PD BWI Miliki Beras Sehat Berkualitas

Thursday, November 16, 2017
PD BWI miliki beras sehat berkualitas

Selain terkenal dengan buah mangganya, Indramayu juga terkenal sebagai penghasil padi dan beras terbesar di Jawa Barat. Tetapi sayangnya beras-beras yang berasal dari Indramayu tersebut jarang yang dibranding nama Indramayu. 


Tapi beruntung sekarang ada beras yang sudah dibranding dengan nama Indramayu. Beras tersebut adalah beras sehat dan pulen dari PD BWI. Produk beras dari PD BWI diberi merek Beras Tiga Tungku dan Beras Pulen BWI. 


Kedua merek tersebut sudah dijual ke beberapa daerah baik di Indramayu dan di luar Indramayu seperti Cirebon, Karawang dan Jakarta. PD BWI (Perusahaan Daerah Bumi Wiralodra Indramayu) sendiri sebenarnya tidak hanya bergerak dibidang produksi dan pengolahan padi tetapi juga bergerak di bidang distribusi pupuk, SPBE, agen elpiji, dan batching plan. 

Beras dari PD BWI tersebut memiliki kelebihan diantaranya selain rasanya yang pulen juga sehat karena beras dari BWI tidak menggunakan pemutih, tanpa pengawet dan tanpa pewangi. Selain itu beras dari BWI juga berasal dari padi pilihan yang diproses dengan mesin modern untuk menjaga kemurnian dan kealamiannya. 

Selain itu, berasnya sehat untuk dikonsumsi, beras dari PD BWI ini berasal dari petani yang ada di Indramayu melalui program Onfarm, dimana PD BWI memberikan bibit padi, pemupukan dan pendampingan kepada petani melalui Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) yang ada di beberapa kecamatan yang ada di Indramayu seperti Kecamatan Juntinyuat, Krangkeng, Balongan, Sindang dan Karangampel. 

PD BWI sudah mengajak petani untuk menggunakan pupuk organik agar tanah tetap sehat dan produktif. Karena selama ini banyak petani di Indramayu yang masih menggunakan pupuk kimia dan pestisida yang tidak hanya bisa merusak tanah tetapi juga kualitas berasnya yang tidak sehat untuk dikonsumsi. 

Program Onfarm sendiri saat ini sudah berjalan di 5 kecamatan yang ada di Indramayu dan akan terus dikembangkan ke kecamatan yang lain. Program Onfarm telah mencapai luas 100 hektar dan PD BWI menyerap semua padi yang dihasilkan oleh Gapoktan tersebut untuk diolah menjadi beras sehat berkualitas untuk didistribusikan kepada masyarakat luas. 

Saat ini beras sehat dari PD BWI ada dua jenis yakni jenis premium yang dijual dengan harga Rp. 12.500/kg dan jenis medium dengan harga Rp.9.400/kg dan beras dari BWI ini sudah mendapat label sertifikasi organik dari Sucofindo No.46611/DBBPAi dan uji lab bahan kimia oleh SIG No. SIG.LHP.XI.2016.63744. 

Nah maka tidak heran jika beras sehat BWI ini banyak diminati oleh konsumen tidak hanya dari Indramayu tetapi juga dari daerah lain karena rasanya yang pulen, sehat dan kualitasnya tidak diragukan lagi.

0 komentar:

Post a Comment test