Berwisata Ke Pantai Plentong Ujunggebang Sukra Indramayu

Sunday, September 10, 2017
Pantai Plentong Desa Ujunggebang Sukra Indramayu (Dok. Didno)

Pariwisata Indramayu saat ini sedang menggeliat berbagai obyek wisata baru bermunculan, dari Pantai Karangsong, Tirtamaya, Balongan, Pantai Panjiwa Sumbermas, dan sekarang ada obyek isata baru yang belum banyak diketahui oleh wisatawan lokal adalah Pantai Plentong

Pantai Plentong sendiri terletak di Desa Ujunggebang Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, jika Anda dari arah Cirebon tinggal belok ke kanan saat berada di Pasar Sukra, sedangkan Anda yang dari arah Jakarta tinggal belok ke kiri saat berada di Pasar Sukra sebelum jembatan. 

Gapura Desa Ujunggebang (Dok. Didno)

Jalan menuju ke obyek wisata ini sudah dibeton dan diaspal sehingga waktu tempuh hingga ke Pantai Plentong tidak terlalu lama, hanya sekitar 10 -15 menit Anda sudah sampai ke lokasi wisata Pantai Plentong. 

Sebelum sampai ke Pantai Plentong Anda akan melihat gapura besar bertuliskan Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh dalam bahasa Arab dan tulisan Ujunggebang di bawahnya. Masuk ke desa ini. Anda akan menikmati pemandangan desa yang bersih dan tertata rapih walaupun jauh dari kota Indramayu. 
Kampung Bintang Desa Ujunggebang Kecamatan Sukra Indramayu (Dok. Didno)
Apalagi saat masuk ke Kampung Bintang, dimana rumahnya dicat berwarna-warni hasil dari swadaya masyarakatnya. Berdasarkan keterangan Kuwu Desa Ujunggebang H. Kusnato bahwa rumah, pagar, dan jalan yang dicat warna-warni merupakan hasil swadaya masyarakat belum ada sentuhan dari pihak lain. 

Sampai di ujung jalan ini, Anda akan masuk ke area lokasi wisata yang dijaga oleh Kelompok Pengembang Pariwisata Desa Ujunggebang. Tiket masuk ke lokasi ini sangat terjangkau hanya 2 ribu rupiah untuk satu kendaraan bermotor dan 5 ribu untuk mobil. 

Kolam untuk sepeda air di Pantai Plentong (Dok. Didno)
Pantai Plentong ini masih gersang tetapi di ujung sebelah timur dan baratnya sudah ditanami pohon mangrove berjumlah ribuan pohon yang ditanam sejak 2015 lalu bersamaan dengan penanaman pohon mangrove yang ada di Pantai Panjiwa, tetapi karena pemeliharaan dan jarang terjamah orang maka hutan mangrove di Pantai Panjiwa lebih cepat tingginya. 

Pihak Pemerintah Desa Ujunggebang bersama kelompok penggerak pariwisata sudah membuat beberapa gubug yang ada di pinggir Pantai Plentong untuk berisitirahat para pengunjung sambil menikmati keindahan laut Jawa dan PLTU Sumur Adem. 
Pesisir Pantai Plentong Ujunggebang (Dok. Didno)
Di Pantai ini terdapat kolam air yang sudah dilengkapi dengan sepeda air. Pengunjung bisa menikmati wahana sepeda air dengan harga yang sangat terjangkau yakni cukup 10 ribu untuk sewa sepeda air selama dua kali putaran kolam tersebut. 

Di sebelah timur dari kolam untuk sepeda air tersebut terdapat beberapa petak lahan tanaman mangrove yang belum begitu besar. Beberapa tahun ke depan jika hutan mangrove ini sudah tinggi mungkin Pantai Plentong ini terlihat lebih adem dan menjadi destinasi wisata yang menarik di Barat Kabupaten Indramayu.

Pantai ini bisa juga digunakan untuk kegiatan perkemahan seperti saat kami berkunjung ke Pantai Plentong Desa Ujunggebang. Selain karena memiliki lapangan yang cukup luas juga tempat kemah yang tidak jauh dari lokasi Pantai Plentong dan tersedia tempat MCK yang memadai.  

0 komentar:

Post a Comment test