Menikmati Kuliner Lokal Rumbah Semanggen dan Pepes Peda Bu Kasni

Sunday, January 21, 2018
Rumbah Semanggen Bu Kasni Karangsinom (Dok. Didno)

Indramayu memiliki kuliner lokal yang beragam, salah satu yang terkenal dan hampir di setiap desa ada adalah Rumbah. Rumbah merupakan makanan sejenis gado-gado yang biasanya terbuat dari daun kangkung atau semanggen yang direbus ditambah dengan tauge yang disiram air panas kemudian ditambah sambal. Sambal rumbah ini berbeda-beda ada yang sambal kacang, sambal petis dan lain-lain. 

Tetapi jika Anda berkunjung ke Desa Karangsinom atau Karanganyar Kecamatan Kandanghaur maka Anda akan menemui pedagang rumbah yang legendaris namanya Ibu Kasni. Dia sebenarnya berasal dari Desa Wirapanjunan tetapi tempat jualannya di jalan Karangsinom – Gabuswetan tepatnya di depan toko Indra Karangsinom.

Ibu Kasni dengan dagangannya (Dok. Didno)

Ada dua varian rumbah yang dijual ibu Kasni yakni rumbah semanggen, dan rumbah kangkung. Sambalnya pun berbeda, kalau rumbah kangkung sambalnya disebut sambal asem sedangkan rumbah semanggen sambelnya sambel kacang. 

Rasa dari rumbah Ibu Kasni ini memang sedap dan nikmat baik yang rumbah semanggen atau rumbah kangkung, terutama saat disantap dengan nasi atau dimakan secara langsung. Sayangnya karena tempatnya yang sempit di depan toko orang lain, pelanggan tidak bisa menikmati makanan tersebut di tempat harus di bawa pulang.

Harga rumbah semanggen dan rumbah kangkung masih terjangkau yakni sebesar Rp.3.000,- sedangkan untuk semur jengkol satu bungkus hanya Rp. 5.000,-. Sementara itu untuk pepes ikan peda hanya dikenakan harga Rp.7.000,-. Sedangkan untuk pepes ayam, pepes telor rajungan dikenakan harga Rp.3.000,-/bijinya.

Pepes Peda (Dok. Didno)
Selain rumbah semanggen dan rumbah kangkung, masakan Ibu Kasni yang banyak diburu pencinta kuliner di wilayah Kandanghaur, Gabuswetan, dan Kroya ini adalah Pepes Ikan Peda. Pepes ikan peda juga memiliki dua varian yakni bumbu kelapa, dan bumbu cabai hijau. Pepes ikan peda Ibu Kasni ini tidak hanya diburu oleh pelanggan dari wilayah sekitar tetapi terkadang dari daerah lain yang sengaja datang atau mampir ke tempat jualan Ibu Kasni ini. 

Selain rumbah dan pepes peda, ibu Kasni juga menjual sayur asem, sayur sop, pepes ayam, pepes telor rajungan, pepes tahu dan semur jengkol. Semur jengkol ibu Kasni ini banyak disukai oleh pelanggannya selain karena rasanya yang gurih dan sedap, juga karena semur jengkol buatan ibu Kasni ini tidak bau. Sehingga membuat pelanggannya ketagihan ingin membeli semur jengkol lagi. 

Warung rumbah semanggen ibu Kasni buka dari pukul 9 pagi sampai jam 5 sore. Tetapi terkadang jarang sampai sore karena biasanya sudah ludes terlebih dahulu. Warungnya selalu ramai dikunjungi terutama pada saat jam makan siang. Jika Anda penasaran dengan Warung Rumbah Bu Kasni silakan lihat video di bawah ini : 


0 komentar:

Post a Comment test