatkan oleh oknum2 untuk mencari keuntungan pribadi, sukses buat Jammas...

Lukman Abshori said...

Seni adalah bahasa.....
Masjide bagusss ☺

Post a Comment