SMPN Unggulan Sindang Raih Juara Umum Olimpiade TIK Nasional 2017

Monday, August 7, 2017
Tim Web Design SMPN Unggulan Sindang (Gambar M. Firman Suwarya) 

Sebagian siswa SMP mungkin masih asing ketika mendengar kata HTML (Hypertext Markup Language) yang merupakan sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. 

Begitu juga dengan istilah CSS (Cascading Style Sheets) yang merupakan bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen yang memungkinkan untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.

Masih sedikit pelajar yang mengenal apa yang dimaksud dengan JS (JavaScript). Java Script adalah bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. 

Dimana kode-kode JavaScript ini dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT juga merupakan sebuah bahasa komputer atau kode pemrograman yang digunakan pada website agar website tersebut menjadi lebih interaktif dan dinamis walaupun penggunaan kode javascript ini bersifat opsional. 

Namun kesulitan itu sepertinya tidak berlaku untuk Ray Ramadita dan Ali Syaifarudin dua orang siswa SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu Jawa Barat yang merupakan salah satu tim peserta Olimpiade TIK Nasional 2017 yang diadakan di Kemendikbud Jakarta yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada hari Jum’at tanggal 4 Agustus 2017 sampai dengan hari minggu 6 Agustus 2017. 

Dalam event Olimpiade TIK Nasional 2017 yang diselenggarakan oleh KOGTIK (Komunitas Guru TIK/KKPI) bekerjasama dengan Kemendikbud Republik Indonesia yang didukung PT. EPSON, AXIOO, Eduspec, Clevio tersebut merupakan momentum untuk menjaring dan mengeksplore bakat terpendam siswa dalam bidang IT (Information of Technology). 

Pada event tahun ini SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu Jawa Barat ini mengirimkan 3 utusan siswa-siswa terbaik dalam bidang IT (Information of Technology) untuk bersaing dengan ratusan peserta yang berasal dari seluruh nusantara. 

Dari 9 bidang lomba IT (Information of Technology) yang dilombakan, SMP Negeri Unggulan Sindang mengikuti lomba Web Design diikuti oleh Ray Ramadita satu team dengan Ali Syaifarudin dan lomba Mengetik Cepat yang diikuti oleh Jafar Ismail. 

Web Design adalah salah satu bidang andalan dari 2 buah bidang lomba yang diikutinya. Dengan penuh keyakinan, semangat dan optimisme yang tinggi, peserta lomba ini rajin berlatih, gigih dan ulet dalam mempersiapkan materi dan segala hal pada Olimpiade TIK Nasional 2017 ini. 

Bagi mereka komunikasi adalah faktor penting team dalam membangun dan mendesign sebuah web terlebih untuk mengkoneksikan semua data yang terbangun kedalam sebuah pengolahan database terstruktur. 

“Semangat dan optimisme mereka rupanya tidak hanya terlihat saat latihan persiapan namun justru lebih terlihat ketika pelaksanaan Olimpiade TIK Nasional 2017 ini dilaksanakan dan ini membuahkan sebuah hasil yang sempurna”, demikian ungkap Muhammad Firman Suwarya kepada kami (BloggerMangga) yang juga bertindak sebagai guru pendamping tim SMP Negeri Unggulan Sindang. 

Dengan hasil yang sempurna mengantarkan mereka (Ray Ramadita dan Ali Syaifarudin) tim Web Design memperoleh nilai yang maksimal dan tertinggi dari team-team peserta lomba bidang Web Design ini, sehingga medali emas pun berhasil diraihnya. 

Perjuangan dan keberhasilan mereka tak sampai hanya terhenti disitu, dari kriteria-kriteria petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan Olimpiade TIK Nasional 2017 tentang penentuan juara umum, maka mereka (Ray Ramadita dan Ali Syaifarudin) tim Web Design SMPN Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu Jawa Barat ini memenuhi semua unsur dan kriteria untuk dinobatkan menjadi Juara Umum Olimpiade TIK Nasional 2017 tingkat SMP. 

0 komentar:

Post a Comment test