Arti Logo Kabupaten Indramayu

Saturday, October 7, 2017
Logo Kabupaten Indramayu

Anda mungkin pernah atau bahkan sering melihat logo kabupaten Indramayu seperti gambar di atas. Tetapi hanya sebagian orang yang mengetahui arti dari logo tersebut. 

Logo tersebut merupakan lambang daerah kabupaten Indramayu yang ditetapkan pada tanggal 13 Januari 1960 oleh DPRD Tingkat II Kabupaten Indramayu yang saat itu dipimpin oleh Subrata. 

Nah bagi Anda yang belum tahu arti logo atau lambang kabupaten Indramayu, berikut arti logo atau lambang daerah kabupaten Indramayu

  1. Lambang daerah kabupaten Indramayu berbentuk Perisai (Biji Mangga) dengan latar belakang biru dan pinggir hitam. Perisai sebagai senjata perang perlambang rakyatnya dalam membangun daerah dengan ulet dan kesungguhan. 
  2. Tulisan Darma Ayu berasal dari nama Nyi Endang Darma Ayu yang kemudian menjadi nama kota Indramayu. 
  3. Warna merah pada kalimat Darma Ayu dan berlatar putih menggambarkan bahwa Nyi Endang Darma Ayu adalah seorang puteri yang berani dalam membela kesucian. 
  4. Di tengah-tengah perisai ada bulatan, yang melambangkan kebulatan tekad persatuan rakyat dari segenap lapisan atau golongan. Tali yang mengikat merlingkari bulatan melambangkan ikatan yang erat antara pemerintah dengan rakyatnya. Tiap-tiap mata tali melambangkan wakil-wakil rakyat dalam pemerintahan, partai-partai dan ormas-ormas yang memberikan pimpinan kepada rakyat, dua buah ujung tali melambangkan hubungan erat antara pemerintah dan rakyat.  
  5. Warna hijau pada latar belakang bulatan, melambangkan kesuburan daerah Indramayu yang memberikan harapan untuk kemakmuran penduduk. 
  6. Pada bulatan ada gambar-gambar :  1. Bintang bersudut lima berwarna emas; a. bintang berarti keadilan; b. bersudut lima adalah falsafah negara; c. warna emas adalah kedaulatan. 2. Cakra letaknya melingkari bintang melambangkan senjata ampuh peninggalan ki Wiralodra pendiri kota Indramayu yang melambangkan kekuasaan dan kesentosaan. 3. Padi dan mangga, perahu dan lautnya, menggambarkan sumber penghidupan rakyat Indramayu sebagian besar terdiri dari petani dan nelayan. 4. Selendang dengan warna kuning emas melambangkan : pemerintah kabupaten Indramayu wajib menjadi pengasuh demokratis berdasarkan kedaulatan rakyat dan berani dalam membela kepentingan rakyat dan negara yang berwibawa dan demokratis dalam membela kepentingan rakyat dan daerah.
  7. 1. Lekukan gelombang Cimanuk : 17, melambangkan tanggal proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia = tanggal 17; 2. Ruji Cakra berjumlah 8, melambangkan bulan proklamasi yakni bulan Agustus; 3. Biji padi berjumlah 45, melambangkan tahun proklamasi yakni tahun 1945; 4. Garis sungai Cimanuk bersusun tiga, melambangkan keamanan- kemakmuran-kemajuan atau gemah ripah-repeh rapih-kertaraharja sebagai cita-cita rakyat dan pemerintah; 5. Kali Cimanuk melambangkan sumber penghidupan sebagian besar rakyat dan permulaan diketemukannya Indramayu. 
  8. Enam Garis biru bersusun pada dasar laut melambangkan anggota DPD berikut kepada daerahnya. 
Mudah-mudahan penjelasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya warga Indramayu. Dikutip dari Buku Sejarah Indramayu karya H. A. Dasuki

0 komentar:

Post a Comment test