-->

Jalan-jalan Murah Meriah Ke Situ Bolang

Nov 9, 2014
Situ Bolang Cikedung Indramayu
Siapa bilang Indramayu tidak punya danau atau situ?. Indramayu tidak kalah dengan indahnya dengan daerah lain di Jawa Barat. Indramayu memiliki danau bernama Situ Bolang yang digunakan untuk wisata dan juga pengairan untuk daerah Cikedung dan sekitarnya.

Plang Situ Bolang
Untuk mencapai Situ Bolang cukup mudah kalau dari jalur Pantura Indramayu berhenti dipertigaan Jangga, Anda langsung menuju ke Pasar Terisi, sesampainya di Terisi Anda belok ke kiri menuju Cikedung. Setelah Cikedung Anda langsung menuju ke Jati Sura. Anda akan melihat plang besar sebelah kanan jalan bertuliskan Lokawisata Situ Bolang 2,5 km di jalur ini.
Tulisan menuju Situ Bolang
Hamparan sawah yang luas dengan jalan yang tidak terlalu lebar akan menjadi pemandangan yang menarik menuju lokasi wisata ini. Sepanjang jalan ini Anda akan melihat tulisan-tulisan yang mengarahkan Anda menuju lokasi wisata Situ Bolang.

Jika anda berkunjung pada hari Sabtu dan Minggu Anda akan dikenakan tiket masuk murah meriah yakni hanya tiga ribu rupiah saja, sementara hari untuk hari Senin sampai Jumat gratis kalau tidak ada petugasnya. Anda langsung bisa menikmati indahnya pemandangan Situ Bolang.
Gubuk di pinggir Situ Bolang
Jika Anda menggunakan sepeda motor, Anda bisa memarkirkan kendaraan di dekat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Di sini Anda bisa menikmati keindahan danau atau Situ Bolang sambil duduk di gazebo atau gubuk-gubuk kecil.
Mencari ikan di Situ Bolang
Pada hari-hari tertentu Anda bisa melihat orang yang mencari ikan di danau ini menggunakan perahu kecil. Setelah mereka mendapatkan ikan gabus dan betok, biasanya ikannya dibeli oleh pedagang yang ada di sekitar lokasi wisata untuk dibakar dan dinikmati oleh pengunjung.

Sesaji di Situ Bolang
Disisi danau Anda biasanya akan melihat sesaji yang disimpan oleh masyarakat sekitar yang digunakan untuk ritual tertentu. Biasanya mereka percaya bahwa danau memiliki penunggu yang tidak akan mengganggu masyarakat sekitar jika diberikan sesaji.

Hamparan Situ Bolang
Jika Anda berkunjung bersama keluarga atau orang tercinta ke Situ Bolang, Anda bisa membawa makanan dan minuman sendiri atau membeli di warung-warung kecil yang ada di sekitar Situ Bolang. Sambil menikmati indahnya pemandangan Situ Bolang.
Indahnya Situ Bolang
Sayangnya obyek wisata Situ Bolang ini belum dikelola dan ditata secara profesional sehingga bisa mendatangkan pendapatan baik bagi pengelola, masyarakat dan juga pemerintah setempat. Begitu juga dengan akses jalan menuju lokasi yang masih bergelombang yang membuat pengunjung kurang nyaman melintasinya.

2 komentar for Jalan-jalan Murah Meriah Ke Situ Bolang :

  1. Piknik itu tidak harus mahal. Yang penting bisa membuat hati senang.

    ReplyDelete