Tarka Tokoh Dari Indramayu Pengungkap Naskah Kuno

Tarka Sutarahardja
Mungkin belum banyak orang Indramayu yang mengenal dia, tapi sepak terjangnya dalam mengumpulkan naskah kuno dari wilayah Cirebon, Indramayu dan sekitarnya, kemudian mengalih bahasakan ke dalam bahasa asli dan Indonesia tentu patut di apresiasi oleh siapa pun. 

Pak Tarka, panggilan pria yang bernama lengkap Tarka Sutarahardja yang tinggal di Cikedung Lor ini tidak mau anak cucunya kelak tidak mengetahui sejarah berdirinya daerah yang ia tempati. Dia mendapatkan naskah kuno dari sumbangan warga, sesepuh dan pihak keraton Kacirebonan dan Kasepuhan.

Naskah-naskah yang sudah hampir rusak tersebut kemudian ia scan atau pindai lalu diterjemahkan dalam bahasa aslinya yaitu bahasa Jawa Cirebon kemudian setelah itu baru dialihbahasakan menjadi bahasa Indonesia. 
Buku yang sudah diterbitkan
Saat ini dia baru menyelesaikan dua buku yang berjudul “Babad Cirebon Carub Kandha Naskah Tangkil” dan “Sejarah Cirebon” yang dialihbahasakan bersama dengan rekannya Drh. H. R. Bambang Irianto, BA dari Rumah Budaya Nusantara Pesambangan Jati Cirebon. 

Pak Tarka yang juga sebagai pengajar di SMK NU Cikedung Jurusan Seni Rupa ini, masih terus menggali naskah-naskah kuno yang ada di wilayah Cirebon, Indramayu dan sekitarnya. Beberapa tulisan sudah siap untuk dipublikasikan cuma terkendala dengan permasalahan belum ada penerbit yang mau mempublikasikan tulisannya. 

Selain itu kendala yang dihadapi oleh Pak Tarka ini adalah banyak naskah-naskah kuno yang tidak ada artinya baik secara bahasa walaupun sudah menggunakan kamus bahasa Jawa Kuno sekali pun. Akhirnya dia menafsirkan sendiri kata-kata tersebut berdasarkan tulisan-tulisan sebelumnya. 
Naskah kuno dan draft naskah yang ingin diterbitkan
Saat ini masih banyak naskah-naskah kuno yang ada di masyarakat tapi sayangnya belum semua terungkap dan memberikan naskah-naskah kuno tersebut untuk digali. Jika saja ada masyarakat yang memiliki naskah-naskah kuno dan ingin diterjemahkan artinya ke dalam bahasa Indonesia, dirinya siap untuk membantu mengungkap naskah kuno tersebut. 

Oleh karena itu untuk melestarikan naskah-naskah kuno dan benda-benda bersejarah lainnya yang ada pada dirinya dan masyarakat luas, maka dia bersama rekan-rekan lainnya berkeinginan untuk membuat sebuah museum di Indramayu. Mudah-mudahan keinginannya untuk mendirikan museum dan menerbitkan buku sejarah Indramayu dan sekitarnya bisa segera terwujud. 

Nah bagi Anda yang ingin membaca secara lengkap kedua buku karya Pak Tarka tersebut, atau Anda mempunyai naskah kuno yang belum terungkap, Anda bisa langsung menghubungi Pak Tarka melalui nomor handphonenya 087727527960.
Description
: Tarka Tokoh Dari Indramayu Pengungkap Naskah Kuno
Rating
: 4.5
Reviewer
: Kang Didno
ItemReviewed
: Tarka Tokoh Dari Indramayu Pengungkap Naskah Kuno

0 komentar:

Post a Comment