Rumah Berdikari, Rumah Singgah dan Pusat Oleh-oleh Khas Indramayu

Wednesday, May 17, 2017
Rumah Berdikari Karangsong Indramayu (Dok. Didno)

Selama ini jika Anda berkunjung ke obyek wisata di Indramayu atau pulang dari Indramayu biasanya kebingungan saat mencari oleh-oleh khas dari Indramayu. Tetapi sekarang tidak lagi semenjak ada yang namanya Rumah Berdikari di Jl. Raya Pantai Song RT.03 RW 02 Blok Song Tengah Desa Karangsong Kecamatan Indramayu. 


Di Rumah Berdikari dikelola oleh Kompepar (Kelompok Penggerak Pariwisata) Indramayu bekerjasama dengan PT. Pertamina RU VI Balongan. Rumah berdikari yang baru diresmikan oleh Wakil Bupati Indramayu H. Supendi beberapa waktu yang lalu ini dikomandoi oleh Abdul Latief dan kawan-kawan. 
Etalase makanan dan minuman khas Indramayu (Dok. Didno)
Mereka tergerak untuk meningkatkan pariwisata dan UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indramayu. Dia mengajak rekan-rekannya yang memiliki produk baik berupa makanan, minuman, dan kerajinan khas dari Indramayu dipasarkan di Rumah Berdikari. 

Produk-produk khas dari Indramayu (Dok. Didno)

Saat ini selain produk-produk olahan mangrove milik kelompok tani Desa Pabean Udik yang dipimpin oleh Abdul Latief, ada beberapa produk dari WMI (Wirausaha Muda Indramayu) yang mulai dipasarkan di warung ini yang diberi nama Warung Reang.

Kerajinan khas Indramayu (Dok. Didno)
Selain sebagai tempat oleh-oleh khas Indramayu, di tempat ini sebagai rumah singgah bagi pengunjung yang ingin melihat keindahan Pulau Biawak yang dikelola oleh Darmin dan rekan-rekannya. Sebelum berangkat menuju lokasi dan sesudah pulang dari Pulau Biawak, mereka dapat beristirahat di tempat ini karena disediakan tempat tidur dan lesehan yang nyaman. 
Ruang Baca di Rumah Berdikari (Dok. Didno)
Tempat ini juga menyediakan ruang baca bagi pengunjung yang senang membaca buku. Berbagai buku bacaan disiapkan di tempat ini. Pengunjung juga bisa memanfaatkan spot menarik di ruangan ini karena memiliki obyek fotografi yang menarik sangat cocok bagi pengunjung yang hobi selfie atau wefie.
Lesehan di Rumah berdikari (Dok. Didno)
Rumah Berdikari juga menjadi tempat bagi para pengrajin produk dan kerajinan khas Indramayu. Saat ini ada beberapa kerajinan khas Indramayu yang ditawarkan kepada pengunjung di tempat ini diantaranya adalah kerajinan berbagai miniatur kapal laut tradisional khas Indramayu. Jadi jika Anda berkunjung ke Indramayu jangan lupa untuk singgah ke Rumah Berdikari Karangsong.
Peta Rumah Berdikari atau Warung Reang (Google Maps)

0 komentar:

Post a Comment test