Gak Nyangka Ternyata Pengusaha Tenda di Jakarta Itu Berasal Dari Indramayu

Sunday, September 3, 2017
Imam Royani (Foto Ekslusif)

Mungkin tidak ada yang menyangka, dari desa kecil yang jalan desanya belum semua di aspal ini ternyata banyak pengusaha tenda yang ada di Jakarta. Tidak tanggung-tanggung berbagai jenis tenda dengan tulisan brand-brand ternama pun hampir dipasok dari pengusaha dari Indramayu ini. 

Demikian diungkap Imam Royani warga Blok Pilangpayung Desa Kedungwungu Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu kepada BloggerMangga.com di kediamannya yang sangat sederhana di Blok Pilangpayung Desa Kedungwungu Anjatan.

Blok Pilangpayung Desa Kedungwungu Anjatan Indramayu (Dok. Didno)

Imam Royani menceritakan bahwa usahanya berawal dari berjualan balon keliling, sate dan lain-lain bahkan karena tidak memiliki uang yang cukup untuk menyewa kontrakan dirinya pernah tidur di bawah kolong jalan tol di Jakarta demikian tutur Imam Royani kepada kami. 

Kesusahan hidupnya itu yang membuat dirinya terus berusaha dan berdoa agar kehidupannya berubah hingga akhirnya bisa menemukan usaha ini. Walaupun sebelumnya dia pernah mengalami jatuh bangun dalam usahanya hingga akhirnya mulai merintis bisnis jual beli tenda ini pada tahun 2011. 

Kini Imam yang hanya lulusan SD dan pesantren di Rajasinga ini sudah memiliki pekerja lebih dari 20 orang dengan memiliki 3 toko yang semuanya berada di bilangan Jakarta. Salah satunya berada di Jl. Bekasi Timur Raya Jatinegara Kaum Pulogadung Jakarta Timur. Ada 5 pengusaha tenda yang lainnya di Jakarta semuanya berasal dari Pilangpayung.  
Tenda Kerucut produk Imam Royani (Dok. BST)

Berbagai macam tenda yang dibuat oleh perusahaannya adalah tenda membrane, tenda piramida, tenda sarnafil, tenda kerucut, tenda custom, tenda pleton, tenda gazebo, tenda kemah, payung taman, payung gantung, payung parasol, payung café, terpal plastik, terpal kap mobil dan lain-lain. 

Berbagai perusahaan besar dan multi nasional sudah menggunakan jasa pembuatan tenda dari perusahaannya seperti tenda yang dipasang menjelang lebaran, tenda untuk prajurit TNI, Polisi, perusahaan makanan dan minuman brand ternama pun menggunakan tenda produksinya. 

Tenda tersebut dijual secara langsung melalui tokonya, juga dijual secara online melalui beberapa situs jual beli online dan juga beberapa situs yang dikelola sendiri oleh Imam Royani yang awalnya dia pelajari secara otodidak menggunakan blosgpot. 

Tenda Pleton (Dok BST)
Dari penjualannya tersebut menurut penuturan Haris Maulana, yang juga masih kerabatnya Imam Royani menjelaskan bahwa omzet penjualan dari berbagai macam tenda perusahaannya yakni Berkah Sarana Tenda tersebut sebenarnya bisa mencukupi untuk membangun rumah mewah di desanya tetapi mas Imam orangnya sangat sederhana sekali dia tidak mau seperti orang lain. 

Bahkan kendaraan yang dimilikinya bukan mobil mewah padahal sebenarnya dia mampu membelinya tetapi dia lebih memilih kendaraan biasa saja yang bisa mengangkut orang dan barang lebih banyak. Dia sangat low profile banget, demikian ungkap Haris Maulana kepada kami. 

Ada banyak hal yang menarik yang dia ungkap kepada kami diantaranya adalah kalau membantu seseorang jangan berharap balasan hari ini atau lusa karena Allah akan membalasnya dengan cara yang tidak disangka-sangka dan tidak diduga-duga. 

Imam Royani Kedua dari Kanan bersama karyawannya (Dok. Ekselusif)

Selain itu dia juga mengatakan bahwa selama ini banyak orang yang malu menyebutkan bahwa dirinya berasal dari Indramayu padahal banyak orang Indramayu yang sukses, memiliki potensi dan berprestasi di kota besar termasuk di Jakarta. 

"Saya bangga dengan BloggerMangga yang selalu menginformasikan hal-hal yang positif dari Indramayu yang juga merupakan daerah tempat kelahiran saya", demikian ungkap Imam di akhir perbincangan dengan kami.

2 komentar for Gak Nyangka Ternyata Pengusaha Tenda di Jakarta Itu Berasal Dari Indramayu: